Fadhli Rahman Soetarso dan Inez Beatrice Wanamarta berhasil menjuarai Kejuaraan Nasional Golf Amatir Indonesia 2016 (Kejurnas) yang diadakan di Gading Raya Golf Club, Tangerang kemarin (29/7). Fadhli berhasil menjadi yang terbaik setelah dalam empat putaran berhasil mencatatkan total skor 7-under 281. Adapun Inez bermain dengan total skor 1-under 287.

Fadhli yang saat ini tengah menjalani kuliah di University of Kentucky, Amerika Serikat, memastikan kemenangannya itu setelah pada putaran akhir mencatatkan skor even par 72 untuk mengungguli pesaing terdekatnya, Adrian Halimi, dengan 3 stroke.

Ia menyebut permainannya pada hari kedua, ketika berhasil mencatatkan skor 5-under 67 menjadi salah satu momentum yang ikut membantunya memenangkan kejuaraan ini.

”Saya berlatih sekeras mungkin dalam beberapa pekan terakhir dengan pelatih saya, David Milne, di National Golf Institute,” tutur Fadhli. ”Tiap kali bisa menang seperti ini pasti akan memberi percaya diri, terutama ketika kita sedang melatih beberapa hal.”

Dari sisi mental, Fadhli juga memberi kredit kepada David Milne dan Lawrie Montague dari NGI yang selama ini memang banyak membantunya. Selain itu, ia juga melakukan pendekatan Neuro Linguistic Programe (NLP) yang membuatnya membantu lebih fokus, dan tidak memikirkan tiap pukulan terlalu banyak.

Sementara itu, Inez Beatrice Wanamarta berhasil mewujudkan keinginannya membawa pulang trofi bergilir setelah pada hari terakhir kemarin mencatatkan skor terendah untuk kategori Putri dengan catatan 5-under 67.

Meski demikian, ia memang harus berjuang keras untuk mewujudkannya, terutama pada dua putaran pertama ketika ia harus bermain dalam kondisi yang kurang prima lantaran gangguan pencernaan.

”Pada dua putaran pertama, saya memang tetap berusaha, tapi tidak untuk mendapatkan skor yang bagus, tapi hanya fokus untuk bisa menyelesaikan putaran. Sangat sulit bermain 18 hole ketika ada yang kurang beres dengan perut kita,” tuturnya.

Pada putaran akhir, Inez mengakui adrenalinnya malah meningkat dan berhasil melakukan titik balik permainan di sembilan hole terakhir. Ia mencatatkan 4 birdie di hole 10, 14, 16, dan hole terakhir yang makin membuat jaraknya dengan Ida Ayu Indira Melati makin jauh dan memastikan trofi juara jatuh ke tangannya.

”Pertama kali ke sini, saya melihat trofi juara itu dan saya langsung menginginkannya karena kelihatan sangat bagus,” ujar Inez puas.

Pada kategori beregu putra, Tim DKI Jakarta I yang beranggotakan Clement Kurniawan, Elki Kow, dan M. Rifqi Alam Ramadhan berhasil memenangkan kategori ini setelah mengumpulkan total skor 571, mengungguli Tim Banten yang hanya mencatatkan skor 574.

Adapun kategori beregu putri dimenangkan oleh Tim Jatim yang diwakili oleh Inez Beatrice Wanamarta, Nanda Winnet Soraya, dan Tiana Ivanka Porwanto. Mereka berhasil mencatatkan skor 595, lebih baik dari Tim Jabar yang bermain dengan skor 600.