Hong Kong Tourism Board (HKTB) dan Tourism Comission menggelar “International Light Art Display” dengan menghadirkan seni instalasi lampu di kota ini. Beragam kreasi baru dihadirkan di bawah tema “Love and Romance” dan telah dipamerkan sejak 18 Januari 2019 lalu. Pameran seni instalasi lampu ini memanfaatkan latar Pelabuhan Victoria yang indah dan memberi spot foto dan swafoto yang mengagumkan.

Ada 15 instalasi lampu yang diciptakan oleh seniman-seniman lokal dan mancanegara pada pameran kali ini. Sebanyak 7 seni instalasi di antaranya merupakan barang seni baru yang diciptakan khusus di bawah tema “Love and Romance”. Sementara sejumlah instalasi lainnya merupakan instalasi interaktif.

“Birds Fly Around With You”. Foto: Anthony Kwan/Getty Images.

Beberapa karya instalasi merupakan buah karya seniman luar negeri. Salah satunya bertajuk “Bunch of Tulips” yang dibuat oleh seniman asal Hungaria. Karya ini menyambut para pengunjung dengan beragam lampu LED raksasa berbentuk bunga yang berwarna. Adapun karya dari Jepang, “Birds Fly Around With You” merupakan karya interaktif, yang menyinari lebih banyak patung burung ketika lebih banyak orang yang melangkah masuk ke lingkaran ajaibnya.

“Hello, Stranger”. Foto: Anthony Kwan/Getty Images.

Selain kedua karya tersebut, ada empat instalasi hasil garapan seniman lokal. Salah satunya berjudul “Geometry of Love”, yang terinspirasi oleh kaca jendela berwarna yang biasa dijumpai di gereja, yang memantulkan pola geometris berbentuk hati. Adapun karya bertajuk “Hello, Stranger” juga merupakan karya interaktif. Jika dua orang saling berpandangan, instalasi ini akan mengaktifkan lampu LED dan musik selama 60 detik.

Light Tunnel di Tamar Park, di Admiralty juga akan dibalut dengan warna pink untuk menggemakan tema “Love and Romance”. Terowongan sepanjang 50 meter ini akan menghadirkan beragam bentuk hati guna memikat perhatian pasangan-pasangan kekasih.

“Geometry of Love”. Foto: Anthony Kwan/Getty Images.

“International Light Art Display” merupakan komponen utama dari “Hong Kong Pulse Light Festival”, sebuah ajang besar yang dibuka pertama kalinya pada bulan November 2018 lalu. Pameran ini sendiri masih akan dihadirkan di Central and Western District Promenade (Central Section) dan waktu pencahayaan masih akan dipertahankan mulai pukul 17:00-23:00 waktu setempat.

Pengunjung berpose di bawah karya instalasi bertajuk “Angels of Freedom” karya OGE Creative Group dari Israel. Foto: Anthony Kwan/Getty Images.

Ada 8 instalasi yang sudah terlebih dahulu populer. Ke-8 karya instalasi ini telah dipamerkan sejak awal festival, yaitu pada November 2018. Selain “Angels of Freedom”, ada pula “Talking Heads” dan “Tapping” yang masih bisa dijumpai di lokasi pameran ini.

Pameran ini sendiri masih bisa dinikmati hingga 24 Februari mendatang.

Leave a comment