Donlaphatchai Niyomchon akhirnya mewujudkan impian meraih gelar perdana Asian Development Tour, sekaligus menjadi satu dari tujuh pemain yang mendapat kartu Asian Tour musim 2020.

Pimpinan klasemen pada akhir putaran ketiga ajang Taifong Open, Donlaphatchai Niyomchon, akhirnya dinyatakan sebagai juara pada turnamen tutup musim Asian Development Tour ini. Kondisi cuaca yang buruk membuat putaran final tidak dapat dimainkan pada hari Minggu (29/12) sehingga komite terpaksa menentukan pemenang berdasarkan hasil akhir hari ketiga.

Pegolf berusia 29 tahun ini pun resmi menyandang status juara Asian Development Tour setelah mempertahankan posisi teratasnya berkat permainan 4-under 68 pada putaran ketiga kemarin (28/12). Skor total 9-under 207 miliknya membuatnya kukuh di posisi teratas dengan keunggulan dua stroke.

“Saya sangat senang. Kemenangan ini menjadi penutup musim yang luar biasa buat saya. Saya sudah berlatih sangat keras untuk memastikan kebugaran saya dalam dua tahun terakhir dan saya senang semua itu membuahkan hasil,” ujar Donlaphatchai.

Kemenangannya ini tak hanya memberinya gelar yang sudah lama ia nantikan, tapi juga memberinya akses bermain di level Asian Tour untuk tahun depan. Dengan hadiah pemenang senilai US$28.000, peringkatnya pada Order of Merit pun melambung dari semula di posisi 94 menjadi peringkat 3. Plus 6 poin pada Official World Golf Ranking.

“Saya sudah menanti sangat lama untuk kemenangan ini dan sekarang saya tak sabar bermain di level Asian Tour musim depan,” sambung Donlaphatchai, yang beralih profesional pada 2010 dan sebelumnya hanya meraih satu kemenangan di negeri sendiri.

“Saya sudah menanti sangat lama untuk kemenangan ini dan sekarang saya tak sabar bermain di level Asian Tour musim depan.” – Donlaphatchai Niyomchon

Kemenangannya ini juga mengukuhkan dominasi pemain Thailand pada turnamen yang telah memasuki penyelenggaraan keenam. Sebelumnya, Rattanon Wannasrichan (2015) dan Pannakorn Uthaipas (2017) juga memenangkan turnamen yang pertama kali digelar pada 2014 ini.

Dengan keputusan tidak dimainkannya putaran final, dua pegolf China Taipei Wang Wei-lun dan Tseng Tzhu-hsuan harus rela berbagi peringkat kedua bersama pegolf Jepang Daisuke Yasumoto dan pemain Thailand lainnya, Atiruj Winaicharoenchai. Keempatnya sama-sama menorehkan skor total 7-under 209.

Dengan berakhirnya Taifong Open, turnamen yang memberikan hadiah total terbesar di level Asian Development Tour, tujuh nama pun berhasil didapatkan untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi lagi pada musim depan.

Pegolf Jepang Naoki Sekito dipastikan menjuarai Order of Merit setelah mengumpulkan total hadiah senilai US$50.942. Sementara tiga tempat berikutnya menjadi miliki trio pegolf Thailand. Pannakorn Uthaipas (US$29.794), Donlaphatchai (US$29.697), dan Ittipat Buratanyarapat (US$29.672) masing-masing berada di posisi kedua, ketiga, dan keempat.

Dengan Wang Wei-lun yang berhasil meraih kartu Asian Tour dengan berada di posisi 60 besar Habitat for Humanity Standings, tiga tempat lainnya diberikan kepada Steve Lewton (Inggris), Trevor Simsby (AS), dan Park Seung (Korea), yang masing-masing menempati posisi keenam, ketujuh, dan kedelapan.