K.J. Choi, Trevor Immelman, dan Mike Weir bergabung dengan Geoff Ogilvy.

Kapten Tim Internasional untuk Presidents Cup Ernie Els mengumumkan tiga asisten tambahan baginya. Ia mengumumkan bergabungnya pegolf Korea Selatan K.J. Choi, rekan senegaranya asal Afrika Selatan Trevor Immelman, dan Mike Weir dari Kanada untuk menjadi tiga asisten untuk menghadapi Presidents Cup 2019 yang akan kembali digelar di The Royal Melbourne Golf Club, Australia pada 9-25 Desember 2019.

Bagi Choi, ini merupakan kali kedua ia menjadi asisten, setelah sebelumnya ia menjadi wakil kapten bagi Nick Price pada Presidents Cup 2015 yang dimainkan di Korea. Choi sendiri telah tiga kali menjadi bagian dari Tim Internasional (2003, 2007, 2011) dan mencatatkan rekor 6-8 dan menorehkan skor 3-2 ketika bermain di Royal Melbourne pada tahun 2011. Kala itu ia berpasangan dengan Ogilvy dan menjuarai partai Four Ball.

“Secara pribadi saya sangat gembira dan terhormat,” ujar Choi. “Anda membutuhkan kerja tim yang luar biasa untuk menjuarai Presidents Cup. Tugas kami sebagai asisten kaptenlah untuk mempersatukan para pemain dari berbagai latar kebangsaan dan memadukan mereka dengan baik. Tugas kamilah agar mereka bisa terbuka kepada kami dan membantu mengangkat tekanan yang mungkin mereka rasakan.”

Choi telah menikmati 20 gelar profesional, termasuk 8 gelar PGA TOUR, yang di antaranya ia raih dengan kemenangan playoff yang dramatis pada THE PLAYERS Championship 2011. Hingga saat ini, Choi dianggap sebagai salah satu pegolf tersukses di Asia dan sempat menghabiskan 40 pekan berada di jajaran 10 besar Official World Golf Ranking.

“Sebagai salah satu pegolf Asia tersukses di PGA TOUR, K.J. jelas memiliki respek di antara para pegolf muda dan saya yakin ia bakal menyemangati pemain kami di Royal Melbourne,” ujar Els. “K.J. memiliki pembawaan yang tenang, yang bakal menjadi aset yang sangat berharga bagi kami di ruangan tim dan di lapangan golf ketika pertarungan memanas. Saya akan mengandalkan K.J. untuk membagikan pengalamannya yang luas dengan tiga kali menjadi anggota Tim Internasional, termasuk sebagai asisten kapten saat kami memetakan strategi ketika mengikuti kompetisi ini.”

Trevor Immelman sempat menjadi Kapten Tim Internasional pada Junior Presidents Cup 2017. Foto: Getty Images.

Els juga menyertakan rekan senegaranya, Immelman untuk melakoni debut sebagai asisten kapten. Tugas ini jelas menambah resume bagi Immelman, yang sudah bermain dalam dua Presidents Cup, yaitu pada 2005 dan 2007. Pada tahun 2007, ia juga tampil bersama Els. Lalu pada edisi 2017, untuk pertama kalinya Immelman menjadi Kapten Tim Internasional untuk Junior Presidents Cup, yang diselenggarakan untuk pertama kalinya di Plainfield Country Club, beberapa hari sebelum Presidents Cup dimainkan di Liberty National.

“Saya sangat bersemangat. Sungguh tak sabar (melakoni tugas sebagai asisten). Saya sangat menikmati kesempatan brmain pada 2005 dan 2007, dan dua kesempatan itu jelas merupakan momen yang sangat saya nikmati dalam karier saya,” ujar Immelman. “Buat saya, mungkin saya mengetahui [Ernie} lebih daripada siapa pun di TOUR dan semoga itulah yang bisa saya bawa ke tim, yaitu bahwa saya memahami dia sebagai kapten. Saya tahu sejarahnya, saya tahu rekornya, saya jelas tahu ia memiliki nilai yang besar dan mungkin saya bisa menjadi penghubung antara para pemain dengan kapten tim.”

Immelman telah menjuarai dua gelar PGA TOUR. Kemenangannya yang terkenal, tentulah saat menjuarai The Masters 2008, ketika ia mengalahkan Tiger Woods dengan tiga stroke. Ia sempat berpasangan dengan Rory Sabbatini untuk menjuarai World Cup of Golf bagi Afrika Selatan.

“Saya sudah mengenal Trevor sejak lama dan sangat mempercayai dia bakal sebagai bagian integral dari tim kami,” komentar Els. “Sebagai sesama kompetitor, Trevor sangat kuat dan saya yakin atribut ini akan memberikan hal yang positif bagi para pemain kami. Ketika bermain di tim yang sama dengan Trevor tahun 2007, dia menjadi satu dari empat pemain yang paling memiliki determinasi dan saya tahu dia bakal memberi kontribusi bagi misi kami di Australia.”

Mike Weir memiliki rekor kemenangan mengagumkan selama bermain pada Presidents Cup dan kini ia menjadi salah satu aset berharga bagi Tim Internasional sebagai asisten Ernie Els. Foto: Getty Images.

Sementara itu, Weir akan kembali untuk kedua kalinya sebagai asisten kapten setelah sebelumnya ia melakoni tugas serupa di bawah Nick Prce pada Presidents Cup 2017. Dia telah ikut berpartisipasi dalam lima Presidents Cup (2000, 2003, 2005, 2007, 2009) dan menjadi rekan satu tim Els hingga empat kali. Pemegang delapan gelar PGA TOUR ini memiliki catatan 13-9-2 pada ajang ini dan satu dari lima anggota Tim Internasional dengan 10 atau lebih kemenangan dalam kompetisi ini. Tahun 2007, ketika Presidents Cup dimainkan di Kanada untuk pertama kalinya, Weir menyuguhkan performa prima bagi para penggemar di negerinya dengan rekor 3-1-1, ditegaskan dengan kemenangan 1-up yang menegangkan dari Tiger Woods pada partau Tunggal.

“Presidents Cup telah menjadi bagian besar dalam karier saya. Saya beranjak dewasa dengan memainkan banyak olahraga beregu dan ketika terpilih masuk Presidents Cup pertama tahun 2000, pencapaian itu menjadi salah satu sorotannya,” ujar Weir. “Jadi, masih terasa spesial bisa menjadi bagian dari tim sebaga asisten untuk Nick, dan sekarang Ernie. Kami punya sejarah yang panjang. Pada dasarnya usia kami sama, kami sering main bersama, jadi bakal sangat menyenangkan bisa mencoba membawa Tim Internasional menang kali ini.”

Salah satu dari delapan gelar PGA TOUR yang ia menangkan, yang paling terkenal berasal dari kemenangannya pada babak playoff saat menjuarai The Masters 2003. Gelar Major ini menjadi satu dari tiga gelar yang ia menangkan pada musim tersebut.

“Saya sudah bermain bersama Mike dalam empat Tim Internasional dan ia merupakan salah satu pemain yang paling berhasrat ketika berurusan dengan Presidents Cup,” ujar Els. “Saya juga bekerja sama dengan dia sebagai asisten kapten tahun 2017 lalu dan ia membawa pengalaman yang berlimpah dan masukan ke ruang tim kami dan memberi pengaruh yang positif bagi para pemain kami. Kehadirannya akan menjadi sangat berharga ketika kami berusaha memenangkan Presidents Cup.”

Leave a comment