HSBC melanjutkan komitmennya sebagai mitra golf di Asia untuk HSBC Women’s World Championship, World Golf Championships-HSBC Champions, dan CGA-HSBC China Junior Golf Programme.

Pertumbuhan golf di Asia memang tak dapat dilepaskan dari kehadiran HSBC. Sebagai sponsor, Hongkong and Shanghai Banking Coorporation atau HSBC telah berkontribusi besar bagi golf, tak hanya di China, tapi juga Asia pada umumnya. Dan persis pada 14 Desember lalu, mereka memastikan melanjutkan komitmen mereka untuk golf dengan meneruskan dukungannya pada tiga pilar kunci kemitraan golf global mereka.

Ketiga pilar yang dimaksud ialah HSBC Women’s World Championship di Singapura, World Golf Championships-HSBC Champions di Shanghai, dan CGA-HSBC China Junior Golf Programme. Dua ajang premium tersebut selama ini dikenal sebagai ajang Major Asia dan telah menjadi katalis pertumbuhan golf di benua ini. Masing-masing kejuaraan tersebut masih akan digelar di Sentosa Golf Club di Singapura dan Sheshan International Golf Club di Shanghai.

Adapun CGA-HSBC China Junior Golf Programme telah menjadi jalur pengembangan golf junior terpandang di China. Program ini telah dimulai sejak 2007 dan digarap bersama China Golf Association (CGA). Beberapa alumninya termasuk Li Haotong, Dou (Marty) Zecheng, Yu Liue, dan Lin Xiyu. Program ini sendiri dimulai menyusul meningkatnya minat terhadap golf setelah penyelenggaraan HSBC Champions.

Selain bertujuan membantu membina bakat-bakat masa depan, program ini juga bertujuan memperkenalkan golf kepada lebih banyak lagi kaum muda. Sejak tahun pertama, inisiatif ini telah berhasil memperkenalkan golf kepada lebih dari 110.000 anak di 25 kota dan 18 provinsi. Dalam lima tahun berikutnya, inisiatif ini menjanjikan membangkitkan lebih banyak bakat-bakat baru, sekaligus mengajak ribuan lebih anak untuk menikmati manfaat yang bisa dipetik dari golf.

”Kami sangat senang bisa memperpanjang komitmen kami pada kemitraan yang penting ini, guna mendukung dan mengembangkan golf di Asia,” ujar Jonathan Castleman, Group Head of Brand and Brand Partnership HSBC. ”Ketika pertama kali memperkenalkan format HSBC Champions di Shanghai tahun 2005 dan Singapura 2008, golf profesional di Asia masih dalam tahap awal. Hari ini, para pegolf terbaik di dunia tampil dalam kedua ajang Major Asia ini tiap tahunnya dan CGA-HSBC China Junior Golf Program telah memberikan jalur jangka panjang yang berkelanjutan bagi generasi pegolf masa depan China. Ambisi kami ialah mempromosikan golf pada seluruh level dengan menginspirasi genrasi masa depan untuk terlibat dalam olahraga ini.”

”Selama lebih dari sepuluh tahun, CGA-HSBC Junior Golf Programme telah melatih dan mengembangkan sejumlah besar pemain terbaik di China, ….” — Zhang Xiaoning, Presiden China Golf Association.

Presiden China Golf Association Zhang Xiaoning menambahkan, ”Golf telah berkembang dengan pesat di China. Selama lebih dari sepuluh tahun, CGA-HSBC Junior Golf Programme telah melatih dan mengembangkan sejumlah besar pemain terbaik di China, dengan kebanyakan mereka berhasil mewujudkan impian untuk tampil pada ajang Major Asia, WGC-HSBC Champions.”

Keputusan HSBC dalam memperpanjang komitmen ini turut mendapat sambutan positif dari Komisioner LPGA Tour Mike Whan. ”Kami sangat berterima kasih kepada HSBC yang selama ini telah menjadi mitra jangka panjang yang sangat berharga bagi LPGA berkat dukungan mereka yang berkelanjutan. Turnamen ini sudah sejak lama menjadi pemberhentian favorit dalam jadwal tahunan kami. Dalam musim dengan begitu banyak pengumuman yang berat akibat COVID-19, saya merasa sangat senang bisa menjadi bagian dalam pengumuman berita istimewa ini,” ujar Whan.

WGC-HSBC Champions sendiri telah mendapat status World Golf Championships pada tahun 2009, atau empat tahun sejak pertama kali digelar. Dengan sokongan dari International Federation of PGA Tour, ajang ini terus memikat para pemain terbaik dunia untuk berkumpul di Asia.

”Mewakili International Federation of PGA Tour, kami sangat senang menyambut pembaruan dukungan HSBC bagi ajang World Golf Championships ini,” ujar Ty Votaw, Executive Vice President PGA TOUR International. ”Kami tak sabar untuk melanjutkan kerja sama dengan HSBC dan memastikan ajang ini terus meraih sukses dengan memainkan peranan penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan olahraga kita ini di China dan di seluruh Asia. Kami berterima kasih kepada HSBC, China Golf Association, dan seluruh penggemar di China yang membantu membuat ajang ini berhasil sejak menjadi World Golf Championships tahun 2009.”

IMG, yang turut menjadi bagian dalam penyelenggaraan kedua ajang prestisius ini ikut menyambut positif keputusan HSBC ini. Grant Slack, selaku SVP & Managing Director Golf Events IMG menyebut pembaruan pendanaan ini menjadi bukti bahwa selama ini penyelenggaraan ketiga pilar kunci tersebut telah memenuhi harapan para sponsor.