PGA TOUR dan CJ Group mengumumkan pemindahan penyelenggaraan THE CJ CUP dari Nine Bridges di Pulau Jeju ke Shadow Creek di Las Vegas.

PGA TOUR dan CJ Group hari ini (25/8) mengumumkan pemindahan penyelenggaraan THE CJ CUP @ NINE BRIDGES ke Shadow Creek di Las Vegas, Nevada. Turnamen ini akan digelar pada 15-18 Oktober 2020 mendatang dan turut mengubah nama turnamen menjadi THE CJ CUP @ SHADOW CREEK.

Sejak 2017, ajang tahunan ini kerap dimainkan di The Club @ Nine Bridges di Pulau Jeju, Korea. Kala itu Justin Thomas menjuarai penyelenggaraan pertama dengan mengalahkan Marc Leishman. Thomas kemudian menjuarai edisi ketiga pada tahun lalu. Brooks Koepka juga mencatatkan namanya sebagai juara dengan kemenangan empat stroke pada tahun 2018.

”PGA TOUR sangat menghargai komitmen CJ Group untuk menggelar THE CJ CUP @ SHADOW CREEK ke Amerika Serikat pada bulan Oktober ini,” ujar Ty Votaw, Executive Vice President PGA TOUR International.

”Meskipun para pemain kami selalu berharap bisa mengunjungi Korea, keadaan saat ini justru memberi peluang baru untuk membawa ajang ini ke Las Vegas, yang juga akan memberikan kesadaran dan ekspos terhadap merek ini kepada audiens di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Kami berterima kasih untuk kemitraan dan dukungan CJ Group dan Korean PGA yang mempertimbangkan situasi saat ini. Kami yakin penyelenggaraan pada tahun ini akan menampilkan jajaran pemain kaliber sembari mengusung nilai-nilai merek CJ Group ke zona waktu yang baru.”

Sports Marketing Director CJ Group Ethan Kim menambahkan, meskipun pihaknya menyayangkan ajang ini tak dapat diadakan di Pulau Jeju, mereka merasa senang bisa membawa THE CJ CUP ke AS dan berharap ajang ini akan kembali ke Korea pada tahun 2021.

 

 

”Kami sangat bersemangat untuk membawa budaya Korea dan cita rasa bibigo dan menunjukkannya kepada para pegolf PGA TOUR dan audiens di Amerika melalui THE CJ CUP @ SHADOW CREEK ini,” ujar Kim.

Dukungan terhadap keputusan ini juga diberikan oleh tim yang menggelar turnamen Shriners Hospotals for Children Open di Las Vegas. Votaw mengapresiasi dukungan ini mengingat turnamen tersebut merupakan salah satu turnamen yang telah meraih kesuksesan dalam penyelenggaraannya selama lebih dari tiga dekade. Keputusan menghadirkan THE CJ CUP ke Las Vegas juga dipastikan akan membuat publik dunia menyoroti dua ajang berturut-turut di Las Vegas.

THE CJ CUP @ SHADOW CREEK masih akan menjadi ajang eksklusif bagi 78 pemain, termasuk pegolf Korea berperingkat tertinggi menurut Order of Merit Asian Tour. Selain itu, lima pegolf Korean PGA Tour dan tiga pegolf Korea terbaik menurut Official World Golf Ranking juga akan mendapat hak bertanding pada 15-18 Oktober nanti.

Gelaran THE CJ CUP ini sendiri menjadi visi dari CJ Group untuk mendukung perkembangan golf profesional di Korea. Itulah sebabnya, sejumlah kategori tersebut diberikan kepada para pegolf profesional Korea. Peserta lainnya akan terdiri dari para pegolf teratas berdasarkan klasemen FedExCup 2019-2020, plus undangan sponsor.

”THE CJ CUP lekas menjadi salah satu turnamen PGA TOUR favorit saya. Memang mudah mengatakan demikian karena saya memenangkannya dua kali, tapi hospitalitas yang ditunjukkan oleh CJ Group dan masyarakat Korea telah membuat turnamen ini menjadi spesial bagi kami para pegolf PGA TOUR,” ujar Thomas yang telah mengemas 13 gelar PGA TOUR dan berstatus juara bertahan.

”Sayangnya kami tak bisa bertolak ke Korea tahun ini, tapi untungnya kami masih bisa menghadirkan sorotan bagi CJ Group dengan turnamen yang kali ini digelar di Shadow Creek.”

”Kami sangat bersemangat untuk membawa budaya Korea dan cita rasa bibigo dan menunjukkannya kepada para pegolf PGA TOUR dan audiens di Amerika melalui THE CJ CUP @ SHADOW CREEK ini.” — Ethan Kim, Sports Marketing Director CJ Group.

Shadow Creek sendiri merupakan salah satu lapangan papan atas yang mengedepankan eksklusivitas dan pengalaman kelas satu bagi para tamu mereka. Lapangan ini didesain oleh arsitek kenamaan Tom Fazio dan terkenal, di antaranya, dengan duel Tiger Woods vs Phil Mickelson tahun 2018 lalu. Lapangan ini dimiliki oleh MGM Resorts International dan hanya bisa dimainkan oleh tamu-tamu dari properti perusahaan ini.

George Kliavkoff, President Entertainment & Sports MGM Resorts International menjanjikan lapangan ini bakal ada dalam kondisi paling ideal untuk menyambut mitra-mitra PGA TOUR dan para pegolf terbaik dunia di Las Vegas.

ANALISIS SINGKAT oleh Editor GolfinStyle
Keputusan membawa THE CJ CUP ke AS, di satu sisi, mungkin disayangkan. Tapi ada keuntungan tersendiri yang bisa diperoleh melalui pemindahan yang bersifat sementara ini.

Pertama, CJ Group dapat membawa merek mereka ke audiens yang lebih besar lagi, yaitu masyarakat di Amerika. Meskipun banyak pegolf profesional yang juga mengusung merek mereka ketika bertanding pada ajang PGA TOUR, penyelenggaraan THE CJ CUP @ SHADOW CREEK berarti entitas perusahaan dalam skala besar ikut hadir di AS.

Kedua, keputusan ini memberi keuntungan bagi para pegolf Korea, khususnya mereka yang biasanya bertanding di ranah Asia maupun Eropa. Meskipun penyelenggaraan di Jeju turut menghadirkan para pegolf kaliber PGA TOUR, penyelenggaraan di Shadow Creek kali ini memberi kesempatan bagi mereka untuk bertanding dalam sebuah turnamen PGA TOUR, seting PGA TOUR, langsung di AS dengan kondisi lingkungan dan suasana yang setiap pekan dilakoni oleh pegolf dari Tour papan atas ini. Ini jelas kesempatan langka yang patut mereka manfaatkan.