Pegolf Amerika Serikat Rickie Fowler berhasil mengatasi tantangan hari pertama US Open ketika berhasil bermain 7-under 65. Catatan ini sekaligus menjadi skor terendah yang pernah dibukukan oleh pegolf berusia 28 tahun ini dalam 30 kali mengikuti ajang Major.

Di tengah sejumlah kecaman terhadap penyelenggaraan US Open tahun ini, lantaran menyiapkan lapangan Erin Hills sebagai ajang yang cenderung menghukum para pegolf profesional, Fowler yang tengah mengincar Major pertama dalam karier profesionalnya justru berhasil menunjukkan bahwa lapangan di Wisconsin tersebut bisa ditaklukkan.

Salah satu faktor yang disebut-sebut mendukung Fowler bisa bermain sedemikian bagusnya ialah kondisi lapangan yang lebih empuk berkat curah hujan setinggi nyaris 2 inchi sejak awal pekan, plus angina yang tak terlalu menyulitkan.

Lapangan yang memecahkan rekor sebagai lapangan terpanjang yang menggelar sebuah Major dengan total 7.845 yard, ini menjalani debutnya sebagai tuan rumah turnamen Major kedua pada tahun ini.

Meskipun banyak yang mencela set-up lapangan yang demikian, pegolf asal Inggris Paul Casey, yang pada akhir putaran pertama berada satu stroke di belakang Fowler mengungkapkan, ”Jelas saya lebih suka lapangan yang memberi peluang birdie. Tapi saya kira lapangan ini (Erin Hills) sangat spektakuler. Ada nuansa British Open di sini. Tapi jelas akan bertambah sulit jelang akhir pecan.”

Fowler yang mengawali putaran awalnya dengan berada satu grup bersama jagoan asal Jepang Hideki Matsuyama dan pegolf Spanyol Jon Rahm, berhasil mencatatkan empat birdie di sembilan hole pertamanya. Performanya terus berlanjut dengan menambahkan tiga birdie lagi di sembilan hole terakhir untuk mengawali turnamen ini dengan sangat meyakinkan.

”Anda tak sering mendapatkan putaran US Open yang bebas stress. Saya hanya berhasil melakukan pekerjaan saya dengan baik dan saya tahu kalau saya mesti melakukan pukulan drive yang baik. Dan dari sana, saya hanya berusaha mempertahankan memukul dan melakukan swing dengan baik, melakukan pukulan yang baik dan memasukkan beberapa putt.

”Ada banyak pemain bagus yang bermain di sini dan belum pernah menjuarai Major. Jadi, bakalan bagus kalau bisa melakukan pencapaian itu. Bukan berarti saya berkata ini saatnya atau ini belum saatnya. Tapi saya suka bagaimana lapangan ini sesuai dengan permainan saya,” sambung Fowler.

Statistik Fowler memang sangat bagus pada hari pertama. Ia memukul 12 dari 14 fairway dan 15 green. Ia juga mencatat birdie di semua hole par 5.

Sementara itu, Dustin Johnson sang juara bertahan harus puas mengakhiri putaran pertama dengan 3-over. Adapun Rory McIlroy juga bermain over dengan skor 78.