Selama 19 tahun, setiap hari Senin hingga Jumat, Sets Tanaka, 80 tahun, menaiki bus dari rumahnya di Wailuku, Maui, ke Adult Day Health Center by Hale Makua. Hale Makua, yang meningkatkan taraf hidup mereka yang berada dalam perawatannya berkat belas kasihan, layanan kesehatan khusus, telah menjadi mitra amal dari ajang Sentry Tournament of Champions. Dan bagi Tasaka, Hale Makua ini telah menjadi rumah kedua.

Tasaka sendiri, bersama saudaranya, Henry, telah melayani masyarakat Maui dari ancaman kedinginan selama beberapa dekade di toko keluarga mereka yang kini berusia seabad, Tasaka Guri-Guri.

Kepada orang-orang seperti Tasaka, dan ratusan ribu lainnyalah PGA TOUR dan berbagai turnamennya telah menghasilkan rekor senilai US$190 juta untuk lebih dari 3.000 kegiatan amal sepanjang 2018 lalu. Hal ini diumumkan pada pekan gelaran Sentry Tournament of Champions.

Hingga sejauh ini, total amal yang terkumpulkan telah mencapai angka US$2,84 milyar. Angka ini diperoleh dari berbagai sumbangan yang diberikan melalui turnamen-turnamen PGA TOUR, PGA TOUR Champions, Web.com Tour, Mackenzie Tour-PGA TOUR Canada, PGA TOUR Latinoamerica, dan PGA TOUR Series-China.

“Melalui dunia golf, PGA TOUR dan turnamen-turnamennya, didukung oleh jaringan relawan, memberikan dampak positif hingga ke level yang sulit dibayangkan untuk mendukung dan meningkatkan (kehidupan) masyarakat setempat,” ujar Jay Monahan, Komisioner PGA TOUR.

“Dengan mendukung ajang PGA TOUR, Anda memberi dampak kepada begitu banyak organisasi amal melalui komunitas setempat.” Jay Monahan, Komisioner PGA Tour

“Dengan mendukung ajang PGA TOUR, Anda memberi dampak kepada begitu banyak organisasi amal melalui komunitas setempat. Yang tak kalah mengagumkan dari donasi kami yang nyaris mencapai US$3 milyar itu ialah kisah-kisah mengagumkan, seperti yang dimiliki Sets, yang ada pada tiap turnamen. Ini menjadi sebuah pujian bagi mitra-mitra kami—organisasi-organisasi tuan rumah, sponsor-sponsor utama, para relawan, para penggemar di masyarakat di mana kami bermain, termasuk para pemain kami, yang tanpa lelah memberi dukungan untuk berdampak bagi TOUR sehingga banyak orang bisa menjalani kehidupannya.”

Sejak mulai digelar di Maui pada 1999, Sentry Tournament of Champions telah menghasilkan dana amal lebih dari US$6,3 juta bagi masyarakat setempat, termasuk Adult Health Center by Hale Makua.

“Sungguh menjadi kesempatan istimewa bisa menolong begitu banyak orang yang, dalam beberapa kasus, hanya perlu diingatkan bahwa mereka dikasihi,” ujar Wesley Lo, CEO Hale Makua. “Tujuan Adult Day Health ialah menolong dengan membantu atau memulihkan kemampuan untuk menjalani kehidupan mereka sendiri di rumah. Tanpa dukungan finansial dari Sentry Tournament of Champions dan pGA TOUR, program ini dan program-program kami yang lain tidak akan pernah ada.”

Sets Tasaka, yang kehilangan rekan makan siangnya Henry, yang meninggal pada 2015 lalu, menambahkan bahwa Adult Day Health ini memberinya sesuatu untuk ia lakukan setiap hari. “Di rumah, saya tak bakal melakukan apa-apa, hanya menonton TV. (Tapi) tiap hari berada di sini (Hale Makua), saya merasa bersemangat,” ujarnya.

Tiap turnamen PGA TOUR memberikan peluang untuk memberi dukungan, bahkan sumbangan kepada masyarakat setempat. Hal ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu menyaksikan langsung sebuah ajang, ikut menjadi relawan, atau menyumbangkan uang.

Setiap turnamen di bawah bendera PGA TOUR pada dasarnya bersifat nonprofit. Maka penghasilan bersih dari tiap turnamen itulah yang digunakan untuk mendukung organisasi-organisasi setempat. Hingga saat ini, jumlah donasi yang dikumpulkan pun telah mencapai angka yang fenomenal, yaitu nyaris mencapai US$3 milyar. Dampak sebesar ini, di antaranya, juga bisa terwujud berkat 100.000 relawan yang setiap tahun memberi komitmen mereka untuk menjamin kesuksesan sebuah turnamen.

Leave a comment