European Tour menambahkan inovasi menarik pada ajang GolfSixes yang dimainkan pekan ini.

Upaya European Tour untuk terus menjadi inisiator dalam inovasi turnamen golf berlanjut ketika GolfSixes Cascais digelar dalam beberapa jam lagi. Ajang ini dikenal sebagai turnamen inovatif yang memainkan format enam hole knockout yang sangat menarik. Dalam dua gelaran perdana yang dilakukan di Inggris, turnamen ini terbukti menjadi magnet baru.

Tim Irlandia yang digawangi oleh Paul Dunne dan Gavin Moynihan bakal mempertahankan gelar mereka di Oitavos Dunes Golf Club ketika turnamen yang dimainkan dua hari ini dimulai hari ini. Ajang ini sendiri dipastikan diikuti oleh bintang-bintang golf Eropa, termasuk bintang dan pemenang Ryder Cup Jamie Donaldson dari Wales, Stephen Gallacher asal Skotlandia, serta Francesco Molinari dari Italia.

Ada 16 tim yang akan ambil bagian dalam turnamen ini. Dari total tim yang bertanding, 12 di antaranya merupakan tim yang terdiri atas para pemain European Tour, sementara empat lainnya merupakan tim wildcard, dua di antaranya merupakan tim yang terdiri dari para pemain wanita. Hari ini, turnamen ini akan mempertandingkan format round-robin dengan empat grup yang terdiri dari empat tim. Dua tim teratas dari tiap grup akan melangkah ke babak knockout pada hari Sabtu.

Pertandingan akan dimainkan dengan format Greensome yang sudah dimodifikasi. Greensome merupakan format beregu di mana dua pegolf dalam satu tim bertanding dengan dua pegolf lain dalam tim berbeda. Dalam format ini, semua pemain akan melakukan tee off di setiap hole. Tiap tim kemudian akan memilih bola mana yang terbaik untuk kemudian dimainkan. Setelah itu, mereka melakukan pukulan secara bergantian hingga bola masuk ke lubang.

Meghan MacLaren, pemegang dua gelar Ladies European Tour dan runner-up pada ajang Jordan Mixed Open presented by Ayla, serta Florentyna Parker pemegang tiga gelar European Tour bakal mewakili Inggris sebagai satu dari dua tim yang terdiri dari para pegolf profesional wanita.

Satu tim wanita lainnya terdiri dari duo Esther Henseleit dan Laura Fuenfstueck yang akan mewakili Jerman. Henseleit baru saja finis di 30 besar pada ajang U.S. Women’s Open, sementara rekannya Fuenfstueck telah dua kali finis di sepuluh besar pada Order of Merit Ladies European Tour.

Meghan MacLaren dan Florentyna Parker berduet mewakili Inggris sebagai salah satu tim wanita yang bakal berpartisipasi. Pasangan wanita lainnya ialah Esther Henseleit dan Laura Fuenfstueck yang mewakili Jerman. Foto: European Tour.

European Tour telah memastikan GolfSixes kali ini bakal menjadi jauh lebih atraktif, tak hanya bagi para pemain, tapi juga para penggemar golf yang menyaksikan langsung turnamen ini. Beberapa inovasi yang dilakukan juga menandakan terobosan yang pertama kalinya terjadi dalam sejarah European Tour.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah European Tour, para pemain diperkenankan mengenakan celana pendek dalam kompetisi ini. Selain itu, para pemain juga bisa menggunakan perangkat pengukur jarak, sesuatu yang juga tidak diperbolehkan dalam turnamen-turnamen biasanya.

Isu kepedulian terhadap lingkungan juga ditekankan dalam ajang GolfSixes ini. Para penggemar golf takkan melihat para pemain meminum dari botol plastik. Sebaliknya, para pemain kini diberikan botol air minum yang bisa mereka isi di beberapa spot di Oitavos Dunes.

Untuk memaksimalkan mengabadikan turnamen kali ini, pengambilan video dengan menggunakan drone juga akan dilakukan untuk pertama kalinya.

Bermain enam hole saja sudah termasuk cepat. Namun, untuk mendorong kecepatan bermain, Shot Clock atau penghitungan waktu memukul bola akan diberlakukan ketika para pemain mulai memainkan hole ke-4. Tiap pukulan tidak boleh melebihi 30 detik.

Hole keenam, yang merupakan hole terakhir, akan dimainkan dari sebuah panggung yang ditempatkan di atas kolam renang, yang dikelilingi oleh penggemar dan para tamu VIP. Dan untuk membuat suasana semakin berbeda dan lebih memikat, live DJ juga akan ikut menjadi latar di hole terakhir ini.

Hari ini akan dipertandingkan tiga sesi, di mana pada tiap sesi para peserta akan bermain 6 hole, yang berarti sepanjang hari mereka akan tetap memainkan total 18 hole. Adapun pada hari Sabtu besok (8/6), akan dipertandingkan babak perempat final, semifinal, perebutan tempat ketiga dan keempat, serta final.

Sesi Pertama
England v Portugal
India v Scotland
Ireland v England Women
Sweden v Thailand
Australia v Wales
Germany Women v France
South Africa v Spain
Denmark v Italy

Sesi Kedua
England v India
Portugal v Scotland
Ireland v Sweden
England Women v Thailand
Australia v Germany Women
Wales v France
South Africa v Denmark
Spain v Italy

Sesi Ketiga
England v Scotland
Portugal v India
Ireland v Thailand
Sweden v England Women
Australia v France
Wales v Germany Women
South Africa v Italy
Spain v Denmark

Leave a comment