Enam pegolf paling berprospek dari Asian Tour bakal mengawali kampanye mereka pada ajang U.S. Open beberapa saat lagi. Mereka bakal menikmati kejuaraan Major ketiga yang untuk keenam kalinya diselenggarakan di Pebble Beach Golf Links.

Pegolf Thailand, Kiradech Aphibarnrat, yang kini berperingkat 46 di dunia, bakal mengibarkan bendera Asia bersama sesama anggota Asian Tour lainnya, seperti Anirban Lahiri asal India, duo Jepang Kodai Ichihara dan Mikumu Horikawa, serta pegolf Afrika Selatan yang juga juara Indonesia Open 2018 Justin Harding dan pegolf Australia Marcus Fraser.

Kiradech, Juara Order of Merit Asian Tour 2013 akan melakoni penampilan ketiganya pada kejuaraan Major ini. Tahun lalu ia menorehkan prestasi mengagumkan dengan finis sendirian di peringkat 15. Prestasi ini menjadi pencapaoan pencapaian terbaiknya dalam partisipasinya pada ajang Major.

Sebagai pegolf Thailand pertama yang meraih keanggotaan penuh pada PGA TOUR untuk musim 2018-2019, Kiradech telah dua kali finis di lima besar. Ia juga kini mengusung optimisme yang sangat tinggi dengan menemukan kembali permainan terbaiknya.

“(Musim perdana pada PGA TOUR ini) merupakan pelajaran yang sangat besar bagi saya, dan saya rasa saya bisa melakoninya dengan lebih baik lagi. Saya berusaha untuk mencapai performa terbaik saya dengan berlatih keras dan main bagus. Semoga saja saya bisa segera meraih kemenangan dalam waktu dekat,” ujar Kiradech.

Justin Harding berharap bisa menampilkan konsistensi permainan yang membantunya finis T12 pada Masters Tournament bulan April 2019 lalu. Foto: Asian Tour.

Seperti halnya Kiradech, Lahiri juga merupakan Juara Order of Merit Asian Tour, setelah menjuarai gelar prestisius ini pada tahun 2015 silam. Ia berhasil memastikan tempatnya untuk kembali berlaga pada U.S. Open setelah menempuk kualifikasi seksional di Columbus, Ohio pekan lalu.

Dalam dua penampilannya terdahulu, yaitu pada tahun 2015 dan 2016, Lahiri gagal lolos cut. Namun, kini ia bertekad untuk mencatatkan penampilan yang jauh lebih baik lagi. Dari keempat ajang Major yang telah ia ikuti, hanya U.S. Open saja yang belum pernah ia nikmati selama empat putaran.

“Rasanya tidak enak hanya menonton Major dari rumah, jadi partisipasi kali ini bakal memberi perspektif baru. Bisa dibilang saya sangat lapar untuk bisa main bagus pada kejuaraan-kejuaraan besar. Saya tak sabar untuk segera bermain di Pebble Beach,” tutur Lahiri.

Sementara itu, pemegang dua gelar Asian Tour asal Afrika Selatan, Justin Harding, juga berharap bisa menampilkan konsistensi permainan yang telah membawanya finis T12 pada Masters Tournament bulan April silam.

Harding secara mengagumkan melakoni debut yang luar biasa pada kancah Asian Tour pada musim 2018 lalu. Kala itu ia menjuarai Indonesia Open dan Royal Cup, yang merupakan dua turnamen pertama yang ia mainkan di Asia.

Juara Order of Merit Asian Tour 2015 Anirban Lahiri menempuh jalur panjang untuk kembali ke U.S. Open, satu-satunya ajang Major yang belum pernah ia mainkan selama empat putaran. Foto: Asian Tour

“Saya telah menunjukkan konsistensi yang lebih baik dalam permainan saya dan secara mental saya juga sudah sedikit lebih baik. Bisa dibilang saya tidak bakal menikmati pasang-surut secara emisional,” tuturnya.

“Tapi hal itu juga lantaran saya tidak benar-benar memasang pola pikir agresif yang sebelumnya saya miliki. Saya berusaha untuk sedikit lebih cerdas di lapangan dan meminimalisasi kesalahan.”

Bagi pegolf Australia Marcus Fraser, U.S. Open kali ini merupakan keikutsertaan keempat baginya. Sebelumnya ia telah tampil pada 2007, 2013, dan 2015. Sementara itu, Kodai Ichihara dan Mikumu Horikawa bakal melakoni debutnya pada ajang Major ini.

Hingga saat ini, satu-satunya prestasi terbaik yang pernah dibukukan oleh pegolf Asia ditorehkan oleh pegolf China Taipei. Chen Tze-chung berhasil finis T2 pada U.S. Open 1985, yang digelar di Oakland Hills Country Club. Bahkan ia sempat memimpin klasemen pada akhir hari ketiga, sebelum akhirnya Andy North meraih gelar U.S. Open keduanya.

Sebesar 50% dari hadiah uang yang diraih oleh para anggota Asian Tour di Pebble Beach pekan ini akan disertakan dalam perburuan gelar Order of Merit tahun ini.

Leave a comment