Anggota World Golf Hall of Fame Davis Love III terpilih sebagai Kapten Tim AS untuk Presidents Cup 2022.

Presidents Cup dan PGA TOUR secara resmi mengumumkan terpilihnya Davis Love III sebagai Kapten Tim AS untuk Presidents Cup 2022, yang akan diselenggarakan di Quail Hollow Club di Charlotte, North Carolina, 19-25 September. Pemilihan pemegang 21 gelar PGA TOUR, yang juga anggota World Golf Hall of Fame ini melengkapi terpilihnya Trevor Immelman sebagai Kapten Tim Internasional pada bulan April 2020 lalu.

Love telah mewakili AS pada enam penyelenggaraan Presidents Cup, termasuk ketika ajang ini pertama kali digelar tahun 1994. Kala itu ia membukukan rekor 4-0-1, sekaligus memimpin Tim AS menang 20-12 atas Tim Internasional. Ia juga menjalani peran sebagai asisten kapten pada Presidents Cup 2013, 2015, dan 2017, sembari menjadi Kapten Tim AS pada Ryder Cup 2012 dan 2016. Sepanjang kariernya pada ajang dua tahunan ini, Love memegang rekor 16-8-4 dan menyumbangkan total 18 poin dari total 28 partai yang ia mainkan.

”Sungguh kehormatan yang luar biasa bisa terpilih sebagai kapten untuk Tim AS pada Presidents Cup 2022. Rekam jejak saya pada ajang ini sudah dimulai sejak 1994 yang telah memberi kenangan kompetisi, persahabatan, dan semangat sportivitas, dan saya bersemangat untuk bisa memimpin para pemain top Amerika menuju Quail Hollow Club bulan September tahun depan,” tutur Love.

”Tim AS telah dipandu oleh para pemain besar sepanjang masa sejak 1994, dan saya akan melakukan yang terbaik untuk melanjutkan warisan tersebut sambil mempertahankan piala ini.”

Love menjadi kapten Tim AS yang ke-9, menyusul Tiger Woods (2019), Steve Stricker (2017), Jay Haas (2015), Fred Couples (2009, 2011, 2013), Jack Nicklaus (1998, 2003, 2005, 2007), Ken Venturi (2000), Arnold Palmer (1996), dan Hale Irwin (1994).

”Davis telah menjadi sosok yang sangat penting dalam landasan dan pertumbuhan Presidents Cup, dan sangatlah cocok jika ia kembali ke Charlotte untuk memimpin Tim AS tahun 2022 mendatang,” ujar Komisioner PGA TOUR Jay Monahan. ”Ia telah menjadi sosok anutan bagi banyak pemain muda pada PGA TOUR, dan saya tahu kepemimpinannya akan membantu dia menjalankan tugas ini dengan mengandalkan pengalamannya yang berlimpah sebagai kompetitor dan kapten dalam kompetisi beregu.”

Love, yang merupakan putra instruktur legendaris Davis Love, Jr., lahir di Charlotte sebelum mereka pindah ke Atlanta pada tahun yang sama. Mereka akhirnya menetap di Golden Isles, Georgia, di mana Love menghabiskan masa mudanya sebagai mahasiswa pada University of North Carolina-Chapel Hill. Bersama universitas itu, ia terpilih sebanyak tiga kali sebagai bagian dari atlet All-American dan menjuarai enam gelar universitas, termasuk ACC Championship 1984.

”Bersama Trevor, kami akan membangun atmosfer kejuaraan yang bisa memberi kebanggaan bagi semua orang sambil menonjolkan daerah ini kepada para penggemar olahraga di seluruh dunia.”

”Masyarakat di Carolina memiliki arti yang sangat penting bagi saya dan keluarga, dan sungguh saya terhormat bisa kembali ke Charlotte dalam peran yang baru ini untuk membantu membawa tradisi olahraga yang kaya yang telah dikembangkan oleh Queen City ini selama bertahun-tahun,” sambung Love. ”Bersama Trevor, kami akan membangun atmosfer kejuaraan yang bisa memberi kebanggaan bagi semua orang sambil menonjolkan daerah ini kepada para penggemar olahraga di seluruh dunia.”

Quail Hollow Club sendiri awalnya didesain oleh arsitek golf kenamaan, George Cobb, pada tahun 1961 untuk menangkap keindahan sekaligus permukaan yang menantang dari daerah di Piedmont. Dalam tahun-tahun kemudian, lapangan ini mendapatkan serangkaian peningkatan, termasuk modifikasi di sejumlah hole, yang dilakukan Palmer tahun 1986, redesain oleh Tom Fazio tahun 1997, dan modifikasi yang Fazio lakukan pada beberapa hole pada tahun 2016.

”Quail Hollow merupakan salah satu ujian golf terbaik yang kami lihat pada PGA TOUR sepanjang tahun, dan lapangan ini akan jadi tempat yang sempurna untuk ajang match-play, mengingat variasi tantangan yang disuguhkan,” papar Love. ”Saya pikir, Anda akan melihat beberapa pemain melakukan sejumlah pukulan berisiko sepanjang pekan turnamen, yang menyuguhkan lingkungan yang mengasyikkan bagi para penggemar yang hadir dan penonton di seluruh dunia.”

Quail Hollow Club sendiri telah menggelar ajang PGA TOUR, seperti Wells Fargo Championship sejak 2003 dan ajang Major PGA Championship tahun 2017.

”Davis akan menjadi pemimpin yang mengagumkan bagi Tim AS dan, bersama Trevor, akan menghadirkan dua kapten yang sangat dihormati pada Presidents Cup 2022, yang masing-masing akan memimpin para pemainnya di Quail Hollow,” ujar Executive Director Presidents Cup Adam Sperling. ”Kami telah mendapatkan dukungan yang luar biasa dari para rekanan dan penggemar dari wilayah tersebut, sembari menantikan tahun 2022. Dan saya tahu, pengumuman kali ini hanya akan menambah antusiasme ajang ini.”