Xander Schauffele akan mempertahankan gelarnya dari Brooks Koepka, Dustin Johnson, Rory McIlroy, dan Justin Rose.

Perhelatan golf terbesar di Asia, World Golf Championships-HSBC Champions tahun ini bakal menyuguhkan pertandingan yang mungkin hanya bisa disaingi oleh ajang Major. Empat pegolf terbaik di dunia menurut Official World Golf Ranking dipastikan akan menjadikan edisi ke-15 kali ini sebagai sebuah tontonan wajib bagi para penggemar golf di Asia. Brooks Koepka, Dustin Johnson, Rory McIlroy, dan Justin Rose akan berusaha meraih kehormatan di Sheshan International Golf Club, pada 31 Oktober-3 November 2019.

Juara bertahan Xander Schauffele jelas akan menghadapi tantangan yang berat kali ini, namun ia tidak akan mudah goyah. Sejak menjuarai ajang ini pada tahun lalu, Schauffele telah menorehkan sejumlah prestasi. Selain menjuarai Sentry Tournament of Champions, ia juga finis di peringkat T2 pada Masters Tournament dan finis di tempat ketiga pada ajang U.S. Open bulan lalu.

Xander Schauffele akan menghadapi tantangan yang lebih besar pada tahun ini ketika mempertahankan gelar WGC-HSBC Champions dengan kehadiran empat pegolf teratas dunia. Foto: Getty Images.

Tahun lalu, pegolf Amerika ini ditemani oleh ibunya, yang memang mampu berbahasa Mandarin, ketika bermain di Shanghai. Sejak kemenangannya itu, Schauffele kini telah menjadi salah satu pegolf papan atas dengan kini berpeirngkat 9 dunia.

“Menjuarai World Golf Championships pertama saya pada HSBC Champions tahun lalu di depan keluarga saya jelas sangat mengagumkan! Bermain menghadapi para pegolf kelas dunia benar-benar membangkitkan kepercayaan diri untuk mengetahui bahwa saya bisa mengatasi momen-momen yang memberi tekanan besar, jadi saya tak sabar untuk berusaha mempertahankan gelar saya di Shanghai beberapa bulan lagi. Ketangguhan para peserta tahun lalu saja sudah luar biasa, tapi saya pikir tahun ini bakal lebih tangguh lagi setelah empat pemain teratas dunia dipastikan bakal hadir di sana,” ujar Schauffele.

Pegolf No.1 dunia, Koepka, bakal hadir dengan koleksi empat Major setelah berhasil mempertahankan gelar U.S. PGA Championship. Ia juga finis di tempat kedua pada Masters Tournament dan U.S. Open. Rangkaian prestasinya belakangan ini menunjukkan bahwa ia tengah berada di puncak permainannya.

“Saya senang bisa mengonfirmasi kembalinya saya ke Shanghai untuk bermain pada ajang terbesar di Asia. Tahun 2017 saya finis T2 di Sheshan, jadi saya sudah mengetahui lapangannya dengan sangat baik. Saya suka aura dan energi yang dihadirkan oleh para penonton di China tiap tahunnya. Saya pikir perubahan jadwal dengan ajang Major telah membuat WGC-HSBC Champions bahkan menjadi lebih penting lagi bagi kami pada tahun ini. Dengan tak adanya ajang Major setelah bulan Juli, semua orang akan menargetkan menjuarai World Golf Championships terakhir pada tahun ini,” papar Koepka.

Rory McIlroy yang kini berperingkat 3 dunia akan berusaha menambah koleksi gelar juara untuk tahun ini setelah sebelumnya menjuarai THE PLAYERS Championship dan RBC Canadian Open. Foto: Getty Images.

Adapun pegolf No.3 dunia Rory McIlroy tahun ini telah menjuarai dua ajang PGA TOUR, termasuk THE PLAYERS Championship. Ia juga tiga kali finis di peringkat lima dan jelas berniat menambah koleksi trofinya. Sedangkan No.4 dunia, Justin Rose, yang juga menjuarai turnamen ini pada edisi 2017, telah melengkapi raihan sepuluh gelar PGA TOUR pada tahun ini dengan menjuarai Farmers Insurance Open.

Tiket untuk gelaran ke-15 ini telah mulai dijual sejak 3 Juli 2019 kemarin. Dengan kepastian hadirnya keempat pegolf teratas dunia tersebut, turnamen ini dipastikan menjadi turnamen wajib bagi para pegolf papan atas dunia. Hadiah uang yang diperebutkan pun kini telah meningkat menjadi US$10,25 juta.

Leave a comment