Juara FedExCup tahun ini, Dustin Johnson, raih predikat Player of the Year PGA TOUR, Scottie Scheffler raih Rookie of the Year PGA TOUR.

 

Para pegolf profesional anggota PGA TOUR akhirnya menjatuhkan pilihan mereka kepada Dustin Johnson sebagai Player of the Year PGA TOUR untuk musim 2019-2020. Adapun kehormatan sebagai Rookie of the Year PGA TOUR diberikan kepada Scottie Scheffler.

Johnson menjuarai FedExCup untuk pertama kalinya dalam kariernya pada musim 2019-2020. Pencapaian ini turut dilengkapi dengan keberhasilannya menjuarai tiga turnamen pada tahun 2020. Ketiganya ia raih pada Travelers Championship, THE NORTHERN TRUST, dan TOUR Championship. Pencapaian ini menyamai jumlah kemenangan yang diraih Justin Thomas, sekaligus menjadi musim keempat dengan setidaknya tiga kemenangan bagi Johnson.

Johnson kini berada di peringkat ke-27 pada daftar peraih gelar PGA TOUR dengan total 23 gelar. Prestasinya musim ini juga menjadi musim ke-13 secara berturut-turut yang memberinya setidaknya satu gelar tiap tahun. Ini berarti pegolf berusia 36 tahun ini hanya berada di belakang Jack Nicklaus, Arnold Palmer, dan Tiger Woods yang berhasil melakukan hal tersebut.

”Mewakili PGA TOUR, saya menyampaikan selamat kepada Dustin Johnson yang terpilih sebagai Player of the Year PGA TOUR oleh rekan-rekannya, sebagai pengakuan yang bisa diraih oleh seorang pemain,” ujar Komisioner PGA TOUR Jay Monahan. ”Sepanjang musim ini Dustin menegaskan bahwa FedExCup merupakan prioritasnya dan performanya pada FedExCup Playoff sungguh spektakuler dengan dua kemenangan dan runner-up pada BMW Championship. Pembawaan dan kualitas atletisnya di lapangan membuat golf tampak sangat mudah, tapi di belakang itu semua, ia berlatih luar biasa keras setelah kembali dari cederanya dan musim 2019-2020 ini menegaskan resumenya yang memperkuat posisinya untuk World Golf Hall of Fame.”

Johnson baru bisa kembali berkompetisi pada bulan Desember 2019 menyusul upayanya memulihkan cedera. Kala itu ia akhirnya tampil mewakili Amerika Serikat pada ajang Presidents Cup untuk keempat kalinya. Ia memulai musim ini dengan T7 pada ajang Sentry Tournament of Champions dan mencatatkan T10 pada The Genesis Invitational, sebelum musim tersebut terhenti oleh pandemi COVID-19. Ketika musim 2019-2020 kembali dilanjutkan, Johnson yang masih berada di luar 100 besar pada klasemen FedExCup akhirnya menjuarai Travelers Championship, turnamen ketiganya setelah jeda kompetisi, yang turut melambungkan posisinya ke peringkat 22.

 

 

Tiga turnamen kemudian, ia memulai 12 putaran dengan skor 60-an, dimulai dengan World Golf Championships-FedEx St. Jude Invitational (finis T12). Dalam kejuaraan Major pertama pada PGA Championship di TPC Harding Park, Johnson sempat memimpin saat memulai putaran final, sebelum akhirnya finis runner-up untuk kedua kalinya secara berturut-turut dan menjadi pegolf kedua yang mencatatkan hasil tersebut setelah Jack Nicklaus (1964, 1965).

Johnson menjuarai THE NORTHERN TRUST dalam permainan 72 hole dengan skor total 30-under 254 dan unggul 11 stroke, marjin kemenangan terbesar pada PGA TOUR sejak 2006 (13-under oleh Phil Mickelson pada BellSouth Classic). Kemenangan yang kelima baginya pada FedExCup Playoff ini membawanya menduduki takhta teratas FedExCup, sekaligus kembali menjadi No.1 Dunia untuk pertama kalinya sejak Mei 2019.

Pada ajang BMW Championship, ia harus mengakui ketangguhan Jon Rahm lewat babak play-off. Itu juga setelah ia memasukkan putt sejauh 13 meter di hole ke-72 untuk memaksakan play-off. Meski gagal menang, ia masih mempertahankan posisi teratas pada klasemen FedExCup untuk memulai TOUR Championship dengan keuntungan sesuai FedExCup Starting Strokes, 10-under.

Ketika memulai putaran final TOUR Championship, ia memimpin lima stroke dan menjadi pegolf pertama sejak Tiger Woods pada 1999 yang memimpin/menjadi salah satu pimpinan dalam 54 hole dalam empat turnamen berturut-turut (PGA Championship, THE NORTHERN TRUST, BMW Championship, TOUR Championship). Setelah lima kali finis di jajaran lima besar pada FedExCup dalam 11 musim sebelumnya, Johnson akhirnya menjuarai FedExCup untuk pertama kalinya dan menjuarai TOUR Championship, gelar FedExCup Playoff keenam dalam kariernya, sekaligus yang terbanyak di antara rekan-rekannya.

Secara keseluruhan, Johnson tujuh kali finis top-10, dengan tiga gelar dan dua kali runner-up (PGA Championship dan BMW Championship). Ia juga 11 kali lolos cut dalam 14 turnamen, serta menuntaskan musim ini sebagai pegolf No.1 pada Official World Golf Ranking.

Johnson, yang akan menerima Jack Nicklaus Award sebagai pemenang Player of the Year PGA TOUR, terpilih mengungguli Collin Morikawa, Jon Rahm, Webb Simpson, dan Justin Thomas. Inilah kedua kalinya ia menyabet status Player of the Year (2016 dan 2020), dan ketiga kalinya dalam empat musim terakhir seorang Juara FedExCup dianugerahi gelar Player of the Year.

”Melanjutkan prestasi Player of the Year Korn Ferry Tour dengan terpilih sebagai Rookie of the Year PGA TOUR menjadi pencapaian luar biasa dan menjelaskan dedikasi dan etos kerja Scottie Scheffler.” — Jay Monahan, Komisioner PGA TOUR.

Sementara itu, Scheffler yang berasal dari Dallas finis di peringkat 5 klasemen FedExCup musim lalu. Ia menjadi satu dari delapan debutan PGA TOUR musim ini yang lolos ke FedExCup Playoff. Ia juga menjadi satu dari hanya dua pemain debutan yang bermain pada TOUR Championship. Finis T5 ini membuatnya menjadi pegolf debutan kedua pada era FedExCup yang mengakhiri musim yang panjang ini di peringkat lima besar (yang pertama dilakukan oleh Xander Schauffele pada musim 2016-2017).

Scheffler bermain dalam 23 turnamen pada musim ini dan membukukan 7 kali finis di sepuluh besar. Enam di antaranya ia raih di posisi lima besar, termasuk finis T3 pada The American Express. Ia juga meraih finis lima besar pertamaanya pada ajang Major (T4/PGA Championship) dalam empat turnamen Major yang ia ikuti. Lalu ia juga menjadi pegolf berbeda yang ke-12 yang mencatatkan skor di bawah 60 dalam ajang PGA TOUR. Ia menorehkan skor 59 pada THE NORTHERN TRUST untuk kemudian finis T4 untuk kedua kalinya. Total ia lolos cut dalam 18 dari 23 turnamen yang ia mainkan.

”Selamat kami sampaikan juga kepada Scottie Scheffler yang memukau dalam musim debutnya, dengan ia tampil cemerlang ketika dibutuhkan pada ajang FedExCup Playoff. Melanjutkan prestasi Player of the Year Korn Ferry Tour dengan terpilih sebagai Rookie of the Year PGA TOUR menjadi pencapaian luar biasa dan menjelaskan dedikasi dan etos kerja Scottie,” tutur Monahan. ”Saya yakin Tn. Palmer sangat bersemangat melihat pemain muda berbakat yang kami miliki dan bagaimana mereka membawa dirinya, dengan Scottie memimpin pada tahun 2020 ini.”

Setelah dua kali menang pada level Korn Ferry Tour tahun 2019, Scheffler meraih penghargaan Player of the Year Korn Ferry Tour 2019. Ia menjadi pemain debutan kedua yang menyabet status Player of the Year Korn Ferry tour dan Rookie of the Year PGA TOUR secara berturut-turut setelah Stewart Cink (1996-1997) dan Im Sungjae (2018-2019).

Scheffler sendiri meraih predikat bergengsi ini dan akan menerima Arnold Palmer Award setelah terpilih mengungguli Harry Higss, Viktor Hovland, dan Maverick McNealy.