Samsung Galaxy S20 menampilkan desain dan teknologi yang membuka berbagai kemungkinan baru bagi penggunanya.

Sejak pertama kalinya memperkenalkan seri Galaxy persis sepuluh tahun silam, Samsung telah melakukan pembaruan yang sangat signifikan yang menjadikan seri ini dianggap sebagai ponsel Android yang paling terkemuka saat ini. Kehadiran Galaxy S20 di Indonesia pada awal Maret 2020 lalu telah membuka jendela baru bagi konsumen kita. Tapi apa yang sebenarnya menjadikan perangkat ini istimewa?

Seperti generasi sebelumnya, pengalaman pengguna menjadi pusat dari teknologi yang dihadirkan dalam Galaxy S20. Hal yang pertama ialah bahwa S20 diciptakan untuk memberi kenyamanan bagi konsumen. Hal utama yang langsung terlihat dari S20 ini ialah layarnya yang besar, yang sepenuhnya mengambil tempat utama di bagian depan perangkat ini. Samsung telah mengurangi ukuran lubang untuk kamera untuk membuat rasio layar meningkat menjadi 94,2%.

Dari segi bentuk, keempat sisinya kini memiliki lekukan yang memberi nilai estetika dan kenyamanan. Lekukan sudut bagian belakangnya kini menjadi lebih lembut ketimbang bagian depan sehingga akan lebih sempurna berada dalam genggaman. Selain itu, mereka juga telah memoles tiap lekuk sudutnya untuk meningkatkan stabilitas dan daya tahan perangkat ini.

 

Konsumen bisa memilih lima jenis warna berbeda untuk mencerminkan gaya dan kepribadian mereka. Foto: Samsung Electronics.

 

Warna-Warna Elegan
Galaxy S20 juga hadir dengan opsi warna yang elegan. Konsumen pun bisa memilih untuk menyesuaikannya dengan kepribadian dan gaya masing-masing. Ada warna Cloud Blue, ada juga Coud Pink; ada Cosmic Gray, dan ada pula Cosmic Black.

Untuk tiap warna yang ada, bingkai logam di bagian sisi perangkat ini, dan kaca di bagian belakang, didesain untuk memberi nuansa tambahan. Efek yang diberikan pun menjadikan masing-masing warna menghadirkan sentuhan yang lebih istimewa pada S20.

Untuk Keseharian Konsumen
Antarmuka One UI 2 pada Galaxy S20 sengaja didesain sangat intuitif dan mudah. Ini berarti pengguna bisa memakai perangkat ini secara praktis untuk berbagai hal. Untuk mengetik, misalnya, pengguna bisa membatalkan atau mengetik ulang di keyboad hanya dengan mengusap layar dengan dua jari. Perangkat ini juga akan memberikan saran emoji dan stiker khusus berdasarkan isi pesan.

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan autentikasi biometrik untuk masuk atau sekadar memeriksa akun mereka dengan mudah. Hal ini bisa dilakukan melalui fitur Samsung Pass yang dimaksudkan untuk memberi keamanan pada penyimpanan data pribadi.

 

Samsung telah menggeser letak kamera ke sudut kiri atas, yang turut memberi ruang ekstra untuk penambahan kapasitas baterai. Foto: Samsung Electronics.

 

Menangkap Momen Berkesan
Fotografi mobile menjadi fitur wajib yang sudah pasti akan digemari oleh siapa saja. Dan Galaxy S20 memberi janji pengalaman mengabadikan momen yang istimewa berkat inovasi yang ditopang oleh perangkat keras yang mengesankan dan perangkat lunak yang cerdas.

Samsung kini memindahkan semua lensa dan sensor ke sudut kiri atas. Tiga kamera Galaxy S20 (Ultra Wide 12 MP, Wide Angle 12 MP, dan Telephoto 64 MP) dan empat kamera pada S20+ dan S20 Ultra (Ultra Wide 12 MP, Wide Angle 108 MP, Telephoto 48 MP, dan DepthVision) akan menghasilkan foto dan video yang lebih presisi, dan tentunya dengan kualitas yang lebih baik daripada generasi terdahulu.

Ada satu manfaat lain dari keputusan memindahkan posisi kamera, yang semulanya berada di tengah itu. Samsung kini bisa menambah kapasitas baterai yang lebih besar untuk meningkatkan durasi penggunaan perangkat.

Salah satu fitur fotografi yang ada ialah Single Take Mode yang bisa mengambil foto dan video dalam berbagai gaya secara bersamaan. Pengguna cukup mengarahkan dan merekam, lalu memilih pengambilan favorit yang sudah disediakan S20. Dengan demikian, pengguna bisa lebih menikmati momen yang akan diambil ketimbang terlalu memikirkan soal mode kamera.

Pengguna juga bisa menyimpan warna dan efek favorit mereka dengan My Filter dan menerapkannya sebagai setingan modifikasi saat mengambil foto. Denagn demikian mereka bisa mempertahankan selera yang unik di seluruh koleksi foto.

Adapun Night Mode memungkinkan kamera untuk mengambil gambar dengan cerah dan terang bahkan dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Selain itu, Hyperlapse Mode kini juga dilengkapi dengan fitur Night-hyperlapse, yang mempertajam cahaya di tengah suasana yang gelap.

 

Tiga varian, (ka-ki) masing-masing Galaxy S20, Galaxy S20+, dan Galaxy S20 Ultra diciptakan untuk kebutuhan konsumen tertentu. Foto: Samsung Electronics.

 

Tiga Varian untuk Kebutuhan Beragam
Tak hanya perangkat club saja yang menciptakan perangkat yang ditujukan untuk beragam jenis pemain dan kemampuan. Perusahaan elektronik, seperti Samsung juga menyadari bahwa tiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda. Itulah sebabnya, mereka hadir dengan tiga varian berbeda.

Galaxy S20 ditujukan bagi mereka yang membutuhkan fitur-fitur mendasar, termasuk portabilitas bagi para pengguna kasual. Adapun Galaxy S20+ akan memberikan keseimbangan yang sangat baik antara desain dan fungsi. Terakhir, Galaxy S20 Ultra diciptakan untuk memberi pengalaman mobile yang terbaik bagi mereka yang memang membutuhkannya.

 

Samsung berkolaborasi dengan Kvadrat asal Denmark untuk menciptakan casing yang terbuat dari bahan plastik daur ulang. Foto: Samsung Electronics.

 

Kepedulian Terhadap Kelestarian Lingkungan
Samsung juga telah memahami bahwa isu lingkungan hidup adalah isu yang sangat penting dan mendesak. Hal ini kemudian diterapkan juga ketika mereka menciptakan keluarga Galaxy S20 ini. Merek asal Korea ini telah bekerja sama dengan perusahaan tekstil asal Denmark, Kvadrat, dalam menciptakan casing untuk Galaxy S20+ dengan memanfaatkan ekstrak botol plastik daur ulang sebagai kain. Maka botol kemasan 500 ml dapat digunakan untuk membuat dua casing.

Sumber yang bisa diperbarui ini hadir dalam tiga warna. Warna perak memberi sentuhan Skandinavia, yang merupakan latar dari merek Kvadrat itu sendiri. Warna hijau mencerminkan antusiasme terhadap semangat ramah lingkungan. Sedang warna merah menegaskan nuansa penuh gaya.

Semangat ramah lingkungan dari seluruh varian S20 ini juga diwujudkan dengan kemasan bebas plastik yang bisa digunakan kembali.