European Tour dan European Challenge Tour segera melanjutkan kompetisi di Austria.

Austrian Open di Diamond Country Club pada 9-12 Juli mendatang akan menandakan kembalinya Road to Mallorca dari Challenge Tour. Turnamen ini menjadi ajang pertama menyusul jeda lima bulan akibat pandemi virus corona.

Turnamen ini akan disambung dengan ajang Euram Bank Open di Golf Club Adamstal, yang masih berada pada jadwalnya yang semula. Hanya saja, turnamen ini akan dimulai sehari lebih awal, mulai Rabu, 15 Juli sampai Sabtu, 18 Juli.

Kedua turnamen ini akan memperebutkan total hadiah sebesar €500.000 dan akan menjadi dua turnamen dengan ranking ganda, bersama European Tour. Sepekan kemudian, Betfred British Masters hosted by Lee Westwood akan menjadi turnamen ranking European Tour. Ajang ini akan dimainkan di Close House pada 22-25 Juli.

Bagi Euram Bank Open, penyelenggaraan tahun ini akan menjadi yang ketiga kalinya secara berturut-turut sebagai bagian dari kalender Challenge Tour. Dua edisi sebelumnya dimenangkan oleh Darius van Driel asal Belanda (2018) dan Callum Hill dari Skotlandia (2019).

Kepala Challenge Tour Jamie Hodges mengaku puas dengan pengumuman kelanjutan Challenge Tour lewat kedua turnamen di Austria tersebut, apalagi keduanya akan diperhitungkan sebagai bagian dari ranking European Tour dan Challenge Tour. Artinya, hadiah uang yang dimenangkan pada kedua turnamen tersebut akan diperhitungkan ke dalam Race to Dubai pada European Tour dan Race to Mallorca pada Challenge Tour.

“Pendekatan kami yang terukur untuk musim 2020 mengacu pada European Tour dan kami telah menyampaikan bahwa tiap langkah akan mengikuti Strategi Kesehatan Medis, yang dipimpin oleh Kepala Petugas Medis Dr. Andrew Murray. Semua ini akan dijalankan sesuai saran keselamatan individu dari pemerintah.

“Sebagian dari strategi ini ialah bermain, sebisa mungkin, dalam satu wilayah.”  — Dr. Andrew Murray, Kepala Petugas Medis European Tour.

“Sebagian dari strategi ini ialah bermain, sebisa mungkin, dalam satu wilayah. Jadi, kami sangat bersyukur kepada Federasi Golf Austria dan kedua tuan rumah, Diamond Country Club dan Golf Club Adamstal, untuk dukungan mereka sehingga ajang ini bisa segera terwujud.”

Hodges juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengikuti panduan Strategi Kesehatan Medis European Tour dan akan segera mengumumkan detail untuk rangkaian turnamen Challenge Tour 2020.

Ranking Ganda demi Peluang Bermain
Sementara itu, Deputi Kepala Pelaksana European Tour Ben Cowen mengungkapkan keputusan untuk memberlakukan ranking ganda pada kedua turnamen di Austria itu dimaksudkan untuk memberi kesempatan bermain bagi para anggota mereka, menyusul periode tanpa aktivitas sejak bulan Maret.

“Kami ikut berterima kasih kepada Diamond Country Club dan Golf Club Adamstal, juga kepada Federasi Golf Austria untuk dukungan mereka. Kami tak sabar bisa segera mengunjungi Austria sebelum jadwal penuh European Tour kembali dimulai pada ajang Betfred British Masters di Close House, sepekan kemudian.”

Bagi Diamond Country Club yang berada di Atzenbrugg, penyelenggaraan turnamen di tempat mereka bakal melengkapi momen perayaan sepuluh tahun bekerja sama dengan European Tour. Lapangan ini sendiri memiliki sejarah yang tak kalah istimewanya berkat perannya sebagai tuan rumah pada sejumlah turnamen. Salah satunya ialah turnamen yang digelar sepuluh tahun lalu, dengan persiapan yang sangat singkat. Lalu dua tahun lalu, mereka juga menjadi tuan rumah turnamen Shot Clock pertama di dunia.

“Kami sangat menikmati kepercayaan dari pihak-pihak yang bertanggung jawab dari European Tour,” ujar Christian Guzy, Presiden Diamond Country Club.

“Lantaran krisis virus corona tahun ini, ajang kali ini juga dilangsungkan dalam kondisi yang sangat spesial. Ada regulasi resmi yang harus kami taati dengan serius. Meski begitu, kami ingin menggelar turnamen ini semaksimal mungkin bagi Tour dan parap emain. Saya juga ingin berterima kasih kepada para penentu kebijakan politik di Austria, yang perhitungannya tetlah memberi kontribusi besar untuk memastikan golf menjadi salah satu olahraga pertama yang bisa kembali dilangsungkan. Turnamen ini akan mengekspos tak hanya Austria, tapi juga negara bagian yang lebih kecil lagi.”

“…, kembalinya kompetisi akan menjadi pertanda yang positi.” — Dr. Peter Enzinger, Presiden Federasi Golf Austria.

Perasaan senada juga turut disampaikan oleh Presiden Golf Club Adamstal Franz Wittmann. Ia menilai kepastian dua turnamen ini akan menjadikan Austria sebagai pionir kompetisi golf kelas internasional di Eropa menyusul kekhawatiran yang merebak selama krisis virus corona.

“Langkah ini bisa disandingkan dengan Formula 1, mengingat Austria juga akan menggelar dua balapan pertana secara beruntun. Ada rasa bangga akan kedua hal tersebut. Saya berharap dimulainya kembali kompetisi ini akan memberi tanda yang signifikan untuk kembalinya golf. Bagi secara pribadi, saya berharap, ada banyak pegolf Austria yang bisa terwakili di papan klasemen kedua turnamen ini,” tutur Wittmann.

Langkah Penting bagi Golf
Mengingat kembalinya kompetisi di Amerika, keputusan untuk memulai kembali musim 2020 di Eropa ini juga dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting. Tak heran jika kemudian Dr. Peter Enzinger, Presiden Federasi Golf Austria merasa perlu untuk ikut mendukung kedua turnamen di negerinya.

“Terutama pada masa-masa yang sulit diperkirakan seperti sekarang, kembalinya kompetisi akan menjadi pertanda yang positif dan menjadi pencapaian tersendiri bagi golf di Austria ketika European Tour dan Challenge Tour melanjutkan musim mereka di Austria. Dengan tekanan waktu yang ada, pencapaian ini takkan mudah, tapi kerja sama antara European Tour dan Kementerian Olahraga Austria selama proses persiapan ini telah berlangsung dengan mengagumkan dan sukses,” papar Enzinger.

“Kami sangat menantikan untuk menggelar kedua turnamen ini. Dan sekali lagi Golf Club Adamstal dan Diamond Country Club, bersama Federasi Golf Austria, akan menjadi tuan rumah yang sempurna bagi European Tour dan seluruh mitranya.”

Kelanjutan Challenge Tour di Austria ini berjarak lima bulan setelah Christian Bezuidenhout menjuarai Dimension Data Pro-Am yang mengakhiri tiga pekan di Afrika Selatan pada awal musim 2020. Kemenangan Bezuidenhout bulan Februari itu menyusul kemenangan J.C. Ritchie, yang juga pegolf Afrika Selatan, yang menjuarai Limpopo Championship di Euphoria Golf Club. Setelah itu, pegolf Swedia Anton Karlsson menjuarai RAM Cape Town Open di Royal Cape Golf Club.

Bagi European Tour, kedua turnamen ini bakal mengawali kembalinya musim kompetisi penuh mereka pada Betfred British Masters di Close House, yang menjadi pembuka dari UK Swing selama enam pekan. Lima turnamen lainnya ialah English Open di Marriott Forest of Arden, English Championship di Marriott Hanbury Manor, Celtic Classic dan Wales Open di The Celtic Manor Resort dan UK Championship di The Belfry.