Kapten Tim Internasional Presidents Cup Ernie Els mengumumkan empat pemain terakhir, melengkapi 12 anggota Tim Internasional menghadapi Tim Amerika Serikat di Royal Melbourne.

Sekitar sebulan menjelang penyelenggaraan edisi ke-13 Presidents Cup di The Royal Melbourne Golf Club, Australia, Kapten Tim Internasional Ernie Els akhirnya secara resmi mengumumkan empat pemain pilihan melengkapi 12 anggota untuk timnya. Keempat pemain ini ialah Jason Day (Australia), Adam Hadwin (Kanada), Im Sungjae (Korea), dan Joaquin Niemann (Chile).

Presidents Cup kali ini akan menjadi yang ketiga kalinya dimainkan di The Royal Melbourne Golf Club, mulai 9-15 Desember 2019 dengan mempertemukan Tim Internasional yang dipimpin Ernie Els dan Tim Amerika Serikat di bawah pimpinan Tiger Woods.

Edisi kali ini juga menjadi sejarah tersendiri karena untuk pertama kalinya, masing-masing kapten memilih empat pemain tambahan, dan bukan dua seperti edisi sebelumnya.

Bagi Els, empat pilihan terakhir memberikan corak warna internasional yang lebih kental ketimbang Tim Internasional terdahulu. Kali ini, anggota tim berasal dari negara Australia, Chile, China, China Taipei, Jepang, Korea, Meksiko, dan Afrika Selatan. Dan untuk pertama kalinya pegolf dari China, China Taipei, Meksiko, dan Chile ikut berpartisipasi. Pihak tuan rumah sendiri menempatkan empat wakilnya: Marc Leishman, Cameron Smith, Adam Scott, dan Jason Day.

“Saya ingin berterima kasih kepada Ernie, yang mempercayai saya, dan saya tak sabar untuk bertemu dengan seluruh anggota tim di Australia,” ujar Day. “Semoga mayoritas anggota tim bisa bermain pada Australian Open juga, tapi senang sekali bisa menjadi salah satu pilihan kapten, dan saya tak sabar untuk bisa segera kembali ke Australia dan bermain di sana.”

 

Els menilai catatan prestasi Day, dan fakta bahwa ia merupakan salah satu pemain tuan rumah, menjadi faktor kuat untuk membantu Tim Internasional menghadapi Tim AS. “Dia memiliki tahun yang solid dan akan membawa bekal penting untuk tim. Dia akan menghadirkan kepemimpinan dan banyak pengalaman untuk tim, dan jelas dia akan menghadirkan dukungan tuan rumah!” tegas Els.

Hadwin sendiri juga sangat gembira atas keberhasilannya bisa masuk tim. Ini menjadi partisipasi keduanya secara berturut-turut pada ajang Presidents Cup. Lima kali masuk 10 besar pada PGA TOUR musim 2018-2019, dan akhirnya meyakinkan Els untuk memilihnya setelah menjadi runner-up pada Safeway Open, ajang awal musim 2019-2020. Ia kemudian finis T4 pada Shriners Hospitals for Children Open.

Ia menjadi satu dari hanya tiga pemain Kanada yang bermain pada Presidents Cup. Dua pemain lainnya ialah Mike Weir (2000, 2003, 2005, 2007, 2009), yang tahun ini menjadi salah satu asisten kapten, dan Graham DeLaet (2013).

“Dengan Presidents Cup yang segera digelar dan saya mulai bermain dengan baik lagi, saya merasa lapar untuk kesempatan kedua ini. Seperti itulah kontribusi yang ingin saya berikan untuk Presidents Cup kali ini!” tegas Hadwin.

Sementara itu, performa mengagumkan Im Sungjae pada PGA TOUR musim 2018-2019 memang membuat Els tak mungkin tak menyertakan PGA TOUR Rookie of the Year 2019 ini. Dari 35 turnamen yang ia ikuti, Im bisa 16 kali finis di jajaran 25 besar, bahkan menjadi satu-satunya pemain debutan yang menembus TOUR Championship tahun ini.

Pada awal musim 2019-2020, performanya juga terus solid. Ia finis runner-up pada Sanderson Farms Championship, lalu finis T3 pada ZOZO CHAMPIONSHIP.

Mantan pegolf amatir No.1 dunia asal Chile Joaquin Niemann yakin terpilihnya dirinya untuk bertanding pada Presidents Cup akan kian memopulerkan golf di Chile. Foto: Getty Images.

“Saya sudah memimpikan untuk bisa mengikuti Presidents Cup, jadi senang sekali bisa terpilih. Saya sangat ingin mengalahkan Tim AS!” tegas Im.

Adapun mantan pegolf amatir No.1 Dunia asal Chile, Joaquin Niemann mendapat kado hadiah istimewa ketika berulang tahun ke-21 kemarin (7/11). Penunjukan dirinya sebagai wakil Tim Internasional menjadikannya pegolf Amerika Latin keenam yang bermain pada Presidents Cup setelah Carlos Franco (Paraguay 1998, 2000), Angel Cabrera (Argentina 2005, 2007, 2009, 2013), Emiliano Grillo (Argentina 2017), Jhonattan Vegas (Venezuela 2017), dan Camilo Villegas (Colombia 2009).

Niemann meraih kartu PGA TOUR saat berusia 19 tahun dan menikmati musim penuh pertamanya pada PGA TOUR musim 2018-2019 dengan empat kali finis 10 besar dalam 28 turnamen. Ia juga menjuara turnamen pembuka musim 2019-2020.

“Keputusan ini sangat besar bagi negara saya dan Amerika Latin. Golf telah berkembang pesat di Chile dan kepastian saya masuk tim akan membantu anak-anak yang tumbuh dan mulai bermain golf. Saya tak sabar menuju Australia dan berharap menikmati pekan yang bagus,” tegasnya.

Skuad Tim Internasional Presidents Cup
Kapten

Ernie Els

Asisten Kapten
K.J. Choi, Trevor Immelman, Geoff Ogilvy, Mike Weir

Pemain
Hideki Matsuyama
Adam Scott
Louis Oosthuizen
Marc Leishman
Abraham Ancer
Li Haotong
Cameron Smith
C.T. Pan
Jason Day
Adam Hadwin
Im Sungjae
Joaquin Niemann