Stacy Lewis meraih gelar perdananya setelah menjadi seorang ibu lewat kemenangannya pada Aberdeen Standard Investment Ladies Scottish Open.

Dua tahun silam, persisnya pada 25 Oktober 2018, Stacy Lewis melahirkan Chesnee Lynn, putri pertamanya. Ia baru kembali bertanding dua bulan kemudian pada ajang LPGA, Diamond Resorts Tournament of Champions 2019 dan finis T6. Hasil yang sangat bagus mengingat sejak melahirkan ia baru kembali berlatih beberapa pekan sebelum turnamen itu berlangsung.

Sebelum menuju ke Skotlandia, prestasi terbaik Lewis sejak menjadi ibu ialah finis di tempat ketiga pada ajang Marathon Classic presented by Dana 2019.

Bagi para pegolf profesional wanita, Aberdeen Standard Investment Ladies Scottish Open kerap menjadi ajang persiapan menuju AIG Women’s Open. Ajang Major ini menjadi sangat penting, mengingat pandemi COVID-19 telah memaksa Evian Championship dibatalkan.

Lewis memulai turnamen ini hanya dengan membukukan even par 71, namun ikut memimpin klasemen pada hari kedua bersama Azahara Munoz berkat enam birdie dan hanya satu bogey. Skor 66 ini sekaligus menjadi skor terendah pada hari kedua. Meski kemudian hanya menorehkan skor 1-under 70 pada hari ketiga dan kini menempati tempat kedua di belakang Munoz, Lewis hanya berjarak satu stroke dari pegolf Spanyol tersebut.

Putaran final di lapangan links selalu menghadirkan drama yang menarik. Itulah yang juga terjadi pada turnamen yang menjadi turnamen Ladies European Tour pertama menyusul pandemi. Pada satu periode tertentu, lima pemain bahkan sempat menempati peringkat teratas.

 

 

Lewis sempat mengambil kendali berkat birdie di hole 2 dan 3, sampai Jennifer Song menggesernya. Adapun Munoz terpaksa melepas peringkat teratas setelah mendapat bogey di hole 1 dan double bogey di hole 6m sampai kemudian bangkit dan berhasil memaksakan play-off.

Sampai 18 hole terakhir tuntas dimainkan, Lewis, Munoz, Emily Kristine Pedersen, dan Cheyenne Knight sama-sama menorehkan skor 5-under 279 sehingga play-off harus dimainkan untuk menentukan pemenang.

Tak butuh waktu lama sampai Lewis dinyatakan sebagai pemenang. Pada hole play-off pertama, birdie yang dibukukan pegolf berusia 35 tahun ini pun memberinya gelar pertama setelah melahirkan Chesnee.

”Pukulan approach saya ke hole 18 dan pada saat play-off persis 10 yard lebih jauh, jadi saya menggunaka 8-iron, melakukan pukulan yang sama dan untungnya pukulan saya sedikit ke kiri kali ini sehingga akhirnya menempatkan bola di tempat yang bagus,” jelas Lewis yang membawa pulang hadiah sebesar $190.323.

”Travis dan saya bersama-sama membaca putt sepanjang hari ini dan saya mendapatkan jalurnya, 5 inchi ke bibir kiri lubang. Saya pasti bisa memasukkannya kalau mendapatkan kecepatan yang cukup, dan akhirnya saya berhasil melakukannya.”

Kemenangan di Skotlandia ini menjadi kemenangan profesional ke-12 dalam kariernya, selain satu kemenangan yang ia raih tahun 2007 pada LPGA NW Arkansas Championship ketika ia masih amatir.

”Jumlah yang terkumpul dari turnamen ini tak hanya memungkinkan kami melanjutkan pekerjaan sosial ini, tapi juga membuat kami bisa mengembangkan projek-proyek lain untuk mendukung lebih banyak orang.” — Candace Higgins, Direktur East Lothian Foodbank.

£27.000 untuk East Lothian Foodbank
Tahun ini East Lothian Foodbank di Tranent menjadi penerima sumbangan pada Aberdeen Standard Investment Ladies Scottish Open. Organisasi ini telah menyediakan makanan darurat bagi masyarakat yang terdampak krisis dan telah mencukupi kebutuhan lebih dari 6.000 orang tiap tahunnya. Tahun ini total angka yang disumbangkan mencapai £27.000.

Jumlah ini diperoleh, di antaranya, melalui inisiatif ”Birdie Pledge” yang didukung oleh sponsor utama Aberdeen Standard Investment, dengan tiap birdie dihargai £5 dan eagle senilai £10. Sebanyak 992 birdie dan 14 eagle tercipta sepanjang empat putaran dengan angka terkumpul senilai £5.100.

Tuan rumah The Renaissance Club, promotor turnamen IMG, Ladies European Tour, dan LPGA serta sumbangan dari masyarakat umum kemudian ditambahkan ke jumlah tersebut sehingga terkumpullah £27.000.

”Kami sangat mengandalkan sumbangan untuk bisa melanjutkan pekerjaan vital ini bagi masyarakat di East Lothian. Dan jumlah yang terkumpul dari turnamen ini tak hanya memungkinkan kami melanjutkan pekerjaan sosial ini, tapi juga membuat kami bisa mengembangkan projek-proyek lain untuk mendukung lebih banyak orang. Kami sungguh berterima kasih untuk kemurahan hati setiap orang yang menyumbang,” ujar Direktur East Lothian Foodbank Candace Higgins.