Bronson Burgoon melakukan debut yang solid pada ajang CIMB Classic di TPC Kuala Lumpur kemarin (11/10) dengan membukukan sor 9-under 63. Yang lebih istimewa lagi, ia membukukan 10-under dalam 14 hole terakhirnya, yang sekaligus menempatkannya di posisi teratas pada akhir putaran pertama. Sebagai salah satu pemain debutan pada ajang CIMB Classic ini, Burgoon menorehkan statistik permainan yang luar biasa. Catatan skornya itu ia peroleh dengan kombinasi fairway hit 8/14 dan green in regulation 17/18. Statistiknya ini juga menyamai statistik terbaik yang pernah dibukukan di TPC Kuala Lumpur West Course. “Pukulan drive dan putting saya sangat bagus, jadi kombinasi ini ibarat golf yang membosankan, tapi selalu menjadi sesuatu yang bagus,” ujar Burgoon yang baru kali ini memimpin klasemen setelah memainkan 18 hole. Menariknya, Burgoon justru mengawali empat hole pertamanya dengan membukukan 1-over. Bermain dari hole 10, ia mendapatkan bogey di hole 13. Namun, di lima hole berikutnya, ia membukukan tiga birdie berturut-turut, plus sebuah eagle di hole 18.  
Juara pada edisi 2015 dan 2016 Justin Thomas mencatatkan skor 6-under 66 pada putaran pertama. Foto: Mohd Suhaimi Mohamed Yusuf/The Edge Malaysia.
  “Saya melakukan chip-in untuk mendapatkan eagle dari bunker di hole 9. Eagle itu kian membuat saya bersemangat dan meningkatkan permainan. Jelas permainan saya bukan sepenuhnya sempurna, tapi saya memang bermain cukup baik,” kata Burgoon lagi. “Anda harus bisa putting dengan bagus. Biasanya pukulan driver saya memang bagus, jadi jika saya bisa memaksimalkan putter saya, saya bakal main bagus.” Burgoon sempat mengambil jeda usai FedExCup Playoff sebelum akhirnya memainkan turnamen perdana PGA TOUR musim 2018-2019 pada Safeway Open, di mana ia finis di posisi T53. “Pekan lalu permainan saya memang agak kaku, tapi rasanya saya hampir menemukannya lagi,” imbuh Burgoon, yang tampak sangat menikmati bermain di West Course ini. “Lapangan ini mengingatkan saya ketika bermain pada Latinoamerica Tour, sangat berbukit-bukit, jadi Anda mesti memukul drive dengan baik. Baru kemarin saya main di sini untuk pertama kalinya untuk pro-am dan senang bisa mendapat putaran latihan,” tutupnya. Pegolf Amerika lainnya, Austin Cook menempel Burgoon dengan skor 8-under 64. Ia menorehkan skor tersebut setelah mencatatkan delapan birdie dan tanpa bogey sama sekali. Sama seperti Burgoon, ini juga merupakan debut Cook pada CIMB Classic. “Inilah salah satu hari di mana segala aspek permainan saya berjalan sesuai yang saya harapkan. Dua chip-in, dua dari empat hole terakhir, satu dari bunker dan satu lagi di hole 9, chipping yang sulit, tapi saya beruntung bolanya mengenai pin dan masuk. Jelas ini merupakan awal yang bagus (untuk musim 2018-2019). Semoga saya bisa mempertahankan momentum ini,” ujar Cook.
“Menyenangkan bisa bersama Fu-chiang sebagai kedi saya, apalagi secara mental, ia membuat saya lebih tenang.” – C.T. Pan
Pada putaran pertama kemarin, pencapaian terbaik yang dilakukan oleh pemain Asia dibukukan oleh C.T. Pan. Pegolf China Taipei yang juga merupakan anggota penuh PGA TOUR ini kemarin mencatatkan delapan birdie dengan satu bogey. Untuk pertama kalinya ia bermain dengan ditemani oleh Fu-chiang, sang kakak, yang juga menjadi kedi bagi Pan pada Olimpiade 2016 lalu. “Kami banyak bercanda, dia berusaha menceritakan sejumlah lelucon. Bahkan ketika saya melakukan pukulan yang buruk, ia selalu memberi tahu kalau saya bisa melakukan pukulan yang lebih baik,” Pan memuji kakaknya. “Menyenangkan bisa bersama dia sebagai kedi saya, apalagi secara mental, ia membuat saya lebih tenang dan kami bisa membahas banyak hal di luar golf.” Juara edisi 2015 dan 2016 Justin Thomas kemarin bermain dengan skor 6-under 66. Bermain dari hole 10, ia sempat mencatatkan 3-under dalam empat hole pertama, tapi kemudian mendapat bogey di hole 14, sebelum kemudian memainkan sembilan hole terakhirnya dengan lima birdie dan satu bogey lagi di hole 2. Tiga dari lima birdie itu ia bukukan di tiga hole terakhirnya. Sementara itu, juara bertahan Pat Perez kemarin hanya bermain 2-under 70 berkat empat birdie dan dua bogey.

Leave a comment