Publik tuan rumah di Filipina harus menunggu lebih lama lagi sampai jago lokal mereka berhasil menjuarai Resorts World Manila Masters. Pegolf asal India, S.S.P. Chawrasia menjadi pegolf keempat dalam sejarah turnamen ini yang menjadi juara. Ini sekaligus menjadi gelar perdana Chawrasia di luar India.

Putaran final kemarin (13/11) menampilkan play-off yang diikuti oleh tiga pegolf. Selain Chawrasia, pegolf asal Malaysia Nicholas Fung dan pegolf Amerika Serikat Sam Chien mesti beradu lagi setelah ketiganya mengumpulkan total skor 19-under 269.

Fung dan Chien sudah terlebih dahulu menempati posisi teratas setelah menuntaskan putaran keempat terlebih dahulu. Sementara 6-under 66 yang diperoleh Chawrasia berhasil memaksakan babak tos-tosan tersebut.

Pada hole play-off pertama, Fung harus melupakan gelar Asian Tour pertamanya setelah ia mendapat bogey. Dan pada hole play-off kedua, Chawrasia membuka peluangnya menjadi juara setelah pukulan tee Chien meleset dan bolanya masuk hazard. Sayangnya, relief yang Chien lakukan hanya berhasil mengarahkan bola ke rough yang otomatis membuatnya harus rela menyerahkan trofi kepada Chawrasia.

”Saya sangat gembira. Ini pertama kalinya saya menang di luar India. Saya sangat bersemangat. Tiap orang selalu berkata, saya sudah menjuarai banyak gelar di India dan sudah saatnya menjadi juara di luar negeri. Saya senang bisa mewujudkannya hari ini (13/11),” ujarnya.

Adapun Chien mengaku Chawrasia memang pantas menjuarai turnamen ini. ”Ia menampilkan permainan golf yang hebat pada babak play-off. Saya berusaha main agresif, mungkin terlalu agresif malah. DI hole play-off pertama saya bisa main bagus, tapi di hole kedua saya malah tak bisa menjalaninya dengan baik,” tutur Chien.

Sementara itu, meski harus menunggu lebih lama lagi untuk menjadi juara Asian Tour, Fung mengaku puas dengan permainannya pekan itu. Performa istimewanya ditunjukkan dengan meraih lima birdie berturut-turut untuk memastikan masuk ke babak play-off.

Adapun dua wakil Indonesia yang ikut berlaga di Manila Southwoods Golf & Country Club, Rory Hie dan Danny Masrin mendapat persiapan yang cukup baik. Kemarin Rory berhasil bermain dengan total skor 10-under 278 setelah pada putaran terakhir mencatatkan skor 5-under 67. Dengan skor tersebut, ia berada di peringkat T37.

Adapun Danny mengumpulkan total skor 6-under 282 setelah kembali mendapatkan 2-under 70 pada hari terakhir. Ia mengakhiri turnamen ini dengan berada di periongkat T54, di antaranya bersama Jeev Milkha Singh.

Resorts World Manila Masters ini menjadi persiapan akhir bagi Rory dan Danny sebelum mengikuti ajang BANK BRI-JCB Indonesia Open yang akan dimulai pada 17 November pekan ini di Pondok Indah Golf Course, Jakarta.