Hujan birdie mewarnai kembalinya Ladies European Tour ke Eropa Daratan, dengan Emily Kristine Pedersen memimpin pada akhir putaran pertama Tipsport Czech Ladies Open.

Pimpinan klasemen sementara pada Race to Costa del Sol asal Belgia Emily Kristine Pedersen mengawali upayanya mempertahankan posisi teratas itu dengan penampilan gemilang pada hari pertama Tipsport Czech Ladies Open. Bermain dari hole 10 di Beroun Golf Club, Pederson mendapati birdie yang ia peroleh di hole 12 sirna oleh bogey di hole 13. Namun, bogey tersebut ternyata menjadi yang pertama dan terakhir baginya.

Eagle di hole 15 seakan menjadi bukti permainannya memanas. Setelah menambah dua birdie lagi di hole 16 dan 17, Pedersen bermain tanpa bogey di sembilan hole terakhirnya dan menambah lima birdie lagi untuk membawanya menjadi pimpinan klasemen sementara.

”Saya sangat puas dengan putaran pertama ini dan bisa mencapai semua par 5 dalam dua pukulan, selain di hole 18 itu. Jadi, fakta tersebut ikut mmbantu saya. Tapi saya juga bisa melakukan sejumlah pukulan yang bagus dengan tiga pukulan berturut-turut bisa mengantarkan bola hingga berjarak kurang dari satu meter dari lubang,” ujar Pedersen.

Pedersen tampaknya masih melanjutkan momentum yang ia peroleh ketika finis T11 pada AIG Women’s Open dan runner-up pada Aberdeen Standard Investments Ladies Scottish Open. Untuk pekan kedua secara berturut-turut, sang pelatih ikut menemaninya sebagai kedi, tugas yang ia lakoni setahun sekali untuk melihat permainan muridnya ini dari dekat.

”Dia ingin melihat bagaimana saya memikirkan permainan di lapangan, pukulan mana yang nyaman buat saya karena swing saya agak berbeda kalau berada di bawah tekanan. Kami banyak berdiskusi tentang tempo pada swing dan beragam posisi bola di rough dan swing seperti apa yang mesti saya lakukan pada tiap pukulan,” tutur Pedersen.

 

 

Salah satu kunci performanya dalam beberapa pekan terakhir ini tak lepas dari latihan keras yang ia lakoni selama kompetisi berhenti oleh karena pandemi. Tahun lalu, pukulannya banyak yang meleset dari fairway sehingga menyulitkan dirinya dalam mencatatkan birdie.

”Saya berusaha mengeksekusi tiap pukulan sebaik mungkin dan memiliki arah yang jelas ke mana harus memukul bola, dan bagaimana saya ingin melambungkannya, bagaimana membuat spin, dan melepas fokus saya dari skor saya. Saya berlatih keras selama jeda untuk mempersempit dispersi pukulan supaya pukulan saya tidak melebar ke sana-sini,” tuturnya lagi.

Sementara itu, dua pegolf lainnya berada di tempat kedua dengan skor 7-under 65. Mereka adalah pegolf Inggris Cloe Frankish, Manon De Roey dari Belgia, dan Leonie Harm asal Jerman.

Lima pegolf lainnya menempati peringkat 5 dengan torehan 6-under 66.

Bintang golf tuan rumah, Klara Spilkova, untuk sementara menempati peringkat T24 dengan skor 2-under 70. Pegolf amatir Republik Ceska, Jana Melichova juga mengakhiri putaran pertamanya dengan skor 70.

Adapun juara bertahan Carly Booth asal Skotlandia memulai upayanya mempertahankan gelar dengan torehan skor 3-under 67. Untuk sementara ia berada di peringkat T15.

Putaran pertama terpaksa dihentikan lantaran kondisi alam yang tidak bersahabat. Petir sambar-menyambar di atas lapangan Beroun Golf Club.