Pegolf asal China Feng Shanshan berhasil menjuarai TOTO Japan Classic pada putaran final yang berlangsung di Taiheiyo Club Minori Course, Ibaraki, Jepang. Pegolf asal Guangzhou, China ini membukukan total skor 19-under 197.

Feng menjalani putaran final kemarin (5/11) dengan membukukan dua birdie dan dua bogey di empat hole pertamanya. Ia kembali mencatatkan birdie di hole 8 untuk mengakhiri sembilan hole pertama dengan 1-under. Ia memastikan kemenangannya dengan tambahan tiga birdie lagi di hole 12, 13, dan 17 dan unggul dua stroke dari Ai Suzuki yang bermain 17-under 199.

”Sebelum memulai putaran ini, saya berkata pada diri sendiri agar tidak melihat skor-skor lainnya dan bermain 21-under. Saya main sangat bagus dan merasa bangga dan gembira bisa main bagus di Asia, sebagai pemain Asia,” tutur Feng.

Dengan keberhasilannya ini, Feng sukses menjadi pegolf pertama yang berhasil mempertahankan gelar LPGA pada musim 2017 ini. TOTO Japan Classic ini juga merupakan gelar LPGA kedelapan dalam karier profesionalnya.

Pegolf yang juga meraih medali perunggu pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini juga menjadi pegolf keempat dalam sejarah TOTO Japan Classic yang sukses mempertahankan gelarnya. Sebelumnya, Annika Sorenstam (2001-2005), Ko Woo-soon (1994, 1995), dan Betsky King (1992, 1993) telah melakukannya.

Sepanjang pekan itu, Feng mendapat banyak dukungan dari para penonton berkat prestasinya menjuarai enam turnamen JLPGA. Tak heran jika kemudian ia merasa nyaman memainkan tiga putaran dan kemudian menuntaskannya dengan meraih gelar juara.

LPGA Tour musim ini hanya menyisakan dua turnamen lagi. Pekan ini akan berlangsung Blue Bay LPGA di Hainan, China, dan akan dilanjutkan dengan turnamen pamungkas CME Group Tour Championship di Naples, Florida, AS sebagai turnamen terakhir dari rangkaian Race to CME Globe.

Saat ini pegolf Amerika Serikat Lexi Thompson memimpin Race to CME Globe dengan perolehan 3.304 poin. Pegolf asal Korea Selatan Ryu So-yeon berada di belakangnya dengan 3.064 poin. Pegolf Korea lainnya, Park Sang Hyun ada di tempat ketiga dengan perolehan 3.029 poin. Feng Shanshan sendiri berada di peringkat kelima dengan 2.647 poin, 138 poin di belakang Brooke Henderson.