Para pegolf Asia memuji penunjukan Trevor Immelman sebagai Kapten Tim Internasional Presidents Cup 2021.

Tongkat estafet untuk memimpin Tim Internasional pada ajang bergengsi Presidents Cup diserahkan kepada figur asal Afrika Selatan lainnya. Usai sukses menjadi kapten pada gelaran perdana Junior Presidents Cup, termasuk Asisten Kapten pada Presidents Cup 2019, Trevor Immelman akan mengusung tanggung jawab untuk berusaha meraih kemenangan dari Tim AS ketika ajang dua tahunan ini kembali digelar tahun 2021 di Quail Hollow Club di Charlotte, North Carolina.

Juara Masters 2008 ini menjadi bagian dari Tim Internasional yang sempat mencatatkan keunggulan terbesar dalam sejarah Presidents Cup pada akhir tahun lalu, sebelum Tiger Woods dan timnya membalikkan keadaan menjadi 16-14 di The Royal Melbourne Golf Club, Melbourne, Australia.

“Saya bermain dalam Presidents Cup pertama saya tahun 2005 di bawah Kapten Gary Player. Sebagai pegolf yang kala itu baru berusia 25 tahun, pengalaman itu takkan saya lupakan. Segera sesudahnya, saya meraih kemenangan PGA TOUR pertama saya tahun 2006, jadi bisa dibilang Presidents Cup memainkan peran yang sangat besar dalam melambungkan karier PGA TOUR saya,” tutur Immelman.

“Terpilih sebagai kapten adalah kehormatan besar. Presidents Cup dan PGA TOUR telah menjadi bagian yang besar dalam karier saya, jadi buat saya, kini bisa memimpin Tim Internasional bakal menjadi salah satu sorotan dalam karier saya dan sesuatu yang saya sambut dengan penuh semangat.”

Sejauh ini Immelman telah dua kali berpartisipasi pada ajang ini, yaitu tahun 2005 dan 2007. Ia juga telah mengoleksi 2 gelar PGA TOUR dan 11 gelar internasional lainnya, termasuk Masters Tournament 2008.

Mantan Anggota Tim Internasional Menyambut Penunjukan Immelman
An Byeonghun, debutan Tim Internasional tahun lalu menyambut gembira penunjukan Immelman tersebut.

 

Li Haotong melakoni debutnya sebagai anggota Tim Internasional pada Presidents Cup 2019 lalu. Kapten Tim Internasional yang baru, Trevor Immelman, berharap bisa melanjutkan dan membangun momentum untuk mencatatkan sejarah baru pada 2021 di Quail Hollow Club. Foto: Rolex/Chris Turvey.

 

“Saya sangat bersemangat mengetahui Trevor menerima peran kapten untuk Tim Internasional. Ia telah terlibat dengan tim ini selama bertahun-tahun dan saya yakin ia akan membangun fondasi yang solid, yang sudah dikerjakan oleh Ernie dan menyiapkan tim kami untuk bersaing dengan baik menghadapi Tim AS,” ujar Ahn.

“Ernie telah mempersatukan tim dengan begitu banyak ide luar biasa, seperti logo tim dan beragam sesi yang mengikat tim dan saya tak sabar menunggu apa yang akan Trevor lakukan dalam bulan-bulan mendatang untuk menyiapkan kami. Saya sendiri berniat untuk bisa bermain bagi Tim Internasional dan Trevor karena pengalaman di Australia tahun lalu sangatlah fenomenal!”

Nada serupa juga dilayangkan oleh rekan senegara Ahn, Im Sungjae, yang tahun lalu menyumbangkan 3,5 poin, termasuk ketika mengalahkan Gary Woodland pada partai tunggal.

“Saya berkesempatan berteman dengan Trevor pada Presidents Cup tahun lalu. Saya yakin dia bakal melakukan hal yang luar biasa untuk Tim Internasional. Sebagai juara Major dan pemegang beberapa gelar PGA TOUR, semua kami tahu betapa Trevor sangat berhasrat untuk kompetisi ini dan saya tak ragu dia akan melakukan segala hal yang memungkinkan untuk mempersiapkan tim kami dengan target menjuarai Presidents Cup,” tutur Rookie of the Year PGA TOUR ini.

“Ernie sendiri adalah sosok yang brilian. Dia telah menginspirasi kami semua dengan beberapa hal yang ia perkenalkan kepada tim dan kami benar-benar nyaris menang di Australia. Saya yakin Trevor akan mengikuti formula yang sama dan menerapkan beberapa idenya sendiri agar kami siap untuk menghadapi Tim AS di Quail Hollow Club di Charlotte tahun depan.”

Pegolf China Daratan pertama yang menjadi bagian dari Tim Internasional, Li Haotong, menimpali, “Saya yakin Trevor akan menjadi kapten yang hebat bagi Tim Internasional. Sebagai pemain ia telah menjuarai banyak turnamen di seluruh dunia, termasuk Masters Tournament. Pengalamannya yang luas dalam Presidents Cup akan membantu tim kami dan saya bisa lihat dia bakal mempertahankan pekerjaan yang telah dilakukan Ernie tahun lalu dan memperkenalkan elemen-elemen baru dalam usaha kami mengalahkan Tim AS tahun depan. Secara pribadi, pengalaman tahun lalu di Australia menjadi sesuatu yang sangat menantang bagi saya dan saya berharap bisa bermain bagi Trevor dan Tim Internasional (tahun depan).”

“Kecintaannya terhadap golf dan Presidents Cup membuatnya menjadi asisten kapten yang ideal bagi Ernie Els tahun 2019 lalu, dan saya tahu Trevor sangat bersemangat untuk membangun momentum yang Ernie dan Tim Internasional lakukan di Royal Melbourne bulan Desember lalu.” — Komisioner PGA TOUR Jay Monahan

Pemain debutan lain, C.T. Pan, asal China Taipei juga meyakini Immelman bakal menjadi kapten yang tak kalah hebatnya bagi Tim Internasional.

“Dia telah bermain dalam dua Presidents Cup dan menjadi asisten Kapten Ernie. Ketika berada di sekitarnya, saya bisa merasakan betapa ia sangat bersemangat untuk kompetisi ini dan juga ingin melihat Tim Internasional membalikkan keadaan ketika berhadapan dengan Tim AS. Sebagai sosok yang telah meraih dua gelar PGA TOUR dan ajang Major, para pemain kami sangat menghargai Trevor dan saya yakin pembawaan dan kepribadiannya yang positif akan tertular ke tim kami dan membantu kami bersiap untuk Presidents Cup tahun depan. Pasti menyenangkan kalau saya bisa lolos kualifikasi lagi untuk tim tahun depan, dan hal ini akan menjadi salah satu target saya berikutnya pada tahun depan,” ujar Pan.

Komisioner PGA TOUR Jay Monahan juga menilai sosok Immelman sebagai sosok pemimpin baru yang sangat ramah, penuh hasrat, dan penun motivasi. Sosoknya yang sangat dihormati di dunia golf, menurutnya, bakal membuatnya mendapat dukungan berlimpah ketika mulai menjalani tantangan baru ini.

“Kecintaannya terhadap golf dan Presidents Cup membuatnya menjadi asisten kapten yang ideal bagi Ernie Els tahun 2019 lalu, dan saya tahu Trevor sangat bersemangat untuk membangun momentum yang Ernie dan Tim Internasional lakukan di Royal Melbourne bulan Desember lalu,” ujar Monahan.

Immelman menjadi kapten Tim Internasional yang ketujuh setelah David Graham (1994), Peter Thomson (1996, 1998, 2000), Gary Player (2003, 2005, 2007),Greg Norman (2009, 2011), Nick Price (2013, 2015, 2017), dan Ernie Els (2019). Ia juga menjadi kapten ketiga asal Afrika Selatan. Dan dalam usia 41 tahun ketika kompetisi ini dipertandingkan tahun depan, ia akan menjadi Kapten Tim Internasional termuda dalam sejarah Presidents Cup.

“Saya pikir menjadi kapten termuda dalam sejarah Presidents Cup akan memberi dinamika yang sedikit berbeda. Tapi sebenarnya tren itu sudah dimulai di Melbourne, dengan Tiger dan Ernie, yang masih berkompetisi saat ini,” ujar Immelman. “Saya yakin tim kami pada akhirnya akan terdiri dari kombinasi pemain yang telah bermain dengan saya selama bertahun-tahun dan para pemain muda yang telah saya ikuti dan pelajari sepanjang karier siaran saya. Satu hal yang saya tahu pasti ialah bahwa tim kami akan bersatu sebagai sebuah tim yang padu, yang akan menikmati kesempatan ini, sekaligus memberikan yang terbaik.”

“Saya pikir menjadi kapten termuda dalam sejarah Presidents Cup akan memberi dinamika yang sedikit berbeda. Tapi sebenarnya tren itu sudah dimulai di Melbourne, dengan Tiger dan Ernie.” — Trevor Immelman

Sebelumnya, Immelman telah merasakan sendiri bagaimana menjadi kapten ketika ia memimpin Tim Internasional Junior Presidents Cup di Plainfield Country Club di Edison, New Jersey, beberapa hari sebelum Presidents Cup 2017 dimainkan di Liberty National. Kala itu, Naraajie Emerald Ramadhan Putra menjadi salah satu anggota Tim Internasional.

“Relasi saya dengan Trevor sudah tercipta sejak lama dan saya selalu menghormati dia sebagai pemain dan sebagai seorang individu,” ujar Els. “Trevor telah menjadi anggota yang sangat berharga bagi tim kami dan sangat membantu dalam segala hal yang ingin kami lakukan di Royal Melbourne, jadi saya sangat bersyukur dia mengambil langkah ini dan memimpin Tim Internasional.”

Melanjutkan Momentum dari Royal Melbourne
Immelman sendiri memuji keberhasilan Els ketika memimpin tim di Australia. Ia menilai Els sukses membuat semua anggota tim merasa nyaman, baik dalam lingkungan tim maupun ketika tampil sendirian. Alhasil seluruh anggota bisa berkontribusi dan mencatatkan sejarah tersendiri ketika berhasil memimpin atas Tim AS dalam dua hari pertama.

“Els juga telah memberi identitas bagi tim kami, sesuatu yang dapat kami terima. Saya pikir hal tersebut akan menjadi warisan darinya yang akan terus dilanjutkan, dan sekarang tergantung saya dan seluruh tim pemimpin kami dalam tahun-tahun ke depan untuk melanjutkan warisan tersebut,” ujar Immelman.

Quail Hollow Club, lapangan yang akan menjadi tempat pertandingan tahun depan, semula didesain oleh arsitek lapangan kenamaan George Cobb pada tahun 1961. Cobb menangkap keindahan dan tantangan permukaan yang ada di wilayah Piedmont ini. Lapangan ini kemudian menjalani serangkaian pembaruan, termasuk modifikasi beberapa hole yang dilakukan Arnold Palmer pada tahun 1986. Lapangan ini kemudian didesain ulang oleh Tom Fazio pada tahun 1997. Fazio kemudian memodifikasi beberapa hole lagi pada tahun 2016.

 

Tim AS yang dipimpin Kapten Tiger Woods sukses membalikkan keunggulan Tim Internasional pada hari terakhir untuk kemudian menang 16-14 di Royal Melbourne bulan Desember 2019. Foto: Rolex/Turvey.

 

“Quail Hollow merupakan tempat yang spesial,” imbuh Immelman. “Sebagai pemain kami selalu menyukai kondisinya yang murni dan tantangan yang dihadirkan bagi para pemain terbaik dunia. Lapangan ini selalu menjadi ujian yang luar biasa dan memainkannya dalam ajang match-play akan menghadirkan sejumlah tantangan dan semangat baru karena saya pikir para pemain akan bermain lebih agresif sehingga lebih menarik untuk ditonton.

“Selain itu, masyarakat di Charlotte dan Carolina, secara keseluruhan, termasuk para penggemar olahraga terbaik di dunia. Dukungan para penonton dan penggemar akan terasa sangat ramai dan menciptakan atmosfer yang fantastis.’

Lapangan ini sebelumnya telah menggelar ajang Wells Fargo Championship sejak 2003. Selain itu U.S. PGA Championship juga pernah dimainkan di Charlotte pada tahun 2017 lalu.

“Kami menyampaikan selamat kepada Trevor dan keluarganya untuk kehormatan luar biasa ini dan tak sabar menyambutnya di Charlotte pada ajang yang sangat berkesan dalam sejarah kota ini,” ujar Adam Sperling, Executive Director Presidents Cup. “Minat dan dukungan yang kami terima dari mitra-mitra dan penggemar di kota ini dan di seluruh Carolina benar-benar luar biasa, dan kami berniat untuk terus membangun momentum ini menuju bulan September 2021.

Lalu siapakah yang akan menjadi Kapten Tim AS? Presidents Cup dan PGA TOUR berniat untuk segera mengumumkan figur tersebut.