Hideki Matsuyama, Im Sungjae, Shugo Imahira, dan Ryo Ishikawa menjadi empat pegolf Asia yang melanjutkan asa pada akhir pekan di Winged Foot Golf Club.

Hideki Matsuyama masih menunjukkan kapasitasnya sebagai pegolf terbaik Asia. Bermain di Winged Foot Golf Club yang terkenal brutal, ia berhasil memperbaiki permainannya pada putaran kedua U.S. Open ke-120 pekan ini dengan membukukan skor 1-under 69. Meski dengan total even par, pada akhir putaran kedua Matsuyama berhasil menembus sepuluh besar untuk memulai persaingan pada hari ketiga.

Matsuyama, yang bermain dengan Patrick Reed dan Jordan Spieth, hanya membutuhkan total 27 putt untuk mencatatkan 3 birdie dengan 2 bogey pada putaran kedua. Dengan skor total 140, pemegang lima gelar PGA TOUR ini kini berada di posisi T7 dan hanya berjarak empat stroke dari Reed, yang kini memimpin dengan skor total 4-under 136.

Selama ini Matsuyama kerap menekankan pentingnya bersabar, terutama dalam hal meraih kemenangan. Dan Winged Foot jelas memaksanya untuk bersikap demikian setelah pada delapan hole pertamanya ia tak kunjung mendapatkan birdie. Bahkan ia harus mendapat bogey di hole 18. Namun, di sembilan hole berikutnya, Matsuyama menuai buah kesabarannya dengan menorehkan tiga birdie, termasuk di dua hole terakhirnya, dengan tambahan bogey di hole 11.

Birdie yang ia bukukan di hole 1 jelas patut menjadi sorotan. Setelah pukulan tee-nya masuk ke rough sisi kiri fairway, Matsuyama mencatatkan birdie pertamanya lewat chipping dari luar green dan memanfaatkan slope di bagian belakang green.

”Itu salah satu birdie yang tak bakal sering terjadi. Saya tidak menempatkan bola dengan baik, dan sebenarnya saya bisa saya melakukan putting, tapi saya pikir, saya mau coba menggunakan bagian belakang green, dan ternyata bolanya berhasil masuk,” tutur Matsuyama.

”Angin membuat green menjadi kering. Tak hanya membuatnya menjadi kering, tapi juga membuat green menjadi lebih licin dan lebih sulit untuk melakukan putt, dan itulah tantangan hari ini.”

Sementara itu, setelah sempat bermain even par 70 pada hari pertama, Im Sungjae harus mengakhiri putaran kedua dengan skor 75. Seperti halnya Matsuyama, ia juga memulai hari kedua dari hole 10. Im sebenarnya mencatatkan 2-under di sembilan hole kedua di Winged Foot pada putaran pertama. Namun, kali ini ia kurang berhasil memanfaatkan kondisi lapangan pada pagi hari.

Setelah mencatatkan 2 bogey, satu double bogey, dan hanya satu birdie di sembilan hole pertamanya, Im mendapat hanya satu birdie lagi di sembilan hole berikutnya, dengan tambahan 3 bogey. Skor total 145 kini menempatkannya sebagai salah satu penghuni peringkat 33.

 

 

Adapun bagi Shugo Imahira, apa pun hasilnya pada hari Minggu (20/9) nanti, ia sudah memastikan mencatatkan prestasi terbaiknya selama mengikuti ajang Major ini. Inilah pertama kalinya ia menembus putaran akhir pekan pada ajang U.S. Open, bahkan dalam seluruh partisipasinya dalam kejuaraan Major.

Sebelum di Winged Foot pada pekan ini, pegolf Jepang yang sempat bermain pada Indonesian Masters 2018 ini telah dua kali tampil pada kejuaraan Major besutan USGA ini. Dalam debutnya di Erin Hills tahun 2017, Imahira mencatatkan skor 76 dan 73 sehingga harus pulang lebih awal. Sedangkan di Pebble Beach tahun lalu, dua skor 75 juga harus membuatnya gagal lolos cut.

Skor 71 dan 74 yang ia bukukan pada pekan ini untuk sementara menempatkan Imahira di peringkat yang sama dengan Im, yaitu T33, setelah mencatatkan 2 birdie dengan 6 bogey pada putaran kedua. Catata ini sekaligus memastikan pemegang 6 gelar Japan Golf Tour ini bermain pada akhir pekan untuk pertama kalinya dari total delapan partisipasinya dalam ajang Major.

Ishikawa melengkapi empat sekawan skuad Asia yang melangkah ke dua putaran terakhir. Meskipun tak mendapat birdie dan justru mendapat empat bogey, Ishikawa memastikan lolos ke putaran akhir pekan lantaran berada persis pada batas cut off dengan 6-over. Bersama 13 pegolf lainnya, termasuk dua pemenang Major Shane Lowry dan Jason Day, Ishikawa menempati peringkat 49.

U.S. Open kali ini menjadi U.S. Open pertama bagi Ishikawa setelah terakhir mengikutinya pada tahun 2015. Prestasi terbaiknya pada ajang Major ini ia peroleh pada tahun 2011 ketika berhasil finis T30.

Bagaimana Enam Wakil Lainnya Gagal Melangkah
An Byeonghun 71-76
Takumi Kanaya 72-75
Kim Siwoo 72-77
Jazz Janewattananond 73-77
Yu Chun An 70-80
Kang Sung 74-86

Tahukah Anda?
Patrick Reed memimpin U.S. Open setelah mencatatkan skor 66 dan 70 dalam dua putaran pertama. Namun, ia hanya 10 kali memukulkan bola ke fairway dalam total 36 hole yang ia mainkan. Angka ini adalah yang paling rendah yang pernah dicatatkan oleh seorang pimpinan klasemen pada ajang U.S. Open sejak 1983.

Untuk kedua kalinya dalam sejarah Major, Tiger Woods (73-77) dan Phil Mickelson (79-74) sama-sama gagal lolos cut. Sebelumnya, keduanya juga sama-sama gagal melangkah ke akhir pekan pada The Open 2019.

John Pak menjadi satu-satunya pegolf amatir yang berhasil lolos cut setelah mencatatkan skor 69 dan 76.