Satu-satunya ajang match play nasional Credit Suisse Amateur Match Play Championship menyuguhkan pertandingan seru ketika dua pemain yang pernah menyandang status juara bertemu di babak semifinal. Cahyo Adhitomo (juara 2013 dan 2015) melaju ke babak semifinal untuk bertemu dengan Zulhaimi (juara 2012).

Cahyo berhasil melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Kentaro Nanayama di hole 17 dengan skor 3&1

”Hari ini saya mengubah strategi permainan Saya tidak ngotot untuk mencetak birdie di setiap hole. Yang saya jaga adalah cukup membuat par,” ujar Cahyo, yang masih optimis akan melaju ke babak final.

Lain Cahyo, lain pula Zulhaimi. Juara tahun 2012 ini harus berjuang menghadapi pegolf asal Singapura Rishi Bhat. Pegolf berusia 16 tahun tersebut berhasil menipiskan skor menjadi 1 up di hole 16 setelah sebelumnya tertingga 2-up. Rishi berpeluang memaksakan hole tambahan di hole 18 ketika pukulan keduanya langsung mencapai green. Sayangnya, ia gagal memenangkan hole terakhir ketika putt pertamanya yang berjarak 1 meter gagal.

”Pertandingan cukup ketat sepanjang 17 hole. Sayangnya, putt saya gagal masuk di hole 18. Saya sempat gugup” ujar Rishi.

Semifinalis lainnya ialah Grady Santoso dan Akmin, yang merupakan debutan pada kejuaraan edisi ke-14 ini. Grady melangkah ke semi-final setelah mengalahkan I Nyoman Pasek dengan skor yang meyakinkan, 6&4.

”Saya main tanpa beban. Hari ini bla saya langsung on the green dengagn dua pukulan sehingga mudah melakukan dua putt. Sebaliknya, Nyoman yang juga senior saya di tim Banten sepertinya ada masalah dengan putting-nya,” tutur pegolf berusia 16 tahun ini.

Adapun Akmin yang juga turun membela Jawa Barat dalam Pekan Olahraga Nasional XIX beberapa pekan lalu berhasil menyingkirkan pegolf asal Sumatra Selatan Rizchy Subakti. Akmin berhasi unggul tipis 1-up dari Rizchy.

Pencapaian Grady dan Akmin ini terbilang sangat bagus, mengingat keduanya baru pertama kalinya mengikuti Credit Suisse Amateur Match Play Championship ini.

Siang tadi partai semifinal ini telah dilangsungkan. Adapun babak final sendiri akan dimainkan besok (13/10) dan akan dilangsungkan 36 hole di Gunung Geulis Golf & Country Club.