Im Sungjae dan Yu Chun An memimpin kontingen Asia pada hari pertama U.S. Open ke-120 di Winged Foot Golf Club.

Seperti yang sudah diperkirakan, Im Sungjae memiliki karakter yang dibutuhkan untuk bermain di Winged Foot Golf Club. Pegolf yang terkenal dengan permainan akuratnya ini tampaknya kembali menemukan sentuhan yang sangat dibutuhkan pada hari pertama U.S. Open kemarin (17/9). Im berhasil mencatatkan 15 dari 18 green in regulation, yang menunjukkan kualitas approach yang sangat baik, sekaligus menempatkannya sebagai salah satu pemain terbaik untuk kategori ini.

Diskusi GolfinStyle dengan Anthony Kang, Daniel Chopra, dan Jason de la Peña menjelang U.S. Open pekan ini sempat menyebut green sebagai faktor krusial bagi sejumlah pegolf Asia yang ikut bertanding. Kualitas green U.S. Open selalu terkenal sangat licin, dengan karakter permukaan bergelombang, dan dengan break yang tak jarang ekstrem.

Bagi Im, meskipun statistik green in regulation-nya sangat bagus, ia terlihat kesulitan menaklukkan green di Winged Foot ini. Putting menjadi sesuatu yang sangat perlu ia tingkatkan pada hari kedua. Pasalnya, ia membutuhkan 33 putt untuk menuntaskan 18 hole pertamanya. Catatan itu menempatkan Im di peringkat 124, sangat tidak ideal untuk bersaing.

Im, yang bermain dari hole pertama, juga sempat melakukan start yang mengecewakan, yaitu dengan mendapat bogey di hole par 4 tersebut. Lalu di hole 8, sekali lagi ia mendapatkan bogey, yang membuatnya harus mengakhiri sembilan hole pertama dengan 2-over. Beruntung ia kemudian bisa mendapat dua birdie di hole 12 dan 13.

Bagi pemegang satu gelar PGA TOUR ini, U.S. Open pekan ini merupakan U.S. Open kedua dalam kariernya. Dalam debutnya pada tahun 2018 di Shinecock Hills Golf Club, Im gagal melangkah ke putaran akhir pekan. Kala itu ia memulai ajang Major ini dengan membukukan skor 76. Meskipun masih banyak yang harus ia perbaiki, kali ini ia berhasil memperbaiki catatan skornya dan membuka peluang lolos cut untuk pertama kalinya.

Satu pegolf Asia lainnya ikut mencatatkan skor even par dan untuk sementara menghuni peringkat 22 bersama Im dan sembilan pegolf lainnya. Dan seperti halnya Im, pegolf amatir China Taipei Yu Chun An juga memulai U.S. Open pekan ini dengan sembilan hole pertama yang mengecewakan setelah mendapatkan bogey di hole 10, hole pertamanya, 12, dan 16.

 

Yu Chun An mencatatkan skor 70 pada hari pertama U.S. Open ke-120 di Winged Foot Golf Club. Foto: AAC.

 

Yu, yang merupakan pegolf amatir peringkat 3 dunia saat ini, sempat bangkit dan mencatatkan 4-under berkat birdie di hole 4, eagle di hole 6, dan birdie di hole 7. Sayangnya, di hole 8, pukulan tee-nya masuk ke rough sehingga membutuhkan tiga pukulan untuk mencapai green. Kemudian ia juga harus melakukan tiga putt, yang kembali memaksanya mencatatkan bogey. Untuk sementara Yu berada satu stroke di belakang dua pegolf amatir lainnya, David Thompson dan John Pak, keduanya pegolf asal Amerika.

Namun, seperti halnya Im, skor even par 70 yang ia peroleh kali ini menjadi skor terbaik yang ia dapatkan setelah melakoni debut U.S. Open pada tahun 2018 lalu. Pada tahun 2018 dan 2019, Yu, masing-masing, menorehkan skor 76 dan 74 pada putaran pertama, sebelum akhirnya bermain 81 dan 73 dan gagal lolos cut pada dua kesempatan tersebut.

Justin Thomas mencatatkan rekor skor terendah di Winged Foot dengan skor 5-under 65, yang sekaligus menempatkannya sebagai pimpinan klasemen. Thomas menorehkan 6 birdie dengna hanya satu bogey untuk mengantongi keunggulan satu stroke dari Juara Masters 2018 Patrick Reed, Thomas Pieters, dan Matthew Wolff.

Adapun pegolf No.1 Dunia yang baru saja menjuarai FedExCup dan meraih status Player of the Year PGA TOUR, Dustin Johnson, untuk sementara harus menempati peringkat T71. Ia hanya mencatatkan 2 birdie, tapi harus mendapatkan 3 bogey, plus triple bogey di hole 4 par 4.

Bagaimana Wakil Asia Lainnya?
Hideki Matsuyama, Shugo Imahira, dan An Byeonghun sama-sama bermain dengan 1-over 71. Ketiganya akan memulai putaran kedua dari peringkat T33.

Ryo Ishikawa, Juara THE PLAYERS 2017 Kim Siwoo, serta pegolf amatir No.1 Dunia Takumi Kanaya mengakhiri hari pertama di peringkat T57, Ketiganya mencatatkan skor 2-over 72.

Juara Indonesian Masters 2019 Jazz Janewattananond melakoni debutnya dengan skor 3-over 73 dan kini ada di peringkat T71.

Kang Sunghoon bermain dengan skor 4-over 74 dan akan memulai putaran kedua dari posisi T92.