Pegolf asal India S.S.P. Chawrasia membuka peluang juara di Hong Kong setelah pada putaran ketiga kemarin (25/11) membukukan skor 1-under 69 pada ajang UBS Hong Kong Open. Dengan total skor 10-under 200, ia berhasil mempertahankan posisi teratasnya dengan keunggulan satu stroke.

Pemegang enam gelar Asian Tour ini memang tengah mencari kemenangan keduanya di luar India. Performanya yang bagus belakangan ini dan pendekatan mentalnya yang positif bakal menjadi senjata untuk mewujudkannya pada hari ini (26/11).

”Beberapa putting saya meleset, tapi saya masih bisa finis 1-under, jadi saya merasa senang,” ujar Chawrasia. ”Jujur saja, saya kira bakal ada yang bisa mengejar saya dari belakang lantaran putting saya seperti ini. Saya merasakan sedikit tekanan, tapi masih bisa mengatasinya.”

UBS Hong Kong Open ini merupakan turnamen kolaborasi antara Asian Tour dan European Tour. Memperebutkan total hadiah sebesar US$2 juta, turnamen ini belum sekalipun dimenangkan oleh pemain yang memimpin terus sejak putaran pertama. Dan kali ini Chawrasia berpeluang mewujudkannya.

”Lapangan ini amat cocok buat saya, tapi entah kenapa saya belum pernah main bagus di sini. Tapi, akhirnya, tahun ini saya bisa memimpin,” imbuh Chawrasia lagi. ”Saya merasa gugup, dan pemain lainnya juga akan merasakan hal yang sama. Tapi tidak apa-apa. Saya sudah pernah main di bawah tekanan seperti ini.”

Chawrasia memang masih harus menunjukkan kualitasnya untuk bisa mencatatkan sejarah. Apalagi ia hanya memiliki keunggulan satu stroke. Pegolf asal Spanyol, Rafa Cabrera Bello kemarin membukukan skor terendah 6-under 64, yang sekaligus merupakan skor terendahnya di Hong Kong Golf Club dalam dua tahun terakhir dan berada di tempat kedua. Anggota Asian Tour lainnya, Wade Ormsby asal Australia juga membukukan total skor yang sama dengan Rafa, 9-under 201.

”Hari pertama saya main bagus. Hanya tidak benar-benar bagus memainkannya ke green, tapi hari ini saya berhasil melakukannya. Ada beberapa putting bagus yang bisa masuk. Semoga ini bisa memberi peluang buat saya,” ujar Rafa yang meyakini bakal menjuarai turnamen ini.

Sementara itu, pegolf Thailand Poom Saksansin yang mengawali putaran ketiga di posisi T3 hanya bermain even par kemarin dan harus puas berada di peringkat T13 bersama Justin Rose dari Inggris. Juara The Masters Sergio Garcia berada satu stroke di belakang mereka di posisi T19.

Putaran final tengah berlangsung hari ini dan perkembangannya bisa Anda dapatkan melalui situs Asian Tour atau European Tour.