VW membeberkan rahasia di balik kemampuan mereka memproduksi VW Golf 8 dengan lebih cepat daripada generasi ke-7.

VW Golf merupakan mobil Eropa tersukses selama lebih dari empat dekade. Pada akhir Oktober 2019 lalu, generasi ke-8 telah resmi diperkenalkan lewat sebuah ajang world premiere. Generasi ke-8 ini memungkinkan pengendaranya untuk mengoperasikan mobil secara terdigitalisasi, terkoneksi, dan intuitif.

Interior digitalnya memungkinkan dimensi-dimensi baru dalam pengoperasian kendaraan. Sementara bantuan dalam pengemudian memungkinan pengendara untuk melaju hingga 210 km/jam. Selain itu, model ini menjadi mobil VW pertama yang dilengkapi dengan kemampuan inteligensia lalu lintas melalui Car2X sehingga pengemudi akan mendapat peringatan rintangan agar bisa melakukan antisipasi.

 

Dengan fitur yang secanggih itu, tidaklah mengherankan jika bagian dan komponen Golf 8 bisa mencapai lebih dari 2.700. Komponen-komponen nitu tersambung dengan 962 sistem kabel dengan panjang kabel mencapai 1.340 meter untuk membuat Golf 8 benar-benar sepenuhnya terkoneksi.

Bandingkan dengan Golf 7 yang hanya memiliki 31 sistem kabel dan panjang kabel tidak mencapai 100 meter!

Untuk menghadirkan Golf 8, persiapan produksinya saja mencakup sekitar 700 langkah kerja yang dianalisis di lebih dari 400 bengkel kerja. Berbagai proses kemudian diterapkan untuk memastikan generasi ke-8 ini menjadi kendaraan yang lebih efisien daripada pendahulunya.

VW Golf 8 membutuhkan sekitar 700 langkah kerja yang dianalisis di lebih dari 400 bengkel kerja. Namun, VW berhasil memangkas waktu produksinya. Foto: Volkswagen AG.

”Golf 8 jauh lebih kompleks daripada pendahulunya. Meski demikian, kami memangkas rata-rata waktu produksi hingga sekitar satu jam. Karena Golf 8 menjadi bagian dari produk MQB (Modular Transverse Toolkit) generasi kedua, kami bisa mendapat pengurangan signifikan tersebut dalam investasi produksi,” ujar Dr. Andreas Tostmann, VW Brand Board Member for Production.

”Strategi platform kami benar-benar membuahkan hasil. Tim di Wolfsburg telah memberikan yang terbaik untuk menghadirkan Golf 8. Kini proses produksi secara keseluruhan menjadi lebih efisien. Hal ini menjadi pencapaian luar biasa dan saya ingin berterima kasih kepada seluruh staf kami.”