Perhelatan otomotif terbesar yang terselenggara pada 11-21 Agustus di International Convention Centre (ICE) BSD, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 mengungkap beberapa kendaraan yang jadi favoritnya. Terlepas dari rangkaian produk-produk baru yang dirilis para APM, pameran ini pun dijadikan ajang memamerkan teknologi-teknologi baru yang mereka usung. Tema ”Green Technology for a Better Future” pun dijadikan tolok ukur masing-masing kendaraan dalam menjadi kendaraan ramah lingkungan yang juga efisien.

Puluhan kendaraan berhasil ditampilkan dari roda empat maupun roda dua, hingga jenis kendaraan berat untuk pertama kalinya. Catatan GIIAS 2016 ada lebih dari 400 ribu pengunjung hadir untuk melihat pameran otomotif tahun ini, tak hanya kendaraan penumpang saja, kendaraan konsep hingga sport menjadi daya tarik para penggemar otomotif tersebut.

Dari ratusan kendaraan tersebut, tahun ini, melalui voting yang dilakukan dari pengunjung terpilihlah tiga mobil favorit. Status ini sekaligus bentuk penghargaan GIIAS 2016 terhadap peserta APM. Berikut tiga mobil pilihan pengunjung dalam Favorite Cars GIIAS 2016:

photo-release-1-1023x5761. BMW i8
Sebagai debut keluarga BMW i yang diperkenalkan di Indonesia, BMW i8 langsung memikat hati penggemar otomotif. Bagaimana tidak, kendaraan ini menggabungkan sistem hybrid plug-in dengan kabin penumpang yang terbuat dari CFRP (carbon fibre reinforced plastic) serta kerangka aluminium untuk mesin, motor listrik, baterai, dan suspensi. Jadi, tak hanya mesin pembakaran tiga silinder yang menghasilkan tenaga 231 hp dan torsi maksimum 230 Nm saja, melainkan sebuah sport car yang ringan dan efisien. Sementara tenaga listrik yang dihasilkan mampu menempuh 131 hp dari motor yang bersumber pada baterai lithium-ion—dapat diisi ulang dengan sumber listrik konvensional untuk selanjutnya dialirkan ke poros roda depan. Hingga BMW i8 dijuluki The Future of Mobility dan The Most Progressive Sports Car.

photo-release-2-1023x5762. Honda Civic Turbo Hatchback
Mobil konsep dari kendaraan ini telah diperkenalkan pada GIIAS 2016 dan mendapat banyak respons positif. Namun, kendaraan dengan mesin 1.500 cc yang sama seperti versi sedannya ini baru dapat dimiliki pada 2017 mendatang. Kendaraan ini menganut transmisi 6-percepatan. Berkat desain dan penyegaran dari versi sedan, kendaraan ini pun jadi favorit kedua versi pengunjung GIIAS 2016.

photo-release-33. All New Pajero Sport Dakar 4×4
Kendaraan ini jadi primadona ketiga bagi pengunjung GIIAS 2016 karena tampilannya maskulin juga bertenaga. Kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan ini mampu menghasilkan tenaga 181 hp yang dapat dibilang terbesar dikelasnya.

 

 

 

Sumber foto: GIIAS 2016