Pegolf asal Korea Chang Yikeun berpeluang meraih gelar Asian Tour pertama setelah bermain 4-under 68 pada putaran ketiga Yeangder Heritage hari ini (29/4).

Chang yang baru berusia 23 tahun ini berhasil mendapatkan dua birdie di tiga hole pembukanya, sebelum kemudian menambahkan dua birdie lagi untuk memimpin di puncak klasemen. Dan tak seperti pada putaran kedua, kali ini Chang berada sendirian di posisi teratas.

”Target saya ialah menghindari kesalahan karena hari ini cenderung lebih mudah ketimbang beberapa hari terakhir karena angin tak sekencang sebelumnya. Saya berusaha memukul bola ke tengah green dan memberi peluang untuk setidaknya melakukan dua putt untuk par,” papar Chang.

”Sekarang saya memimpin, jadi saya akan tetap memainkan rencana yang sama dan berusaha main dengan skor rendah.”

Meski demikian, ia hanya unggul satu pukulan dari bintang muda asal Malaysia, Gavin Green, yang juga main tanpa bogey dengan 6-under 66 pada ajang Asian Tour yang memperebutkan total hadiah sebesar US$300.000 ini.

”Pukulan saya cukup solid dan punya banyak peluang birdie. Saya melakukan beberapa kesalahan, tapi beruntung bisa mengatasinya. Putting saya juga solid dan berkesempatan mendapat birdie di dua hole par 5,” jelas Green.

Green melanjutkan bahwa perjuangannya juga masih jauh dari selesai, terutama tak hanya Chang dan dirinya saja yang berpeluang menjadi juara. Setidaknya enam pegolf lainnya telah mengumpulkan total 8-under 208. Mereka adalah Miguel Tabuena (Filipina), Poom Saksansin (Thailand), Shiv Kapur, serta tiga pemain Thailand lainnya: Rattanon Wannasrichan, Danthai Boonma, dan Natipong Srithong.

Sementara itu, Rory Hie yang menjadi satu-satunya pegolf Indonesia yang bermain di National Golf Country Club, Taiwan tersebut hari ini bermain dengan 1-under 71.

Rory sempat main 38 pada sembilan hole pertamanya. Tapi sejak memainkan sembilan hole terakhir, Rory berhasil mencatatkan empat birdie. Sayangnya di hole 17 ia mendapat bogey.

Setelah kemarin sempat berada di posisi T18, catatan skor 71 miliknya menempatkannya di peringkat T24.