George Gandranata membukukan finis terbaiknya di luar negeri untuk musim 2019.

Pegolf papan atas Indonesia, George Gandranata, mencatatkan hasil terbaiknya pada ajang Asian Development Tour yang ia ikuti di luar negeri pada tahun ini ketika berhasil finis di peringkat T15 pada ajang PGM Maybank ADT Championship hari ini (30/11).

George memulai turnamen pekan ini dengan membukukan skor 2-under 70. Pada putaran pertama itu, ia menorehkan lima birdie dan tiga bogey. Meski kemudian harus bermain 1-over 73 pada hari kedua, ia masih berhasil lolos cut sebelum kemudian bermain even par di Saujana Golf and Country Club, Selangor, Malaysia.

Upayanya untuk finis di posisi yang bagus sempat terhalang lantaran justru memulai putaran final dengan bogey di hole 1. Namun, di sembilan hole pertamanya itu, ia berhasil menorehkan tiga birdie, dengan satu bogey tambahan. Ia kemudian menutup putaran final dengan membukukan dua birdie berturut-turut, melengkapi satu birdie dan dua bogey lain di sembilan hole terakhirnya itu dan kembali menorehkan skor 2-under 70.

“Permainan saya pekan ini oke banget. Putting jarak pendek saya juga bagus,” tutur George. “Saya mendapatkan nuansanya ketika melakukan putaran latihan. Pukulan saya juga oke. Kebanyakan pukulan driver saya juga lurus dan solid.”

Skor total 3-under 285 memang tidak membuatnya berada di posisi yang cukup untuk mendapatkan poin ranking dunia pada Official World Golf Ranking. Namun, finis T15 pekan ini menjadi hasil terbaiknya sepanjang musim ini.

“Pekan lalu saya tidak tahu bakal seperti apa permainan saya kali ini, tapi ternyata Tuhan memberi spot untuk bisa main ke Maybank Championship.” – George Gandranata

Hasil positif ini, dan yang sekaligus membuatnya berada di posisi terbaik dari tiga wakil Indonesia yang mengikuti turnamen ini ternyata membuahkan kejutan tersendiri. Dengan menjadi pegolf Indonesia terbaik pekan ini, ia mendapatkan hak bermain pada ajang kaliber Maybank Championship. Turnamen yang dijadwalkan dimainkan pada bulan Maret 2020 mendatang ini adalah turnamen yang disokong oleh Asian Tour dan European Tour.

“Saya sangat bersyukur bisa mendapat spot bermain pada ajang Maybank Championship tahun depan. Padahal pekan lalu saya tidak tahu bakal seperti apa permainan saya kali ini, tapi ternyata Tuhan memberi spot untuk bisa main ke Maybank Championship,” tukas George.

Sebelumnya, hasil terbaik yang dibukukan George ialah ketika finis di peringkat 16 ajang PGM ADT Penang Championship.

Joshua Andrew Wirawan melanjutkan aksi solid
Wakil Indonesia lainnya, Joshua Andrew Wirawan, melanjutkan performa solid yang ia bukukan ketika bermain pada ajang Asian Tour, Sabah Masters pekan lalu. Pegolf asal Surabaya ini berhasil menyamai pencapaian terbaiknya pada ajang Asian Development Tour dengan finis di peringkat T19.

Andrew berhasil memastikan melangkah ke dua putaran terakhir usai mengumpulkan skor total 1-under 143 setelah bermain 72-71 pada dua hari pertama. Setelah hanya membukukan total tujuh birdie pada dua putaran tersebut, ia menorehkan tujuh birdie pada hari ketiga, sekaligus membuka peluangnya untuk kembali mencatatkan hasil positif. Skor 4-under 68 itu kemudian membawa Andrew, sapaannya, ke peringkat T11 dengan raihan 5-under 211.

Joshua Andrew Wirawan melanjutkan permainan solid yang ia tampilkan pekan lalu ke PGM Maybank ADT Championship pekan ini. Ia menyamai finis terbaiknya tahun ini dengan finis T19. Foto: Asian Tour.

Pada putaran final hari ini, ia membuka peluangnya untuk membukukan skor yang lebih rendah lagi ketika mengawali dengan birdie di hole pembukanya. Sayang, di hole berikutnya dan hole 9 ia justru mendapat bogey dan harus bermain 37 di sembilan hole pertama.

Ia berusaha bangkit dengan menorehkan birdie keduanya di hole 10, namun harus bermain 4-over dalam delapan hole terakhirnya. Meski harus bermain dengan skor 76, skor total 1-under 287 sudah cukup baginya menyamai pencapaiannya ketika finis di peringkat 19 ada OB Golf Invitational, pada bulan Mei 2019 ini.

“Permainan saya rasanya sudah semakin bagus. Cuma saya harus mencapai konsitensi yang lebih baik lagi dari hari ke hari. Paling tidak, sudah adal lebih banyak hal positif dari permainan saya,” ujar Andrew.

Satu wakil Indonesia lainnya, Elki Kow, yang baru saja meraih gelar profesional keduanya tahun ini, secara mengejutkan harus pulang lebih awal. Setelah bermain 71, skor 77 pada hari kedua mengubur harapannya melangkah ke dua putaran final.

PGM Maybank ADT Championship pekan ini sekaligus menjadi turnamen terakhir bagi ketiga pegolf ini sebelum mengikuti BNI Indonesian Masters presented by Bank BRI & MedcoEnergy.