Dua pegolf asal Jawa Timur berada di puncak klasemen sementara setelah divisi putra dan divisi putri sama-sama mengakhiri putaran masing-masing kemarin (21/0). Inez Beatrice Wanamarta masih mempertahankan posisinya di puncak klasemen, sementara Jonathan Wijono melesat ke peringkat pertama dengan permainan yang solid.

Bermain dari hole 10 di lapangan Bandung Giri Gahana Golf & Resort, Jatinangor, Inez mengawali putaran keduanya dengan kurang meyakinkan. Hingga sembilan hole pertama, ia mencatatkan skor 38 lantaran mendapat double bogey dan bogey di dua hole pertamanya. Satu birdie ia catatkan di hole 18.

Memasuki sembilan hole kedua, Inez sempat bermain stabil, meskpun masih belum mendapatkan birdie lagi. Walau akhirnya mendapat bogey di hole 7, total skor yang ia kumpulkan, 5-over 149 membuatnya unggul tiga stroke dari atlet DKI Jakarta, RIvani Adelia Sihotang.

Sementara itu, performa pegolf tuan rumah, Naraajie Emerald Ramadhanputra yang kemarin menurun, memberi peluang buat Jonathan WIjono untuk bersaing memperebutkan medali emas. Jonathan kemarin berhasil mencatatkan empat birdie dan satu bogey.

Jonathan memang tidak sendirian lantaran Naraajie juga mengumpulkan total skor yang sama dengannya, 4-under 212. Selain itu, atlet DKI Jakarta, Elki Kow, juga berhasil bermain dengan skor 3-under 69 dan bisa menjadi kuda hitam dalam perebutan medali emas.

Dari nomor beregu, tim beregu putri Jawa Timur masih kukuh di peringkat teratas setelah mencatatkan total skor 302. Adapun tim Jawa Barat dan DKI Jakarta sama-sama mengumpulkan skor 306, sedangkan tim Sumatra Utara membuka peluang membawa medali dengan catatan skor 318.

Dari nomor beregu putra, tim Jawa Barat masih memimpin dengan total skor 649. Mereka unggul hanya dua stroke dari tim Jawa TImur yang kemarin meraih total skor 651. Adapun tim DKI Jakarta mengumpulkan total skor 657 untuk berada di tempat ketiga.

Hari ini (22/9) merupakan putaran final untuk nomor beregu putra dan putri, serta nomor individu putra dan putri. Setelah rehat sehari pada Jumat (23/9), golf pada Pekan Olahraga Nasional XIX akan kembali mempertandingkan nomor Foursome pada 24-25 September. Adapun nomor Mix-Foursome dipertandingkan pada 26-27 September.