Tim Thailand melaju ke babak knockout pada GolfSixes Cascais.

Thongchai Jaidee memeriahkan ajang GolfSixes Cascais dengan hole-in-one yang ia bukukan di hole keenam turnamen inovatif dari European Tour ini. Istimewanya lagi, hole-in-one ini turut membawa Tim Thailand mengalahkan duo Irlandia, Paul Dunne dan Gavin Moynihan, yang merupakan juara bertahan.

Kemenangan atas Tim Irlandia itu menjadi sangat penting bagi Thongchai dan pasangannya, Phachara Khongwatmai, lantaran kemenangan ini sekaligus memberi tiket untuk melaju ke babak knockout pada hari Sabtu (8/6) ini. Pasalnya, dalam dua pertandingan sebelumnya, menghadapi Tim Swedia yang diwakili oleh Alexander Bjork dan Joakim Lagergren, serta Tim Wanita Inggris yang diwakili oleh Meghan MacLaren dan Florentyna Parker, Tim Thailand hanya bermain imbang 1-1. Dengan dua hasil seri dan satu kemenangan, Tim Thailand pun dipastikan melangkah ke babak selanjutnya.

“Saya meras sangat bangga untuk diri saya dan untuk tim saya. Saya tidak tahu, tapi pukulan itu merupakan pukulan yang sempurna. Saya memilih club yang tepat dan itulah yang penting. Tapi hole-in-one itu bisa terjadi karena beruntung saja, saya melakukan pukulan tee yang bagus, tapi setidaknya akhirnya kami bisa mendapatkan poin,” tutur Thongchai.

“Saya sangat bersemangat bisa mengikuti turnamen ini. Akhirnya kami bisa melangkah ke babak selanjutnya juga, dan itulah hal terpenting yang kami lakukan. Kalau tim saya menjuarai turnamen ini, saya akan melompat ke kolam itu!”

Ajang inovatif dari European Tour ini benar-benar dimulai dengan sangat menarik. Sebagai turnamen pertama yang mempertemukan tim dari berbagai negara dengan memainkan hanya enam hole pada tiap partainya, turnamen ini memberikan aksi golf yang jauh berbeda daripada biasanya. Poin yang diberikan pada tiap partai yang dipertandingkan sama seperti pada pertandingan sepakbola, di mana kemenangan akan memberikan 3 poin, sementara seri hanya memberi 1 poin. Hole terakhir, yaitu hole keenam, juga didesain dimainkan dengan melayangkan pukulan melintasi sebuah kolam renang dengan dikelilingi oleh para penggemar golf dan live DJ.

Pada babak penyisihan grup, Tim Spanyol menjadi tim terbaik. Pasangan Jorge Campillo dan Nacho Elvira berhasil mencatatkan dua kemenangan dan satu kali seri sehingga memperoleh tujuh poin untuk memuncaki Grup D. Pada partai pertama menghadapi duo Afrika Selatan yang diwakili Brandon Stone dan George Coetzee, duo Spanyol ini menang 3&1. Sementara pada Sesi Kedua, mereka harus bermain imbang dengan Tim Italia yang terdiri dari Francesco Molinari dan Lorenzo Gagle. Satu kemenangan lain mereka bukukan atas duo Denmark Joakim B. Hansen dan Jeff Winther dengan angka kemenangan yang sama.

“Kami memainkan permainan yang bagus, memainkan iron dan memukul bola dengan bagus ke green. Nacho melakukan sejumlah pukulan iron yang hebat dan saya memasukkan sejumlah putt. Biasanya saya tak sering tersenyum ketika bermain golf, tapi hari ini memang berbeda. Sangat menyenangkan dan kami bisa melangkah ke babak selanjutnya,” ujar Campillo.

Sementara itu, Tim Inggris yang diwakili Tom Lewsi dan Paul Warring serta Tim Perancis yang terdiri dari Victor Perez dan Romain Wattel juga memuncaki grup masing-masing untuk mengikuti jejak Thailand dan Spanyol untuk melangkah ke hari kedua, yang merupakan hari terakhir.

Partai seru lainnya terjadi ketika Scott Hend dan Wade Ormsby dari Australia harus kembali berhadapan dengan duo wanita asal Jerman Esther Henseleit dan Laura Fuenfstueck. Australia telah memenangkan satu partai dan kalah pada partai lainnya, yaitu ketika berhadapan dengan kedua pegolf profesional wanita tersebut. Hend dan Ormsby kemudian bermain imbang dengan Tim Perancis, yang membuat perolehan skornya menjadi 4. Poin yang sama juga diperoleh Tim Jerman Wanita tersebut setelah menang dari Australia dan imbang dari Tim Perancis, serta kalah dari Tim Wales.

Untuk menentukan siapa yang berhak melaju ke babak selanjutnya, kedua tim ini harus berhadapan kembali dengan memainkan play-off di hole keenam. Namun, setelah kedua tim ini tak dapat menentukan pemenangnya dalam percobaan pertama, mereka kembali untuk memainkan closest-to-the-hole, guna memutuskan pemenangnya.

Tim Australia akhirnya berhasil melaju ke perempat final setelah pukulan Scott Hend dua kaki lebih dekat ke lubang daripada pukulan Laura Fuenfstueck.

Meskipun akhirnya tidak ada satu tim wanita pun yang lolos ke babak selanjutnya, Scott Hend melayangkan pujian pasangan wanita dari Jerman tersebut dengan menyebut, “Kedua wanita tersebut menampilkan permainan yang fenomenal. Kalau kami harus bermain enam hole lagi dengan mereka, kami bisa saja kalah.”

Babak selanjutnya, yaitu perempat final akan mempertemukan Tim Inggris vs Tim Swedia dengan pemenangnya akan berhadapan dengan pemenang antara Tim Perancis dan Tim Italia. Adapun Tim Thailand akan berhadapan dengan Tim Skotlandia dengan pemenangnya akan bertemu pemenang antara Tim Spanyol dan Tim Australia.

Leave a comment