Indra Hermawan memberikan kejutan pada putaran pertama Ciputra Golfpreneur Tournament presented by Panasonic dengan mencatatkan skor 8-under 64. Catatan yang terbilang fenomenal ini ia peroleh dengan membukukan 7 birdie, 1 eagle, dan hanya 1 bogey, yang ikut melambungkan dirinya ke puncak klasemen sementara.

Indra mengawali putaran pertama turnamen Asian Development Tour tadi (24/8) dengan birdie di hole 1. Semangatnya meningkat tatkala di hole 6 ia mendapatkan eagle, yang dilanjutkan dengan 2 birdie lagi untuk menutup sembilan hole pertamanya dengan skor 31.

Momentumnya masih terus berlanjut ketika memasuki sembilan hole terakhir ketika mendapatkan dua birdie di hole 10 dan 11. Sempat kena bogey di hole 13, Indra mengakhiri putaran pertamanya dengan dua birdie lagi di hole 15 dan hole terakhirnya.

”Saya senang bisa memimpin. Saya pernah di posisi ini sebelumnya, jadi tak merasa gugup sama sekali,” tutur Indra. ”Pukulan kedua dan putting saya hari ini sangat bagus dan karena itulah saya kira saya bisa memimpin hari ini.”

Indra memang tidak sendirian di puncak klasemen hari ini. Pegolf asal Thailand, Sutijet Kooratanapisan berhasil menyamai skornya dengan 6 birdie dan 1 eagle, juga di hole 6.

”Putaran yang sangat bagus, terutama di sembilan hole pertama di mana saya tak melakukan kesalahan sama sekali,” ujar Sutijet. ”Permainan tertunda sekitar sejam, tapi saya sama sekali tak terganggu. Saya gembira bisa melanjutkan permainan dan menutup putaran dengan birdie lagi.”

Putaran pertama ini tampaknya juga memberikan momentum yang baik bagi sejumlah pegolf tuan rumah. Rory Hie dan Jordan Irawan sama-sama bermain 6-under 66 hari ini. Rory membukukan skor tersebut berkat catatan 6 birdie dan 2 bogey, termasuk eagle di hole 11. Adapun Jordan bermain dengan skor yang sama berkat koleksi 7 birdie dan 1 bogey.

Adapun pemain Indonesia lain yang juga bermain bagus hari ini ialah Rinaldi Adiyandono (68), Sarmilih (69), Ilyassak (69), Asep Saefulloh (70), Benita Kasiadi (70), Fahmi Reza (71), Denny A. Wijaya (71).

Sejumlah pemain amatir Indonesia juga berhasil bermain under pada putaran pertama ini. Tirto Tamardi memimpin catatan pemain amatir pada hari pertama dengan torehan 3-under 69. Sementara Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Jonathan Wijono, dan Clement Kurniawan bermain 2-under 70. Kevin Akbar mengikuti dengan skor 1-under 71.

Turnamen yang digelar di Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai Course ini sempat ditunda selama 90 menit pada pukul 15:45 tadi dan baru dilanjutkan kembali pada 17:15. Meski demikian, sebanyak 15 pemain lainnya masih harus melanjutkan putaran pertama mereka besok pagi.