Charley Hull menjuarai Order of Merit Rose Ladies Series, dengan Alice Hewson menjuarai Grand Final.

Tujuh seri yang sukses dan tragedi kebakaran yang terjadi di sekitar Wentworth memaksa Grand Final Rose Ladies Series harus berakhir hanya dengan dua putaran.

Seyogianya, Grand Final Rose Ladies Series ini akan dimainkan dalam tiga putaran. Alice Hewson, yang membukukan skor 67 dan 70 menduduki posisi teratas dengan keunggulan satu stroke dari Charley Hull, pemenang seri pertama.

Celakanya, insiden kebakaran mendadak terjadi dan menyebar dari Chobham Common, tak jauh dari hole 10, sebagaimana dilansir dari BBC. Insiden yang terjadi pada putaran final ini membuat panitia harus mengambil keputusan yang berat, yaitu membatalkan putaran final dan menetapkan seri pamungkas ini hanya dalam dua putaran pertama.

 


Keputusan ini terpaksa diambil setelah pihak penyelenggara kesulitan mencari tanggal dan lokasi alternatif. Pasalnya, Ladies European Tour akan kembali bergulir pekan depan dengan gelaran Scottish Open.

Dengan pembatalan ini, Charley Hull akhirnya dinobatkan sebagai pemenang Order of Merit yang disponsori oleh American Golf. Sementara itu, Alice Hewson, yang memimpin dalam dua putaran pertama, dinyatakan sebagai pemenang dan menerima hadiah sebesar £20.000.

Hull memang hanya menjuarai seri pertama, yang digelar di Brokenhurst Manor Golf Club. Namun, ia berpartisipasi pada seluruh seri ini sehingga mengumpulkan total poin 575,84. Poin ini 13,34 poin lebih baik daripada Georgia Hall, yang tampil dalam enam seri dan menjuarai dua di antaranya.

Selain Hall, Gemma Dryburgh juga berhasil menjuarai dua seri. Namun, ia hanya tampil dalam empat seri sehingga mengumpulkan total poin 297,5.

 

”Seri yang luar biasa! Rose Ladies Series telah melampaui harapan saya dan saya sangat menyukai tiap menit (berpartisipasi pada seri ini),” ujar Liz Young, yang menjadi pencetus gagasan seri ini. ”Saya tak hanya ingin berterima kasih kepada Justin dan Kate Rose, Computacenter dan American Golf, tapi juga kepada seluruh pemain yang mendukung Seri ini. Benar-benar delapan pekan yang mengagumkan.”

Hewson, yang dinyatakan sebagai pemenang dan meraih hadiah juara sebesar £10.000, ikut mengungkapkan kegembiraannya. Melalui akun Twitter-nya, Hewson yang sempat menjuarai gelar profesional pertamanya pada ajang Investec South African Women’s Open bulan Maret 2020 lalu, menyampaikan, ”Sungguh membanggakkan bisa menjuarai Grand Final Rose Ladies Series! Rasa terima kasih saya rasanya tak cukup saya sampaikan kepada Justin dan Kate Rose serta Liz Young karena memberi kesempatan untuk berkompetisi seperti ini.”

Rose Ladies Series terbukti sangat sukses. Dari ide sederhana Liz Young dan Jason MacNiven, pro di Brokenhurst Manor, Justin dan Kate Rose kemudian mensponsori kegiatan ini menjadi tujuh seri. Sampai Computacenter dan American Golf ikut mendukung, plus Sky TV yang berkomitmen menyiarkan kegiatan ini.