Indonesia bersaing ketat dengan Filipina pada putaran pertama Ciputra World Junior Golf Championship yang mulai dipertandingkan pada Selasa (6/6) kemarin. Pegolf junior asal Filipina, Carl Jano B. Corpus, untuk sementara berhasil memimpin Divisi A Putra.

Carl memimpin dengan 73 pukulan atau 1 over. Dua pegolf Indonesia, Jonathan Wijono dan Dominikus Glenn Yuwono, bersama Ryan Monsalve (Filipina), Wanipun Meesom-Us (Thailand), dan Adam Arif Bin Madzri (Malaysia) berada dua pukulan di belakang Carl.

Udara panas tidak mampu membendung semangat para pemain untuk menaklukkan lapangan Damai Indah Golf Pantai Indah Kapuk Course karya desainer Robert Trend Jones Jr. Ini. Meskipun demikian, kondisi lapangan tahun ini diset lebih menantang ketimbang tahun lalu. Salah satunya dengan ketinggian rough yang mencapai 50 mm. Ditambah dengan green di lapangan ini yang memang tidak mudah ditaklukkan, kualitas lapangan untuk turnamen kali ini jelas melebihi kondisi tahun sebelumnya.

Sementara di Divisi B Putra, pegolf Filipina lainnya, Jolo Timothy L. Magcalayo mencatatkan 2-over 74. Junior Indonesia Kentaro Nanayama mengikuti di posisi kedua hanya dengan selisih satu pukulan setelah bermain dengan skor 75.

Adapun para pemain Thailand mendominasi Divisi C dan D Putra dan Putri. Pongsapak Laopakdee, Tunyapat Sukkoed, dan Jakaphat Nilpradab menempati posisi tiga teratas Divisi C Putra. Sementara pada divisi putri, Phannarai Meesom-Us memimpin dengan 73 pukulan atau 1 over. Disusul oleh rekan senegaranya Suttinee Ngamkham yang mencetak 7 pukulan lebih banyak, ties dengan Anne Leqi Fernandez dari Singapura.

Pegolf Thailand lainnya, Thanawin Lee, memimpin Divisi D Putra (kelompok umur 10 tahun ke bawah). Walau pun masih belia, dia mampu mencetak 71 pukulan atau 1 under.  Berjarak cukup jauh dengan lawan-lawannya. Posisi kedua ditempati oleh Jayden Ng Wei Jiat dari Malaysia dengan 77 pukulan atau 6 over, ties dengan dua pegolf Thailand, Achira Chumchaivate dan Poomrapee Kaewpiboon.

Tiga peringkat teratas divisi putri juga ditempati oleh Thailand, yaitu Titikarn Thapasit, Chutimon Rujiranan, dan Thanana Kotchasanmanee.

Indonesia telah 3 (tiga) kali menjadi juara World Junior Golf Championship, yaitu Joshua Andrew Wirawan pada 2012, Jordan Surya Irawan 2011, dan Jovie Ocvandio Panggabean pada 2010, harapannya tahun ini juga memperoleh prestasi tersebut.

Hari ini (7/6) turnamen akan berlanjut dengan mempertandingkan seluruh divisi, yaitu Divisi Putra A, B, C & D serta Putri kelas C & D yang akan memasuki pertandingan hari kedua sementara Divisi Putri kelas A & B baru akan memulai pertandingan hari pertama.