Bintang golf Indonesia Danny Masrin berhasil melangkah ke putaran akhir pekan Hong Kong Open.

Bermain dalam musim pertamanya dengan status anggota Asian Tour, Danny Masrin memastikan melangkah ke dua putaran final ajang bergengsi Hong Kong Open setelah membukukan skor total 2-under 138.

Danny memulai putaran kedua tadi (10/1) dari hole 11 di Hong Kong Golf Club, dan sukses mencatatkan dua birdie di hole 13 dan 14. Ia kemudian berpeluang bermain tanpa bogey setelah menambah birdie lagi di hole 5 dan 8, sampai akhirnya menorehkan satu-satunya bogey di hole terakhirnya, yaitu hole 10.

“Dua hari pertama ini pukulan saya memang sedang bagus. Tapi hari ini saya bisa memukul lebih dekat lagi ke lubang sehingga mendapat peluang birdie yang lebih bagus lagi,” ujar Danny yang hari ini hanya dua kali meleset dari green.

“Selain itu, putting saya juga bagus. Secara keseluruhan, hari ini saya memang bermain dengan sangat solid.”

Pekan ini, Danny sama sekali tidak membawa driver dalam tasnya, mengingat Hong Kong Golf Club merupakan lapangan dengan fairway yang sempit dan tidak terlalu panjang untuk ukuran turnamen skala European Tour.

 

 

“Lapangan ini memang lapangan paling pendek di level European Tour. Jadi, minggu ini saya tidak membawa driver dan menukarnya dengan 3-iron,” tutur Danny lagi. “Fairway di sini lumayan keras, jadi rasanya saya tidak memerlukan driver; 3-wood dan 5-wood sudah cukup buat saya, yang penting bisa memukul bola ke fairway.”

Performa Danny kali ini juga turut dibantu oleh kedi asal Amerika yang sudah beberapa kali menemaninya bertanding di luar negeri dan di Indonesia.

“Minggu ini kondisinya sedang bagus. Kami juga bisa membaca angin dengan baik. Selain itu pilihan club dalam dua hari ini juga bagus,” Danny memuji performa kedinya.

Dengan skor 138, untuk sementara Danny berada di peringkat 24, bersama sembilan pemain lainnya, termasuk Juara Indonesia PGA Championship 2013 Choi Hosung.

Sementara itu, Rory Hie terpaksa mengundurkan diri dari turnamen ini lantaran cedera di pergelangan tangan kirinya membuatnya tak mungkin menuntaskan putaran kedua tadi.

Membukukan skor 66 pada hari kedua Hong Kong Open sudah cukup bagi Wade Ormsby untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen. Foto: Asian Tour.


Ormsby masih memimpin

Adapun Wade Ormsby masih bertahan di puncak klasemen sementara dan mulai membuka peluang untuk mengulang prestasinya tahun 2017 silam. Pada hari kedua ini, ia bermain 4-under 66 dan kini memegang keunggulan dua stroke dari pegolf India S.S.P. Chawrasia di tempat kedua.

“Saya pikir bisa berada di posisi memimpin adalah pertanda bagus. Anda mesti berada di depan untuk meraih kemenangan. Dan sudah jelas saya bisa main bagus dan mungkin main lebih bagus daripada kemarin,” ujar pemegang dua gelar Asian Tour ini.

“Terkadang posisi ini memang sulit, tapi saya harus berusaha untuk mempertahankan permainan saya. Sekarang saya sedang dalam kondisi yang bagus, jadi saya harus bisa memperpanjang posisi ini.”

Chawrasia sendiri menyebut faktor keakraban dengan lapangan ini menjadi salah satu kunci ia bisa menempel Ormsby dengan selisih dua stroke. Skor 7-under 63 yang ia bukukan hari ini sekaligus menjadi skor terbaik pada putaran kedua.

“Ini lapangan yang sangat bagus. Kami bermain tiap tahun di sini dan sejujurnya, saya merasa sangat akrab dengna lapangan ini. Dua tahun lalu saya memainkan putaran final sebagai pimpinan klasemen. Jadi, ada kenangan bagus di sini. Waktu itu saya gagal menuntaskannya dengan maksimal. Dan sekarang saya hanya tertinggal dua stroke dengan dua hari tersisa. Kita lihat saja bagaimana hasil dalam dua hari ini,” tutur Chawrasia.

Juara The Open Championship 2019 Shane Lowry untuk sementara berada di peringkat T7 dengan torehan 5-under 135. Sementara bintang Presidents Cup Tim AS Tony Finau ada di peringkat yang sama dengan Danny Masrin, yaitu T24 dengan skor total 2-under 138.