Pegolf wanita asal China Feng Shanshan sukses meraih dua gelar berturut-turut setelah kemarin (6/11) akhirnya berhasil menjuarai Toto Japan Classic di Taiheiyo Club Minori Course, Ibaraki, Jepang.

Kemenangannya ini melanjutkan keberhasilannya menjuarai turnamen Sime Darby LPGA Malaysia yang digelar persis sepekan sebelumnya. Gelar ini juga menjadi gelar LPGA yang keenam dalam kariernya.

Meskipun mengawali putaran final kemarin dengan skor 11-under, Feng harus berjuang keras sampai bisa meraih birdie pertamanya di hole 9. Ia masih mendapatkan tiga birdie lagi di sembilan hole terakhirnya di hole 10, 11, dan 17, namun harus mengakhiri putaran finalnya dengan double bogey di hole terakhir.

Walaupun harus mengakhiri dengan double bogey, catatan akhirnya 13-under 203 sudah cukup untuknya kembali mengangkat trofi untuk kedua kalinya dalam dua pekan. Ia berhasil unggul dari pegolf asal Korea Selatan, Jang Hana yang kemarin mencatatkan total skor 12-under 204.

”Sebelum pekan ini, saya sudah menang 16 kali sebagai pemain profesional, tapi belum pernah menang dua kali berturut-turut,” ujar Feng.

Feng mengaku, saat memasuki hole terakhir ia tanpa sengaja melihat papan klasemen. Hal ini cukup memengaruhi permainannya sehingga akhirnya mendapat double bogey di hole terakhir.

”Drive saya kemudian mengarah ke kiri dan saya berhasil memukul ke green pada pukulan ketiga dan saya mengira bakal melakukan dua putt dengan mudah. Tapi saya malah memukul terlalu keras dan pada putt kedua saya meleset dan menyisakan jarak 3 kaki dan saya bilang ’inilah saatnya’. Saya tak mau kehilangan peluang dengan mendapat triple bogey di hole terakhir, tapi akhirnya saya berhasil juga dan rasanya benar-benar lega.”

Keberhasilan ini membuat Feng berpeluang memperbaiki posisinya di Rolex Rankings dari peringat ke-8 menjadi peringkat ke-6. Ia juga menjadi pegolf wanita ketiga setelah Lydia Ko dan Ariya Jutanugarn yang berhasil memenangkan dua gelar berturut-turut pada musim 2016 ini.

Empat pemain lainnya, Kotone Hori, Ryu So-yeon, Kang Soo-yun, dan juara tahun lalu Ahn Sun-ju berada di tempat ketiga. Keempatnya mencatatkan total skor 10-under 206.