Jelang akhir Desember 2018 lalu, PGA TOUR Series-China telah mengumumkan secara resmi jadwal Qualifying School mereka. Tiga Q-School dijadwalkan akan dimainkan di Foison Golf Club Dye Course di Guangzhou. Selain di China daratan, Q-School juga akan digelar di Hong Kong dan Macau.

Akan tetapi, untuk pertama kalinya dalam sejarah, PGA TOUR Series-China juga akan mengadakan Final Global Qualifying di luar China. Laguna Phuket Golf Club di Phuket, Thailand mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Q-School ini.

Turnamen Kualifikasi Global pertama dijadwalkan dimainkan pada 19-22 Februari 2019, sementara Kualifikasi Global Kedua digelar pada pekan berikutnya, yaitu pada 26 Februari-1 Maret. Adapun kualifikasi ketiga yang diadakan di Phuket akan diselenggarakan pada 5-8 Maret.

Selain menjadi tuan rumah untuk Kualifikasi Global, Foison Golf Club juga menjadi tuan rumah bagi kualifikasi bagi para pemegang paspor China. Total 120 pemain akan berupaya untuk mendapatkan kartu Tour ini pada 22-25 Januari mendatang.

“Kami telah menyaksikan sejumlah pemain yang mengikuti Qualifying Tournament, dan setahun atau dua tahun kemudian bermain di Web.com Tour dan PGA TOUR. Pada kualifikasi-kualifikasi itulah kebanyakan mereka memulai perjalanan profesional mereka, dan kami menyadari bakat yang hadir di Tour kami dalam empat tahun pertama,” tutur Executive Director PGA TOUR Series-China Greg Carlson.

Selain menjadi tempat penyelenggaraan Global Qualifying, Foison Golf Club juga menjadi tempat kualifikasi bagi para pemegang paspor China. Foto: Foison Golf Club.

“Pengumuman jadwal ini berarti musim baru untuk PGA TOUR Series-China segera dimulai, menampilkan beragam pemain baru yang tampil dari kualifikasi-kualifikasi ini, termasuk mereka yang kembali mengikutinya.

“Kualifikasi-kualifikasi ini juga akan menjadi babak baru dalam sejarah Tour lantaran kami mengadakan turnamen jauh dari China untuk pertama kalinya. Bermain di Thailad akan memberikan pengalaman budaya baru kepada para pemain, sembari memainkan turnamen di lapangan kelas dunia di salah satu kotaresor terbaik di Asia Tenggara,” sambung Carlson.

Tiap kualifikasi akan dibatasi pada angka 120 pemain. Tiap pemenang dari tiap ajang 72 hole stroke play ini akan mendapatkan hak main penuh untuk sepanjang musim 2019. Meereka yang finis di tempat ke-2 hingga 12 akan mendapat hak main penuh pada enam turnamen pertama. Adapun mereka yang finis di zona 13-35 dan ties akan mendapat status kondisional untuk enam turnamen pertama. Setelah enam turnamen, akan hak main akan disusun berdasarkan peringkat Order of Merit 2019. Adapun hak main pada turnamen tutup musim akan didasarkan pada performa pemain pada musim berjalan.

Layout awal Foison Golf Club sebelumnya juga telah menjadi tempat pergelaran ajang pamungkas pada musim 2016, yaitu Buick Open. Kala itu, pegolf Chuna Zang Huilin memenangkannya. Tapi kali ini Dye Course, lapangan hasil desain Cynthia Dye, akan menjadi panggung ujian bagi para pemain.

Sementara itu, arsitek Paul Jansen telah memperbarui dan meningkatkan lapangan Laguna Phuket Golf Club pada 2014. Turnamen profesional terakhir yang dimainkan di lapangan ini ialah Singha Phuket Open 2017, yang masuk agenda Asian Development Tour.

Leave a comment