Hung Chien-yao dari China Taipei tampil solid pada putaran pertama SMBC Singapore Open yang mulai berlangsung Kamis (17/11) kemarin. Catatan skor yang ia bukukan, 5-under 66, tak hanya merupakan skor terbaiknya selama bermain di Serapong Course Sentosa Golf Club, tapi juga memberinya awal yang solid untuk memimpin turnamen pembuka musim 2019 ini.

Hung, yang pada November 2018 lalu baru menyambut kelahiran putrinya, bermain nyaris sempurna. Ia menorehkan 4 birdie, sebuah eagle di hole 5, dan satu bogey. Catatan skornya ini menempatkannya satu stroke lebih baik dari sederet pemain lain, seperti Yuta Ikeda, Miguel Tabuena, dan Yoshinori Fujimoto.

“Ini lapangan yang sangat bagus dan saya sudah sering main di sini. Saya tahu betapa menantangnya lapagan ini dan saya belum pernah main bagus. Saya pikir aspek mental saya hari ini (kemarin) memang bagus. Saya bisa rileks dan tak banyak berpikir. Sulit menjelaskan di hole mana saja saya main bagus dan mana yang tidak bagus. Tapi saya bisa bilang kalau saya sangat beruntung hari ini,” tutur Hung.

Meski sering mengikuti turnamen ini, pegolf berusia 26 tahun tersebut baru sekali lolos cut, yaitu pada SMBC Singapore Open 2018. Kala itu ia finis di peringkat T60.

Ia menambahkan bahwa pernikahan yang ia jalani dalam setahun terakhir memberinya rasa tanggung jawab yang baru. Meski sempat beradaptasi dengan keluarga dan pertandingan, ia mengaku berusaha untuk lebih menikmati turnamen yang ia ikuti untuk kemudian menikmati waktu bersama keluarganya.

“Menikmati tiap turnamen yang saya ikuti dan kemudian pulang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Itulah pikiran saya saat datang ke sini.” – Hung Chien-yao

“Saya pikir pemikiran saya sedikit berubah dari tahun lalu, dengan bertambahnya tanggung jawab saya. Tahun lalu saya masih belum terbiasa, tapi bermain pada turnamen pertama tahun ini, saya mengingatkan diri sendiri untuk datang dan menikmati permainan. Menikmati tiap turnamen yang saya ikuti dan kemudian pulang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Itulah pikiran saya saat datang ke sini,” tambahnya lagi.

“Saya bahagia bisa menjadi seorang ayah pada usia 26 tahun. Memang tak mudah buat saya dan istri. Tidak mudah mengasuh bayi karena kami harus selalu bangun tengah malam.”

Sementara itu, pegolf Inggris, Matthew Fitzpatrick menjalani debutnya di Singapura dengan cukup solid, bermain 3-under 68. Peraih lima gelar European Tour ini juga merasa bersyukur bisa menuntaskan putaran pertamanya kemarin, mengingat kondisi cuaca kembali menghadirkan tantangan yang besar.

Pada hari pertama kemarin, turnamen sempat dihentikan pada pukul 14:08 waktu Singapura dan baru dimainkan kembali pada pukul 17:30. Namun harus segera dihentikan pada pukul 19:10 lantaran hari sudah gelap.

Satu-satunya wakil Indonesia pada SMBC Singapore Open, Danny Masrin, mengawali putaran pertamanya dengan skor 74. Foto: Golfin’STYLE.

“Sepertinya badai bakal datang lebih awal dan hujan juga mulai turun, jadi saya tak merasa iri melihat mereka yang masih harus bermain. Putaran hari ini agak naik-turun. Rasanya saya memukul dengan baik dan memiliki sejumlah peluag di fairway untuk memukul bola mendekati pin, tapi saya tidak benar-benar memanfaatkannya. Putting saya cukup solid dan short game saya juga bagus, jadi ini putaran awal yang baik,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan berlakunya Peraturan Golf 2019, turnamen pun dimainkan dengan lebih menarik.

“Kami malah harus berhenti sejenak di hole 17 karena tdiak yakin apakah kami harus kembali ke tee. Ini sebenarnya peraturan yang tradisional yang diketahui semua orang, tapi kami hanya ingin main aman dan akhirnya kami memainkannya di depan tee box. Melakukan drop dari ketinggian selutut memang agak berbeda, saya pikir hal itu membuat Anda kelihatan konyol, tapi begitulah peraturannya,” tandasnya.

Danny Masrin menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada turnamen ini. Ia harus berjibaku sepanjang putaran pertama kemarin dengan membukukan 3 birdie dan 6 bogey. Dengan skor 74, posisinya memang masih jauh dari aman.

Sebanyak 78 peserta harus memainkan putaran kedua mereka pada pukul 07:30 pagi ini. Sementara putaran kedua dijadwalkan akan dimainkan pada sekitar pukul 09:40.

Leave a comment