Lee Kyounghoon membukukan green in regulation yang sempurna untuk memulai Waste Management Phoenix Open.

Pegolf Korea Lee Kyounghoon menikmati putaran pertama Waste Management Phoenix Open dengan catatan yang solid. Berkat green in regulation yang sempurna, ia sukses mencatatkan skor 5-under 66.

Juara Korean Open 2015 dan 2016 ini tampil dengan sangat solid di TPC Scottsdale. Enam birdie dan sebuah bogey kini menempatkannya hanya berjarak tiga stroke dari duo Amerika yang kini memimpin klasemen sementara, Matthew NeSmith dan Mark Hubbard.

Musim ini merupakan musim ketiga Lee bermain pada PGA TOUR. Seperti halnya sejumlah wakil Asia lain, ia juga berniat untuk meraih kemenangan pertama. Dan upaya mewujudkan hal tersebut ia awali dengan catatan yang mengesankan.

”Semuanya berjalan dengan sangat baik. Saya bisa melakukan pukulan dengan baik dan memasukkan putt, yang memungkinkan saya bermain dengan santai,” tutur Lee, yang saat ini berada di peringkat 137 klasemen FedExCup.

Selama tiga musim, ia telah bertanding dalam 69 turnamen. Sejauh ini ia juga telah tiga kali finis di sepuluh besar, terakhir ketika bermain pada ajang RSM Classic 2019. Dengan sejumlah rekan senegaranya yang telah menikmati kemenangan, Lee juga jelas berharap bisa mengikuti prestasi serupa.

 

 

Waste Management Phoenix Open menjadi ajang pertama sejak Vivint Houston Open yang digelar pada bulan November 2020 lalu ketika sejumlah penggemar diperbolehkan meramaikan lapangan. Kehadiran para penggemar ini jelas ikut membakar semangat dan membantu Lee dalam penampilan solid hari pertama ini.

”Sudah lama sekali (kami) bermain tanpa kehadiran para penggemar, tapi sekarang mereka ada di sini. Hari ini mereka menciptakan sorakan riuh penuh kegembiraan yang mendorong dan memotivasi kami. Nuansa ini sangat membantu saya bermain dengan baik. Semoga saya kita bisa mempertahankan hal seperti ini,” ujar Lee, yang menampilkan permainan iron yang sangat konsisten.

Performa prima lain dari kubu Asia ditampilkan oleh pegolf Jepang Satoshi Kodaira yang mengawali turnamen ini dengan skor 68. Adapun An Byeonghun yang mengoleksi dua sepuluh besar pada ajang ini bermain dengan skor 69. Pegolf China Zhang Xinjun bermain dengan skor 70, sementara Juara The American Express Kim Siwoo bermain even par 71.

Sementara itu, Hideki Matsuyama, yang telah dua kali memenangkan turnamen ini juga bermain dengan skor 71, skor yang turut diraih oleh pegolf China Taipei C.T. Pan. Sayangnya, Im Sungjae justru harus memulai ajang kali ini dengan skor 72 dan saat ini ia hanya berada satu stroke di atas batas cut-off.

Putaran pertama praktis menjadi milik NeSmith dan Hubbard. Keduanya mencatatkan skor terendah 8-under 63 dan saat ini memimpin satu stroke atas Nate Lashley dan Sam Burns, serta dua stroke dari Steve Stricker.

Adapun mantan Juara FedExCup Rory McIlroy sempat mengawali putaran pertama dengan double bogey dan bogey sebelum akhirnya menorehkan skor 1-under 70. Skor McIlroy ini jelas lebih baik daripada permainan sang juara bertahan Web Simpson, yang harus menuntaskan putaran pertama ini dengan skor 73 dan berada di peringkat T108.