Proses kualifikasi Tim Eropa untuk Ryder Cup 2020 akan dimulai dan diakhiri di Inggris.

Ajang BMW PGA Championship, turnamen keempat dari rangkaian Rolex Series, bagian dari Race to Dubai, dipastikan sebagai awal dan akhir rangkaian kualifikasi Tim Eropa untuk Ryder Cup 2020. Dalam periode setahun, yang dimulai ketika turnamen tersebut digelar pada September 2019 hingga kembali diadakan pada September 2020 para pegolf terbaik Eropa akan mendapat kesempatan untuk membuktikan kelayakan dirinya untuk ikut serta dalam ajang dua tahunan ini.

Komite Turnamen European Tour telah bertemu pada hari Selasa (7/5) untuk memutuskan hal ini. Mereka juga meratifikasi permintaan Kapten Padraig Harrington, yang menyertakan satu perubahan signifikan dari proses kualifikasi yang dilakukan pada 2018 lalu. Harrington meminta European Tour untuk mengurangi jumlah penerima Wild Card dari empat pemain menjadi tiga pemain.

Dalam ajang istimewa yang mempertemukan Tim Eropa dengan Tim AS ini, masing-masing kubu akan diwakili oleh 12 pemain. Dengan perubahan yang diajukan Harrington, ke-12 anggota Tim Eropa nantinya akan terdiri dari empat pemain yang berada di European Points List, plus empat pemain dari poin World Ranking sehingga sang kapten untuk hanya memiliki tiga nama lagi untuk melengkapi jumlah tersebut. Ketiga nama ini baru akan diumumkan sepekan sebelum turnamen terakhir yang masuk hitungan poin.

“Saya sering mengatakan, dalam berbagai kesempatan, bahwa salah satu alasan keberhasilan Eropa dalam Ryder Cup belakangan ini ialah keberlanjutannya. Tema inilah yang menjadi kelaziman dalam keseluruhan kualifikasi untuk tim saya, dan saya pikir Anda akan melihatnya dalam seluruh proses kualifikasi hingga 2020.

“Meski demikian, saya puas mengetahui bahwa Komite Turnamen sepakat untuk mengubah jumlah Wild Card. Saya sudah berbicara kepada beberapa orang terkait dengan sembilan pemain yang otomatis lolos kualifikasi untuk jadi anggota tim, dan dalam pengalaman saya, seorang pemain bisa menjadi lebih nyaman kalau mereka menembus kualifikasi, itulah alasan di belakang perubahan ini.”

“Dalam pengalaman saya, seorang pemain bisa menjadi lebih nyaman kalau mereka menembus kualifikasi, itulah alasan di belakang perubahan ini.” – Padraig Harrington

Lebih lanjut lagi, Harrington juga merasa puas dengan keputusan bahwa proses kualifikasi ini akan berawal dan berakhir pada ajang BMW PGA Championship, yang digelar di Wentworth.

“Ini merupakan salah satu turnamen paling prestisius kami, dimainkan di lapangan yang ikonik dan rumah dari European Tour itu sendiri sehingga bisa memberi narasi sejati dari perlombaan kualifikasi ini,” tandas Harrington.

Adapun poin Race to Dubai dan poin World Ranking nantinya akan menjadi 1,5 menjelang berakhirnya periode kualifikasi. Meski demikian, European Tour baru akan mengonfirmasi turnamen mana yang akan mulai memberlakukan poin tersebut ketika mereka mengumumkan jadwal kompetisi untuk tahun 2020.

Ketentuan lain, yang juga telah berlaku tahun lalu, adalah bahwa poin kualifikasi untuk tahun 2019 dan 2020 tidak akan diperoleh jika para pegolf Eropa ini bermain pada turnamen yang berbenturan dengan agenda dari ajang-ajang Rolex Series. Hal ini sekaligus mempertegas status seri turnamen premium di European Tour.

Direktur Ryder Cup Eropa Guy Kinnings menyebut awal dan akhir proses kualifikasi ini sangatlah ideal, apalagi mengingat BMW PGA Championship merupakan salah satu dari rangkaian Rolex Series. Turnamen ini sendiri akan merayakan 65 tahun penyelenggaraannya pada bulan September tahun ini.

“Sebagai Official Partner, BMW dan Rolex telah memainkan peran yang sangat signifikan dalam kesuksesan dan pertumbuhan global Ryder Cup, dan kami semua tak sabar untuk melihat para pegolf terbaik Eropa bertarung untuk menentukan tempat dalam tim untuk tahun 2020,” ujar Kinnings.

Ryder Cup edisi ke-43 akan dimainkan di Straits Course at Whistling Straits di Wisconsin pada tanggal 25-27 September 2020.

Leave a comment