Pegolf Korea Lee Min-young akhirnya berhasil menjuarai Yamaha Ladies Open Katsuragi kemarin (2/4) setelah bermain 2-under 70. Dengan total skor 9-under 279, ia berhasil unggul satu pukulan dari pesaing terdekatnya, yang juga merupakan salah satu pemain favorit ajang ini, Ayaka Watanabe.

Lee memulai sembilan hole pertamanya dengan mencatatkan dua birdie di hole 3 dan 8, dengan bogey di hole 8. Ia menambah catatan birdie-nya di hole 13 dan berhasil mempertahankan permainannya hingga hole terakhir.

Watanabe sendiri memberikan perlawanan yang berarti ketika mencatatkan skor 34 pada sembilan hole pertamanya. Ia masih berpeluang untuk menyalip Lee, namun double bogey di hole 16 terbukti memberi pukulan bagi pegolf berusia 23 tahun ini untuk menjadi juara. Ia membutuhkan eagle di hole 18 untuk memaksakan play-off, namun hanya bisa mendapat birdie dan mengakui keunggulan Lee.

Bagi Lee, kemenangan ini merupakan kemenangan yang sangat emosional. Tidak hanya karena ini merupakan kemenangan pertamanya pada kancah LPGA Tour Japan, tapi kemenangan ini seakan menjadi pembuktian bahwa dirinya bisa berprestasi setelah berhasil mengalahkan kanker ginjal.

Lee yang beralih profesional pada usia 18 tahun, sebelumnya telah menjuarai tiga gelar KLPGA Tour. Namun, pada bulan Maret 2015 lalu, ia didiagnosis menderita kanker ginjal. Setelah menjalani operasi dengan sukses dan pulih dari penyakitnya, Lee kembali bermain dengan pola pikir ”Anda bisa memberikan keberanian dan harapan bagi mereka yang memiliki penyakit yang sama dengan kesuksesan Anda”. Dan ia kembali berhasil menjuarai satu turnamen di Korea.

”Saya bersyukur bisa kembali memiliki tubuh yang prima untuk bermain golf lagi. Jadi, meskipun melakukan kesalahan dan kehilangan angka, saya tak lagi merasa marah. Saya sangat bersemangat untuk menang, tapi berusaha menyembunyikannya,” ujar Lee, menyinggung keberhasilannya menang di Yamaha Course, Katsuragi Golf Club ini.

Prestasi ini juga terbilang fantastis, mengingat turnamen Yamaha Ladies Open Katsuragi ini merupakan turnamen LPGA Japan kelima yang diikuti Lee.