Juara The Masters tahun ini, Sergio Garcia akan melakoni debut di Hong Kong dengan bermain pada ajang UBS Hong Kong Open yang akan digelar pada 23-26 November 2017. Turnamen ini menjadi salah satu dari beberapa ajang terakhir musim 2017 bagi Asian Tour, tapi juga menjadi turnamen pembuka bagi Race to Dubai European Tour 2018.

Pegolf berusia 37 tahun ini berhasil meraih Major pertamanya tahun ini setelah mengalahkan Justin Rose pada babak play-off di Augusta National dan menjuarai Jaket Hijau. Ini menjadi pencapaian terbesar dalam kariernya, terutama setelah 18 tahun dan memainkan 74 Major.

Sebagai pemegang 13 gelar European Tour, Garcia juga berperan penting dalam enam kemenangan Ryder Cup pada rentang 1999 dan 2017. Salah satunya ketika ia menjadi wakil kapten di Celtic Manor tahun 2010.

Panitia tahun ini memberi kebijakan gratis bagi para penggemar golf di Hong Kong untuk menyaksikan langsung UBS Hong Kong Open, khususnya pada dua putaran pertama, yaitu tanggal 23 dan 24 November.

”Saya mesti bilang bahwa kebijakan menggratiskan dua putaran pertama merupakan ide yang luar biasa. Kita perlu mengembangkan olahraga ini dan memperkenalkan golf kepada orang-orang baru. Jadi, semoga kami bisa memberikan tontonan yang bagus buat para penggemar dan menginspirasi beberapa pegolf baru untuk mulai bermain,” tutur Garcia.

Garcia telah mendengar pamor turnamen ini dari beberapa pemain dan mengaku tak sabar untuk bermain di Hong Kong Golf Club.

Dengan kebijakan gratis menonton pada dua putaran awal, pihak panitia berharap memecahkan rekor pengunjung yang tahun lalu mencapai angka sekitar 46.000. Penyelenggaraan UBS Hong Kong Open ini sekaligus menjadi ajang olahraga yang paling konsisten dijalankan.

Head of UBS Wealth Management Greater China, yang sekaligus Country Head UBS Hong Kong Amy Lo mengungkapkan kebanggaan pihaknya untuk sekali lagi mendukung penyelenggaraan turnamen ini.

”Kami juga gembira menyambut Sergio Garcia untuk pertama kalinya. Dia menjadi pemain terkini dari daftar panjang pemain kelas dunia yang berpartisipasi pada turnamen prestisius ini selama lebih dari 59 tahun. Saya yakin kehadirannya akan meningkatkan minat publik untuk menyaksikan turnamen ini,” ujarnya.

Peter Lam, Ketua Hong Kong Tourism Board juga mengungkapkan nada yang sama dan menegaskan keyakinan pihaknya bahwa turnamen kali ini akan memperkaya portofolio kota Hong Kong dan menawarkan sebuah turnamen yang mendebarkan.

Sementara Kapten Hong Kong Golf Club Arnold Wong mengungkapkan kebanggaan bisa menyambut juara The Masters. Pihaknya juga berharap bisa kembali bekerja sama dengan semua mitra mereka untuk menghadirkan turnamen ini.

Presiden Hong Kong Golf Association Harald van Heel mengungkapkan, ”Sekali lagi kami merasa gembira bisa menggelar ajang nasional terbuka ini bersama sahabat-sahabat kami dari European Tour dan Asian Tour dan sangat menyambut kebijakan menggratiskan menyaksikan turnamen dalam dua putaran awal. Inisiatif seperti ini sangat penting untuk memikat generasi golf baru termasuk para penggemar golf. Kami berharap bisa melihat ribuan orang yang datang menyaksikan UBS Hong Kong Open bulan November mendatang.”