Hari ini (11/10) satu-satunya ajang matchplay di Indonesia, Credit Suisse Amateur Match Play Championship resmi dimulai. Kejuaraan yang sudah memasuki gelaran ke-14 ini diikuti oleh 75 peserta yang berasal dari Jakarta, Bandung, Kalimantan, Riau, Sumatra, Bali, dan Singapura.

DIrektur Gunung Geulis Country Club Lukas Budiman mengungkapkan pihaknya telah siap menyambut para peserta pada tahun ini.

”Lapangan yang sudah kami persiapkan berada dalam kondisi yang terbaik. Rough, fairway, green dalam kondisi yang siap untuk turnamen nasional ini,” ujar Lukas.

Lebih lanjut lagi Lukas berharap seluruh peserta memanfaatkan kejuaraan ini juga sebagai ajang untuk lebih memahami peraturan golf. Ia mengatakan, ”Pegolf yang memahami peraturan golf pasti akan mendapatkan banyak keuntungan untuk permainannya.”

Meskipun berformat match play, babak kualifikasi terlebih dahulu dimainkan dengan menggunakan format stroke play untuk menentukan 16 pegolf terbaik yang akan melangkah ke babak match play.

Kejuaraan ini sendiri tahun ini resmi mendapat poin World Amateur Golf Ranking (WAGR). Dengan demikian, pemenang kejuaraan ini akan mendapat sejumlah poin dan masuk ke peringkat golf amatir dunia.

Kejuaraan ini sendiri awalnya bernama Credit Suisse Club Champion Classic. Namun, pada 2012 nama itu berganti menjadi Credit Suissee Amateur Match Play Championship dengan tujuan memperluas lingkup peserta. Perubahan ini ikut mengubah kepesertaan para pemainnya. Sebelumnya, ajang ini memang dikhususkan bagi para jawara di tiap klub. Namun, perubahan yang dilakukan pada 2012 membuka peluang bagi para pemain mahir yang tidak berstatus juara klub agar tetap dapat berkompetisi selama menyandang HCP index maksimal 7,7 berdasarkan USGA.

Pada akhir babak kualifikasi ini, nama Zulhaimi dari Blue Tee Golf Club berada di posisi teratas dengan catatan even par 72. Di bawahnya ada atlet PON asal PGI Pengprov Sumatra Selatan Rizchy Subakti yang bermain 1-over 73. Menyusul di posisi berikutnya Dominicus Glenn (PGI Pengprov DKI Jakarta) dan juara bertahan tahun lalu Cahyo Adhitomo dengan skor 2-over 74.