Hideki Matsuyama dan Im Sungjae memastikan tempat di jajaran elite PGA TOUR dan akan tampil pada turnamen pamungkas musim 2018-2019, TOUR Championship.

Bermain pada ajang FedExCup Playoff pamungkas, TOUR Championship, jelas menjadi sebuah prestasi tersendiri. Inilah turnamen tutup musim PGA TOUR yang dikhususkan hanya bagi 30 pemain teratas pada klasemen FedExCup. Selain itu, tahun ini turnamen ini bakal mengganjar pemenang FedExCup dengan bonus ekstra senilai US$15 juta, nilai yang lebih besar US$5 juta ketimbang musim lalu. Impian tersebut menjadi impian bagi para pegolf mana pun, termasuk para pegolf Asia.

Jelang putaran final BMW Championship kemarin (18/8), beberapa nama dari benua Asia memiliki peluang untuk menuju Atlanta. Hideki Matsuyama, Im Sungjae, dan C.T. Pan hanya menyisakan 18 hole lagi untuk menentukan nasib mereka. Dan masing-masing pemain tahu bahwa hanya permainan yang sangat solid yang bakal membawa mereka untuk mengikuti TOUR Championship dan bersaing memperebutkan hadiah terbesar dalam olahraga golf.

Bagi Im Sungjae, musim 2018-2019 ini juga menempatkannya dalam persaingan untuk meraih gelar Rookie of the Year. Dalam PGA TOUR musim perdananya ini, ia sudah tujuh kali finis di sepuluh besar. Dan hingga putaran ketiga di Medinah Country Club, Course No.3 itu, Im telah mengumpulkan 8-under 2-208 dan berada di peringkat T24. Prestasinya sepanjang musim telah membawanya ke peringkat 26 FedExCup ketika memulai turnamen ini. Namun, demi mengamankan peluang menjadi pendatang baru ke-9 yang berhasil main pada TOUR Championship, ia wajib main solid.

Itulah yang ia lakukan pada putaran final kemarin (18/8). Untuk pertama kalinya pada pekan itu, Im bermain dengan sangat baik di sembilan hole pertamanya. Ia berhasil membukukan birdie di hole 3 dan 4, lalu menambah eagle di hole 7. Birdie lain di hole 10 memastikan tempatnya di Atlanta pekan ini.

“Saya mendapat beberapa birdie di hole-hole awal, jadi mengawali putaran final ini dengan baik,” ujarnya. “Birdie tersebut berhasil mengangkat beban dan membantu saya bermain dengan baik sepanjang hari.”

Prestasinya ini membuatnya sangat berpeluang meraih status Rookie of the Year. Im menjadi satu-satunya pegolf pendatang baru yang ada di kelompok elite 30 pegolf teratas klasemen FedExCup. Ia juga berniat untuk terus menampilkan performa yang solid guna meyakinkan Kapten Ernie Els untuk memilihnya sebagai salah satu dari empat pemain pilihan kapten untuk Tim Internasional Presidents Cup.

“Saya bakal merasa sangat terhormat kalau bisa menjadi Rookie of the Year, pemain Asia dan Korea pertama yang meraih penghargaan itu,” ujar Im, yang menyandang status Korn Ferry Tour No.1 dan Player of the Year pada Tour pengembangan PGA TOUR tersebut (kala itu masih bernama Web.com Tour).

“Saya akan memainkan beberapa turnamen pada awal musim 2019-2020 PGA TOUR sebelum kembali bermain di Korea (untuk CJ CUP @ NINE BRIDGES). Kalau kemudian saya terpilih untuk Presidents Cup, saya akan merasa sangat terhormat. Dan kalau memang Ernie memilih saya, saya akan melakukan yang terbaik untuk mengalahkan Tim AS!” tandasnya.

Hideki Matsuyama mengulangi permainan istimewa hari kedua dan menorehkan sepuluh birdie dan satu bogey untuk 9-under 63 pada putaran final BMW Championship. Foto: Getty Images.

Satu nama lagi yang berhasil memastikan tempat pada TOUR Championship ialah bintang asal Jepang, Hideki Matsuyama. Setelah bermain 73 pada putaran ketiga, pegolf berusia 27 tahun ini kembali mengulangi permainannya pada putaran kedua dan kembali mencatatkan skor 63. Matsuyama mencatatkan lima birdie di sembilan hole pertama, dan lima birdie lagi serta sebuah bogey di sembilan hole terakhir, yang sekaligus membawanya untuk finis di peringkat ketiga, dengan skor total 20-under 268, lima stroke di belakang Justin Thomas yang keluar sebagai juara.

Bagi Matsuyama, TOUR Championship pekan ini bakal menjadi yang keenam kalinya secara berturut-turut.

Sayangnya, pencapaian kedua bintang ini belum dapat diikuti oleh beberapa pegolf Asia lainnya. Trio Korea lainnya, An Byeonghun, Kim Siwoo, dan Kang Sung harus mengakhiri musim ini, masing-masing di peringkat T28, T28, dan T63.

Sementara, C.T. Pan, yang harus finis minimal di peringkat 12, hanya bermain even par 72 dan menuntaskan BMW Championship dengan skor total 8-under 280 dan di peringkat T31.

Leave a comment