Satu-satunya pegolf Indonesia yang berlaga pada Maybank Championship pekan ini, George Gandranata, mengawali turnamen akbar tersebut dengan bermain even par. Bermain di Saujana Golf and Country Club, Kuala Lumpur, Malaysia untuk pertama kalinya setelah lapangan tersebut menjalani renovasi, George mengumpulkan 3 birdie dan 3 bogey.

Kemarin (9/2) George yang bermain dari hole 1, bukan hole 10 seperti diberitakan sebelumnya—ada kekeliruan dalam jadwal yang kami dapat dari Asian Tour—sempat mengawali putaran awalnya dengan bogey. Namun, ia berhasil memperbaiki permainannya dan mendapat dua birdie untuk menutup sembilan hole pertamanya dengan 1-under.

Hingga hole 13 George masih berhasil mempertahankan catatan 1-under tersebut. Sayangnya, di hole 14 dan 17, ia kembali mendapat bogey. Beruntung ia berhasil menutup putaran pertamanya dengan sebuah birdie sehingga berhasil bermain dengan skor 72.

”Perasaan saya campur aduk dengan hasil hari ini,” tulis George melalui pesannya kepada kami. ”Saya merasa bermain bagus walaupun gugup dan anginnya kencang. Tapi saya juga merasa bisa lebih bagus lagi karena banyak pemain yang bermain bagus.”

George yang bermain dengan Adrian Otaegui dari Spanyol dan Benjamin Hebert dari Prancis mengakui bahwa para pemain European Tour memang luar biasa. Kedua pegolf Eropa yang menjadi rekan mainnya itu berhasil mencatatkan 2-under 70. Ia menyebut skor even par yang ia peroleh ia anggap belum cukup untuk bisa menyaingi para pemain Eropa.

”Green speed hari ini rasanya lebih cepat ketimbang waktu practice round. [Sayangnya] banyak putt saya yang short,” sambung George lagi. ”Green di sini sangat bergelombang. Mudah-mudahan saja besok (hari ini) banyak putting yang masuk.”

Hari ini (10/2) George akan memainkan putaran kedua yang menentukan ini pada pukul 14:20 waktu setempat, atau pukul 13:20 WIB, dari hole 10.

George berhasil memastikan tempatnya pada turnamen keempat bagi Asian Tour musim ini setelah memenuhi kriteria pemain ASEAN. Selain George, pemain ASEAN lain yang berlaga pekan ini ialah Ye Htet Aung dari Myanmar, Michael Tran dari Vietnam, Jay Bayron dari Filipina. Kemarin Ye Htet Aung menutup putaran pertama dengan skor 75, sementara Michael Tran mencatatkan 1-under 71, dan Jay Bayron bermain 78. Kategori ASEAN ini menjadi komitmen Maybank untuk mendukung perkembangan golf di negara ASEAN, di mana mereka juga memiliki jaringan.