Dua pegolf Korea, Im Sungjae dan Kim Siwoo berniat untuk tampil habis-habisan ketika BMW Championship digelar hari ini. Mereka membutuhkan permainan terbaik agar bisa mengikuti turnamen pamungkas PGA TOUR, TOUR Championship pekan depan. Tampil maksimal dan berada di jajaran 30 besar klasemen FedExCup tak hanya akan memberikan hak tampil di Atlanta pekan depan, tapi juga bakal membantu mereka untuk bisa menjadi bagian dari Tim Internasional Presidents Cup akhir tahun nanti.

Im, yang berusia 21 tahun, kini ada di peringkat 26 klasemen FedExCup dan mesti finis setidaknya di peringkat 28 agar bisa main pekan depan. Jika bisa menjuarai TOUR Championship, ia tak hanya berarti memenangkan FedExCup, tapi juga meraih hadiah uang senilai US$15 juta.

Sementara itu, agar bisa otomatis masuk Tim Internasional, ia harus finis di empat besar. BMW Championship kali ini menjadi kesempatan terakhir untuk bisa masuk delapan besar pada klasemen Tim Internasional. Ia sendiri kini berada di peringkat 12.

“Meskipun pekan lalu saya finis T38 pada THE NORTHERN TRUST, saya berharap bisa mengalami peningkatan di sini untuk bisa main di Atlanta. Saya menargetkan finis di 25 besar. Ini benar-benar menimbulkan tekanan buat saya meski saya berusaha untuk menikmati Playoff perdana saya ini,” ujar Im, yang mencatatkan tujuh kali finis di sepuluh besar musim ini.

“Saya ingin main pada ajang Presidents Cup juga, tapi saya pikir saya mesti finis empat besar. Kalau tidak bisa otomatis masuk tim, saya berharap bisa menjadi salah satu pemain pilihan Kapten Ernie (Els). Saya main dengan Mike Weir (asisten Ernie Els) pada Wyndham Championship beberapa pekan lalu dan saya menunjukkan kemampuan saya. Semoga saja hal itu sudah cukup untuk meyakinkan mereka agar memilih saya.”

Sementara itu, juara THE PLAYERS Championship 2017 Kim Siwoo menghadapi jalan yang lebih terjal untuk menuju Atlanta. Ia wajib finis di peringkat empat atau lebih baik. Sedangkan untuk bisa langsung menjadi bagian dari Tim Internasional, ia harus finis di tempat kedua lantaran kini ia ada di peringkat 16.

Kim Siwoo wajib finis minimal di peringkat keempat pada BMW Championship pekan ini agar bisa main pada TOUR Championship pekan depan. Foto: Getty Images.

Pegolf muda berusia 24 tahun ini pun siap menjawab tantangan itu, meskipun pekan lalu hanya finis di peringkat 84.

“Pekan lalu menjadi pekan dengan kemampuan memukul bola yang baik buat saya dan saya berharap bisa masuk sepuluh besar. Dua hari pertama cukup bagus, tapi saya memukul sangat keras sehingga mematahkan shaft pada hari kedua. Saya harus memainkan 3-wood dan tidak main bagus dalam dua hari terakhir. Pekan ini saya sudah mengganti shaft dan berharap bisa finis di posisi yang jauh lebih baik.

“Permainan saya sebenarnya cukup bagus. Medinah adalah lapangan yang bagus dan butuh pukulan lurus untuk memainkannya dan beberapa hole juga panjang dengan rough yang tebal. Saya suka lapangan di sini,” tuturnya.

Ia yakin latihannya dengan pelatih baru Claude Harmon III, yang juga melatih bintang-bintang, seperti Brooks Koepka dan Dustin Johnson, juga turut membantunya.

“Kami memperbaiki beberapa hal pada permainan iron saya. Saya juga menyederhanakan proses putting karena beberapa kali gagal memasukkan putt jarak pendek dan melakukan tiga atau empat putt per putaran, yang sebenarnya tidak bagus untuk saya dan bisa menghilangkan percaya diri.

“Saya finis di lima besar pada Wyndham Championship (dua pekan lalu) dan percaya diri saya kembali. Jelas saya pun ingin main Presidents Cup lagi setelah pengalaman pada 2017 lalu,” tandasnya.

C.T. Pan Berpeluang Main dengan Tiger Woods
Sementara itu, bintang golf asal China Taipei, C.T. Pan, akan berpeluang untuk bermain dengan Tiger Woods dalam dua putaran pertama BMW Championship. Jika Woods benar-benar bisa tampil, ini akan menjadi pengalaman pertama bagi Pan untuk bermain dengan pemenang dua gelar FedExCup ini. Mereka akan ditemani Juara FedExCup 2014 Billy Horschel.

Jika Tiger Woods berada dalam kondisi yang bugar, C.T. Pan akan bermain bersama idolanya ini pada dua putaran pertama BMW Championship. Mereka akan bermain dengan Juara FedExCup 2014 Billy Horschel. Foto: Getty Images.

“Pasti akan sangat menyenangkan. Saya tak sabar untuk melihatnya memukul bola, dan secara pribadi, saya menjadi anggota salah satu klub yang ia rancang, Bluejack National, jadi kami bakal banyak mengobrol tentang Bluejack National. Dia memang idola saya dan masih menjadi idola saya. Pasti bakal terasa sangat menenangkan bisa main dengan dia,” ujar Pan.

Meskipun kesempatan ini bakal menjadi sesuatu yang akan ia kenang terus, toh Pan tidak bisa melepas konsentrasinya. Ia butuh finis di peringkat 12 atau lebih baik agar bisa mengikuti TOUR Championship pekan depan. Saat ini ia masih ada di peringkat 37 pada klasemen FedExCup.

Ia sendiri mengaku menyukai lapangan No.3 di Medinah, yang telah menggelar beberapa ajang major dan Ryder Cup.

“Saya merasa permainan saya sedang bagus. Pekan lalu saya bisa membentuk pukulan pada berbagai pukulan iron untuk menyerang pin, dan saya pikir saya memainkan pukulan itu dengan cukup baik. Jenis pukulan itu bakal sangat membantu di lapangan ini,” tuturnya. “Lapangan ini bakal dimainkan lebih panjang dan bakal ada banyak birdie di sini.”

Musim lalu, ia nyaris bermain pada TOUR Championship, yang memang hanya dikhususkan bagi 30 pemain terbaik pada daftar peraih poin FedExCup.

“Tahun lalu saya juga berada di situasi yang kurang lebih sama, jadi saya tahu apa yang mesti saya lakukan. Saya harus main bagus dan melakukan pukulan demi pukulan. Para pemain di sini adalah pemain yang sangat bagus, jadi saya senang masih berkesempatan untuk mencoba menembus TOUR Championship,” imbuhnya lagi.

Leave a comment