Empat pegolf papan atas menjadi anggota kehormatan The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews.

Empat nama besar yang juga merupakan para juara papan atas golf menerima undangan menjadi anggota kehormatan The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews. Dengan total 11 gelar Major yang mereka raih, Catriona Matthew OBE, Ernie Els, Padraig Harrington, dan Nick Price dipandang sebagai beberapa pegolf profesional yang paling sukses dan berpengaruh pada era modern. Mereka juga telah menjadi duta olahraga golf yang terpandang.

Matthew telah meraih 11 gelar profesional dalam kariernya. Kapten Solheim Cup Eropa ini meraih Player of the Year Ladies European Tour 2009 dan telah mewakili Tim Eropa dalam sembilan ajang Solheim Cup serta ikut membantu meraih tiga kemenangan. Terakhir pada tahun 2019 lalu ia memimpin Tim Eropa meraih kemenangan 14,5-13,5 di Gleneagles, di negerinya Skotlandia.

”Saya merasa sangat terhormat bisa menjadi Anggota Kehormatan pada The Royal and Ancient Golf Club dan merasa saya istimewa bisa berhabung dengan grup yang terkemuka ini. Mereka sendiri terdiri dari figur-figur terkenal dalam olahraga golf. Saya cukup beruntung sempat menjadi salah satu penerima Beasiswa R&A pertama di University of Stirling, yang memberi kesempatan fantastis untuk mengembangkan karier saya sebagai pegolf muda. Club dan R&A telah melakukan banyak usaha untuk mengembangkan golf dan saya sangat mendukung pekerjaan mereka dalam mendukung golf wanita dan khususnya AIG Women’s Open,” tutur Matthew.

Sementara itu, pegolf Afrika Selatan Ernie Els telah memenangkan empat gelar Major. Dua di antaranya adalah The Open yang ia menangkan di Muirfield tahun 2002 dan Royal Lytham & St Annes tahun 2012. Selain itu ia juga mengemas dua kemenangan U.S. Open tahun 1994 dan 1997. Mantan pegolf No.1 Dunia ini telah menjuarai 73 gelar profesional di seluruh dunia dan telah mendirikan Ernie Els and Fancourt Foundation pada tahun 1999 untuk mendukung anak-anak dari keluarga yang terbatas agar bisa berkembang dalam golf. Ia juga ikut membantu perjalanan karier sejumlah pegolf muda.

”Sepanjang karier ini, saya selalu menghormati semua yang R&A sudah lakukan, mengelola peraturan dan melakukan hal-hal luar biasa untuk mendukung dan mempromosikan golf di setiap level di seluruh dunia. Jadi, bisa menjadi anggota kehormatan merupakan sesuatu yang akan saya hargai sepanjang hidup saya,” ujar Els.

”Catriona Matthew, Ernie Els, Padraig Harringtonn, dan Nick Price telah berbuat banyak untuk membantu mempromosikan golf di seluruh dunia dan pengakuan ini jelas sangatlah layak diberikan.” — Kapten The Royal and Ancient Golf Club Clive Edginton.

Harrington sendir imenjadi salah satu pegolf tersukses Eropa, yang telah dua kali menjuarai The Open tahun 2007 dan 2008. Ia juga menjuarai PGA Championship pada tahun 2008 itu. Dengan total 31 kemenangan profesional dan menjadi pegolf No.1 Eropa pada tahun 2006, pegolf Irlandia ini kini menjadi Kapten Tim Ryder Cup Eropa untuk tahun 2021, setelah sebelumnya mewakili Eropa dalam enam Ryder Cup dan menjadi wakil kapten dalam tiga kesempatan. Perannya sebagai duta bagi The R&A sejak 2011 juga telah membantu mendukung dan mempromosikan golf dalam berbagai kesempatan, termasuk dalam pelatihan dan inisiatif pendidikan soal Peraturan Golf.

”Sebagai duta R&A, saya sudah menyaksikan pekerjaan tak kenal lelah yang R&A lakukan di belakang layar di seluruh dunia, menjalankan tigas mengagumkan dalam mempromosikan dan mengembangkan golf. Golf menjadi bagian besar dalam hidup saya dan saya hidup berdasarkan tradisi, peraturan, dan etiketnya, jadi saya sangat bangga menjadi anggota dari klub yang sangat diakui ini dan merasa tersanjung bisa bergabung dengan nama-nama besar lainnya,” ujar Harrington, yang salah satu dari 31 gelarnya ia raih di Indonesia ketika menjuarai Indonesia Open 2014.

Nick Price sendiri merupakan salah satu figur yang populer. Pegolf asal Zimbabwe ini telah menjuarai tiga gelar Major—The Open pada 1994 dan PGA Championship pada 1992 dan 1994—serta menjadi No.1 Dunia selama 40 oekan. Selain mewakili Tim Internasional pada ajang Presidents Cup dalam lima kesempatan, ia juga menjadi sempat menjadi kapten dalam tiga edisi.

”Dulu saya tidak tahu siapa itu R&A, saya cuma tahu kalau mereka membuat peraturan dan menggelar The Open. Seiring waktu, saya mulai memahami betapa berharganya R&A bagi golf dna bagaimana mereka menata dan mengembangkan permainan yang kita cintai ini,” tutur Price.

Kapten The Royal and Ancient Golf Club Clive Edginton menyambut keempat anggota kehormatan baru ini. ”Mereka telah membedakan dirinya masing-masing dengan karier yang sukses dalam golf. Selain menjadi para juara besar, mereka juga telah menjadi anutan yang luar biasa bagi banyak pegolf muda, serta memiliki begitu banyak kualitas yang membuat mereka sangat istimewa bagi golf. Mereka juga telah berbuat banyak untuk membantu mempromosikan golf di seluruh dunia dan pengakuan ini jelas sangatlah layak diberikan,” ujarnya.