Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 akhirnya resmi dibuka kemarin (27/4) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta. Gelaran pameran otomotif ini kembali dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Pada pembukaan kemarin, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ikut mendampingi JK. Sejumlah Duta Besar negara sahabat, pengurus Gaikindo dan AISI, pihak Agen Pemegang Merek (APM) mobil dan motor, serta perwakilan peserta pameran juga tampak menghadiri pembukaan ini.

Tingginya tingkat penjualan kendaraan bermotor selalu menjadi indikator penting kemajuan perekonomian sebuah negara. Namun, JK mengingatkan agar industi otomotif di Indonesia tak hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar atau tempat produksi dan perakitan kendaraan, tapi juga memiliki kemampuan riset dan teknologi.

”Saat yang lain telah memiliki standar emisi Euro 4, kita masih menggunakan Euro 3 dan Euro 2. Karenanya kita harus mengejar ketertinggalan tersebut antara lain untuk turut menghasilkan lingkungan yang baik,” ujarnya.

Komisaris Utama PT Dyandra Media International, Tbk. yang juga merupakan CEO Kompas Gramedia, Lilik Oetama menyambut gembira digelarnya IIMS 2017 ini. Kembali mengusung tema besar The Essence of Motor Show, IIMS telah hadir untuk melahirkan dimensi baru terhadap konsep penyelenggaraan pameran otomotif di Indonesia.

Penyelenggaraan yang berkisar sebulan sebelum bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melihat kendaraan-kendaraan terkini yang ditawarkan oleh sejumlah APM. Tahun ini ada 21 merek mobil dan 11 merek sepeda motor, serta lebih dari 250 industri pendukung otomotif yang ikut memeriahkan IIMS.

IIMS 2017 kali ini digelar sejak 27 April hingga 7 Mei dan diselenggarakan di atas lahan seluas 105.000m2, yang meliputi nyaris seluruh area JIExpo, dari Hall A, Hall B, Hall C, Hall D, Hall C3 hingga area pelataran luar.

Sejumlah fasilitas turut disediakan untuk memanjakan pengunjung, termasuk sarana transportasi shuttle bus gratis dari berbagai mall seputar Jabodetabek dan layanan langsung busway TransJakarta ke lokasi.

Pameran dibuka untuk umum tiap hari pukul 11:00-21:00 WIB (hari kerja) dan 10:00-21:00 WIB hari libur. Harga tiket masuk Rp40.000 (tengah pekan) dan Rp60.000 (akhir pekan dan hari libur).