Danny Chia mengambil alih pimpinan klasemen setelah pada putaran kedua bermain 8-under 64. Dengan total 14-under 130, ia menggeser Suradit Yongchaeroenchai dan berpeluang mengangkat trofi PGM Palm Resort Championship setelah turnamen ini diputuskan hanya akan memainkan 54 hole saja.

Chia yang memainkan putaran keduanya pada Jumat pagi tadi (29/4) membukukan hasil fenomenal dengan delapan birdie tanpa satu pun bogey. Skor 14-under 130 ini melambungkan posisinya ke puncak klasemen.

Ia dibayang-bayangi oleh pegolf Swedia yang pekan lalu menjuarai ajang Asian Development Tour (ADT) pertamanya, Oscar Zetterwall, dengan selisih dua stroke. Adapun duo Thailand, Jakraphan Premsirigorn dan Sutijet Kooratanapisan berada satu stroke di belakang Zetterwall. Pimpinan klasemen kemarin, Suradit, berada empat stroke di belakang Chia.

Mengingat buruknya cuaca dan penundaan yang terjadi beberapa kali sepanjang pekan ini, pihak panitia memutuskan untuk memperpendek turnamen ini menjadi hanya 54 hole. Putaran ketiga yang sekaligus putaran terakhir akan dimulai Sabtu besok pukul 7:30 pagi waktu setempat.

Chia yang sudah tiga kali menjuarai ajang ADT merasa puas bisa memimpin turnamen kali ini, terutama setelah ia harus pulang lebih awal dari ajang Panasonic Open di Jepang.

”Saya main sangat bagus ketika kembali ke lapangan pagi ini. Ini lapangan yang memberikan banyak peluang birdie dan saya memaksimalkannya. Selalu menyenangkan kalau bisa main tanpa bogey. Saya main dengan konsisten saat ini, jadi ini tanda-tanda yang positif,” ujar Chia.

”Saat ini saya tengah memimpin, jadi tak pengaruh kalau putarannya dikurangi. Targetnya tetap sama, yaitu bermain konsisten dan berharap putting saya masuk terus,” sambungnya lagi.

Dengan batas cut-off ditentukan pada 1-under, praktis wakil Indonesia yang tersisa ialah Ian Andrew. George Gandranata yang hanya bermain even par setelah kemarin bermain dengan skor 1-over 73 terpaksa harus pulang lebih awal. Adapun Jordan yang menyambung putaran keduanya pagi ini akhirnya menutup permainan dengan skor 2-over 74 juga harus menunda impiannya untuk melaju ke putaran akhir.

Sebagai sirkuit batu loncatan menuju Asian Tour, lima pemain teratas pada Order of Merit ADT secara otomatis akan mendapatkan kartu Asian Tour untuk musim 2017. Dan mengingat batas akhir pengumuman daftar pemain yang berhak berlaga pada Olimpiade Rio de Janeiro kian dekat, yaitu pada 18 Juli 2016, poin ranking dunia yang ditawarkan pada tiap ajan ADT akan menjadi sangat penting.